PROGRAM HAMIL
10 Februari 2018

Tentang Kehamilan Anak Kedua

Masa kehamilan adalah masa istimewa bagi seorang ibu
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Kehamilan pertama pasti terasa istimewa bagi setiap ibu. Meski begitu, bukan berarti kehamilan kedua (atau berikutnya!) menjadi berkurang maknanya di mata Anda. Mungkin perasaan Anda memang tak lagi menggebu-gebu seperti kehamilan pertama, tapi tetap saja Anda pasti ingin memberikan yang terbaik pada calon anak kedua Anda.

Perbandingan Kehamilan Pertama dan Kedua

Pengalaman selama kehamilan pertama memang membuat Anda akhirnya menjadi lebih pe-de selama menjalani kehamilan kedua. Jika selama kehamilan pertama Anda akan buru-buru pergi ke dokter begitu mendapati vlek ringan di bulan-bulan pertama, tidak begitu halnya saat hamil kedua.

Pada kehamilan kedua Anda akan menganggap wajar adanya vlek ringan di bulan-bulan pertama kehamilan, karena tahu bahwa itu hanyalah salah satu tanda bahwa sedang terjadi proses pelekatan embrio di dinding rahim.

Ya, Moms, Anda memang tak pernah bisa menduga apakah kehamilan kedua Anda akan berjalan lebih baik atau justru lebih buruk daripada kehamilan pertama.

Tapi, apapun yang terjadi, Anda bisa membuatnya menjadi lebih baik dengan berkaca pada pengalaman kehamilan sebelumnya. Mudah-mudahan, kehamilan kedua (dan ketiga, mungkin?) Anda berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

(VAN)

Artikel Terkait