KELUARGA
10 Januari 2020

5 Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Bahan Alami

Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan nyeri di mulut. Dan lidah adalah salah satu organ yang paling sering terserang sariawan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Sariawan dikenal juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau malah beberapa buah sekaligus.Tapi, penyakit ini tidak menular.

Dikutip dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, sakit atau nyeri sariawan datang saat bangun tidur. Biasanya, seseorang akan kesulitan membuka mulut karena rasa nyeri yang diderita. Sebenarnya, sariawan tidak perlu diobati. Namun, sembuhnya akan sedikit lama jika tidak diimbangi usaha.

Lidah adalah lokasi sariawan yang paling merepotkan. Kadang bikin kita jadi sulit makan. Bagaimana ya, cara mengatasi sariawan di lidah? Simak beberapa di antaranya!

Baca Juga : Apa Sih Penyebab Sariawan?

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

1. Madu

madu

Dikenal sebagai cairan berjuta manfaat, kita dapat menggunakan madu untuk mengobati sariawan. Selain dapat melembabkan wajah dan bibir, madu bisa mempercepat proses pemulihan.

“Oleskan madu bagian lidah tempat sariawan bersarang. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh,” ucap Daniel Allan, MD, dokter keluarga di Dignity Health, California.

2. Air Garam

Garam.jpg

Kandungan dalam garam yang bersifat antiradang dan antibakteri dapat mencegah sariawan berkembang lebih parah. Garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut.

“Pastikan air garamnya tidak terlalu kental. Karena terlalu banyak garam malah membuat mulut sakit, dan tidak memercepat penyembuhan,” ungkap Dr Allan.

3. Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah buaya mengandung anti bakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan. Cukup siapkan daun lidah buaya asli. Cuci hingga bersih kemudian oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada area luka sariawan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga : Apa Sih Penyebab Sariawan?

4. Es Batu

Es batu untuk Sakit Gigi berlubang

Sariawan yang membengkak dan melebar pasti akan terasa sangat menyakitkan.

Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Selain itu, rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan. Kamu cukup mengompreskan es batu langsung pada sariawan yang ada di lidah.

5. Kunyit

Selain Yoghurt, Ini 7 Cara Menghilangkan Keputihan dengan Bahan Alami kunyit.jpg

Akar pada kunyit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin. Selain warnanya khas, kunyit juga memiliki khasiat anti inflamasi dan antibiotik. Caranya dengan mengoleskan kunyit di atas sariawan untuk menyembuhkannya.

Baca Juga : 7 Cara Alami Mengobati Sariawan yang Bisa Dicoba

Nah, itulah aneka obat alami sariawan di lidah yang bisa dicoba. Kalau Moms, pernah coba yang mana?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait