BAYI
15 Oktober 2019

Tentang Kata Pertama Bayi: Cara Simple Mengajarkan Bicara

Meski membosankan, mengulang kata adalah teknik terbaik
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menjadi orang tua baru, Moms disuguhkan dengan bermacam-mcam tingkah laku Si Kecil. Mulai dari yang menggemaskan hingga membuat rasa takjub. Apalagi saat Si Kecil sudah mulai bubbling atau menggeluarkan kata-kata tanpa arti.

Moms akan penasaran, kata pertama Si Kecil nanti apa ya? Dan setelah mendengarnya, Moms akan merasakan perasaan yang luar biasa. Setelah itu, yang perlu Moms lakukan adalah dengan lebih intens lagi mengajak Si Kecil mengobrol.

Apalagi ya? Semua hal yang Moms ingin tahu tentang mengajarkan bayi bicara ada di sini. Yuk cari tahu!

Kapan Bayi Mulai Berbicara?

Tentang Kata Pertama Bayi Cara Simple Mengajarkan Bicara -1.jpg

Foto: babycenter.com

Sebenarnya, bayi sudah dapat berkomunikasi sejak lahir, meski masih dalam bentuk tangisan.

"Bahkan bayi, sebelum mereka mendapatkan kata-kata, mereka dapat mengomunikasikan apa yang mereka butuhkan dengan suara dan gerakan," kata Phil Boucher, seorang dokter anak yang berbasis di Lincoln, Nebraska, dan pembawa acara podcast ‘Parenting Matters’.

Baca Juga: Cara Tepat Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir Agar Ia Terampil Bicara

4 hingga 6 Bulan: Mengoceh dan Bubbling

Mulai bulan ini, Moms akan mulai mendengar bayi mengoceh. Hal ini ternyata dilakukan Si Kecil untuk mendapatkan perhatian Moms lho. "Mereka menggunakan bagian belakang tenggorokan versus lidah.

Saat suara seperti ‘coo’ keluar, mereka akan sadar dan melakukannya dengan sengajar agar orang tuanya tersenyum padanya,” kata Phill.

Selain itu, bayi akan berbicara kepada diri mereka sendiri untuk menghibur diri dan menghabiskan waktu.

Antara empat dan tujuh bulan, mereka mungkin mulai memekik, berteriak, dan menjatuhkan mainan untuk mendapatkan perhatian Anda," kata Dyan Hes, direktur medis dari Gramercy Pediatrics di Kota New York.

7 hingga 11 Bulan: Konsonan dan Kata Pertama Muncul

Jika sebelumnya Si Kecil mengeluarkan suara huruf vocal, maka suara seperti 'muh', 'duh' dan 'guh’ akan mulai bisa Moms dengarkan dengan jelas. ”Da-da adalah kata yang lebih mudah dikatakan terlebih dahulu. Ini sering membuat banyak ibu kecewa," kata Dyan.

Baca Juga: Bayi Terlambat Berbicara karena Lingkungan Bilingual?

12 hingga 18 Bulan: Mulai Kata-kata dengan Makna

Bayi mulai menggunakan kata-kata yang memiliki makna, jadi alih-alih hanya mengoceh "dada," mereka akan menggunakan kata itu untuk merujuk Dads dengan sengaja.

Anak berusia lima belas bulan biasanya memiliki setidaknya tiga hingga lima kata; pada 18 bulan mereka mungkin memiliki delapan hingga 10 kata, yang mungkin termasuk nama-nama yang dekat dengan mereka dan bagian tubuh.

24 Bulan ke Atas: Miliki Banyak Kosa Kata

Setelah usia dua tahun, anak-anak mengalami apa yang Phill sebut sebagai ‘ledakan kata’. "Anak berusia dua tahun harus bisa menyatukan dua kalimat kata dan memiliki 100 hingga 300 kata," kata Dyan.

Cara Mengajarkan Bayi Bicara

Tentang Kata Pertama Bayi Cara Simple Mengajarkan Bicara -2.jpg

Foto: activemomsnetwork.com

Ajak Bicara: Cara mengajarkan bayi bicara adalah dengan mengajak mereka bicara. Bayi dapat memahami irama dan kata-kata yang diucapkan orang dewasa, salah satunya saar melihat bibir orang tua mereka bergerak.

"Mungkin terdengar konyol, tetapi dengan berbicara akan membantu mereka mendengar lebih banyak kata dan membuat mereka melihat Anda mengekspresikan emosi, yang keduanya berkontribusi pada pengembangan bahasa, " tambah Phill.

Baca Juga: Bayi Perempuan Lebih Cepat Berbicara, Mitos atau Fakta?

Hindari Pemberian Gadget: Cara mengajarkan bayi bicara lainnya adalah dengan tidak memberinya gadget sebelum usia 2 tahun. Ini juga disarankan oleh American Academy of Pediatrics (AAP).

"Menonton gadget hanya akan membuatnya pasif. Bayi mempelajari sesuatu dengan cara berinteraksi,” ujar Dyan.

Kontak Mata: Ketika dia bersuara, pastikan Moms untuk tersenyum, lakukan kontak mata dan tunjukkan kepadanya bahwa Moms mendengarkan apa yang Si Kecil katakan.

Dengan begitu, Si Kecil akan lebih bersemangat untuk mencoba lagi mengeluarkan kata-kata ajaibnya. Cara mengajarkan bayi berbicara ini akan sangat mempengaruhi moodnya.

Berbicara Perlahan dan Jelas: Saat mengajarkan bayi berbicara, fokuslah pada satu kata. Saat membacakan sebuah buku, ucapkan kata per kata dengan lambat tapi jelas, ini akan membantu Si Kecil untuk fokus pada apa yang Anda katakan.

Baca Juga: Jika Tepat, Berbicara dengan Bayi Membuatnya Pintar dan Ramah! Ini Tipsnya

Gunakan Nama: Jika memungkinkan, gantilah kata ganti dengan nama, itu akan mengajarkan bayi berbicara dengan konsep kepemilikan. Misalnya, "Ini kopi Mommy" atau "Ini beruang Sarah".

Ini akan lebih jelas dan lebih mudah dimengerti daripada "Ini kopi saya" atau "Ini beruangmu."

Lakukan Pengulangan: Pengulangan adalah hal yang selalu Moms gunakan saat mengajarkan bayi berbicara. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyanyi.

Meski akan membosankan untuk Moms, tapi cara mengulang kata itu akan membantu memperkuat pemahaman Si Kecil tentang bagaimana suara tertentu melekat pada hal tertentu.

Apa saja yang Moms lakukan untuk mengajarkan bayi berbicara? Take a time, terlalu terburu-buru hanya akan membuat Si Kecil stres lho Moms.

Artikel Terkait