RUPA-RUPA
21 Juli 2019

Tepung Kue Instan Lebih Enak dengan Tambahan Bahan Ini

Serasa cake buatan sendiri!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tepung kue instan atau tepung premix sangat membantu pemula yang ingin mencoba membuat kue sendiri. Bahkan, profesional pun kadang memakainya saat ingin menghemat waktu.

Tepung premix kue memang sangat praktis. Tak perlu menakar bahan-bahan, Moms cukup menambahkan telur dan minyak. Bahkan, ada pula tepung kue instan yang hanya perlu ditambahi air. Jadi, deh, kue anti gagal!

Bagaimanapun juga, Moms tidak bisa berharap terlalu banyak pada kue dari tepung instan. Rasa, tekstur, dan aromanya tentu tak seenak kue yang dibuat dari nol.

Tapi, ada cara agar kue dari tepung premix bisa selezat kue homemade. Mau tahu, Moms?

1. Tambahkan Telur

1-telur.jpg

Foto: cookingclassy.com

Lebihkan satu butir telur dari jumlah yang diminta di kemasan tepung. Tambahan lemaknya akan membuat kue premix yang cenderung ringan jadi lebih pekat rasanya, lembap, dan lembut.

Telur berfungsi memberikan struktur, mengembangkan kue, memperkaya rasa, serta memberi warna pada kue. Bersama tepung dan gula, telur menentukan tinggi, dan struktur kue.

Baca Juga: Resep Dori Goreng Tepung, Gampang Dibuat dan Dijamin Anak Pasti Suka

2. Ganti Minyak dengan Mentega

2-minyakdanmentega.jpg

Foto: southernliving.timeinc.net

Mentega leleh akan menambahkan aroma dan rasa pada kue dibandingkan hanya menggunakan minyak biasa. Tekstur kue pun jadi lebih kokoh dan padat.

3. Ganti Air dengan Bahan-bahan Ini

3-gantiairdenganbahanini.jpg

Foto: theswirlingspoon.com

Moms, mengganti air dengan bahan-bahan ini akan membuat kue jauh lebih enak dan berbeda lho!

  • Susu, membuat cake lebih kaya rasa dan lebih padat seperti kue homemade. Untuk cake cokelat, gunakan susu cokelat.
  • Buttermilk, membuat kue terasa lebih creamy. Jika tidak punya, Moms bisa membuatnya dengan mencampurkan secangkir susu dengan sedikit cuka atau air lemon/jeruk nipis lalu diamkan sampai mengental. Karena kental, tambahkan buttermilk lebih banyak dari takaran air yang dibutuhkan.
  • Kopi panas untuk membuat rasa cake cokelat atau brownies lebih pekat. Kopi akan memperdalam rasa sedangkan air panas membuat rasa cokelat lebih menonjol. Rasa kue tidak akan berubah menjadi kopi jika Moms tidak memakainya terlalu banyak.
  • Soda, membuat rasa cake berbeda tapi tidak sampai mendominasi. Gunakan rasa soda sesuai selera Moms.
  • Es krim leleh untuk menggantikan minyak dan air. Rasa cake akan jadi lebih lezat. Bereksperimenlah dengan berbagai rasa es krim.
  • Jus jeruk untuk memberi aroma jeruk pada kue
  • Jus apel untuk cake yang mengandung rempah
  • Santan untuk cake kelapa

4. Tambahkan Sour Cream, Mayones, atau Yoghurt

4-sourcream.jpg

Foto: healthline.com

Jangan skeptis dulu, Moms. Meski biasa digunakan untuk makanan gurih, sour cream berbahan dasar susu sedangkan mayones terbuat dari telur dan minyak. Jadi, rasanya tak aneh kalau ditambahkan ke adonan kue.

Moms cukup menambahkan sekitar dua sendok makan sour cream, mayones, atau yoghurt ke adonan. Bahan-bahan ini memberikan kelembapan serta sedikit asam pada kue. Paling cocok ditambahkan ke adonan kue cokelat, Moms.

Baca Juga: Resep Terong Goreng Tepung untuk Camilan Keluarga

5. Tambahkan Bahan-Bahan Lain

5-tambahkanbahanlain.jpg

Foto: therowdybaker.com

Mau berkreasi dengan rasa kue premix yang membosankan? Moms bisa menambahkan air lemon atau parutan kulit lemon yang menyeimbangkan rasa manis dan memberi aroma citrus segar pada kue.

Atau, tambahkan rempah, ekstrak perasa, kacang-kacangan, chocolate chips, dan bahan-bahan lain sesuai selera.

Bonus tips:

  1. Kocok adonan dengan benar agar bahan-bahan tercampur rata sehingga menghasilkan cake yang empuk dengan remah sedikit. Kocok adonan dengan kecepatan sedang selama minimal tiga menit sampai menjadi kental, creamy, berwarna cerah, dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Olesi permukaan cake dengan simple syrup alias air gula. Cairannya akan terserap ke lubang-lubang kue, membuatnya lembap sekaligus menambahkan rasa. Trik ini juga cocok untuk kue yang kering karena terlalu lama dipanggang.
  3. Tambahkan buttercream buatan sendiri agar kue tampak seperti homemade. Moms cukup mengocok mentega dan gula halus dengan perbandingan 1:2 sampai lembut. Tambahkan susu jika ingin sedikit mengencerkannya.

Dengan trik di atas, dijamin tidak akan ada yang tahu kalau Moms membuat kue dari tepung instan!

Artikel Terkait