BALITA DAN ANAK
23 Mei 2020

Terapkan 4 Cara Ini untuk Siapkan Camilan Sehat bagi Si Kecil

Simak yuk Moms bagaimana caranya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Nutrisi penting bagi Si Kecil pada umumnya lebih banyak Moms fokuskan pada menu makanan sehari-harinya. Namun, pasti Si Kecil memiliki waktu untuk makan makanan kecil setidaknya satu kali dalam sehari. Tidak jarang, makanan kecil yang dikonsumsi memiliki nutrisi yang kurang baik untuk tubuhnya.

“Dalam pertumbuhan anak, penting untuk memastikan seluruh nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya terpenuhi. Meskipun setiap nutrisi penting memiliki perannya masing-masing dalam perkembangan, kekurangan beberapa nutrisi kunci akan sangat merugikan untuk kesehatannya,” ujar Erin Coleman R.D., L.D, seorang dietitian berlisensi yang bekerja untuk Life Time Fitness di Illinois.

Dikutip dari situs resmi Mayo Clinic tentang nutrisi untuk anak, dituliskan bahwa terdapat 5 makanan bernutrisi penting yang dibutuhkan dalam pertumbuhan Si Kecil. Makanan tersebut adalah protein, buah, sayuran, biji-bijian, dan produk susu beserta semua jenis olahannya. Namun terkadang tidak mudah untuk memberikan makanan ini kepada Si Kecil.

Baca Juga: Bantu Balita Tidur Nyenyak dengan 4 Camilan Sehat Ini

4 Cara untuk Menyiapkan Camilan Sehat bagi Si Kecil

Mungkin Moms juga bingung bagaimana memberikan makanan kecil yang sehat bagi Si Kecil. Ada berbagai cara yang bisa Moms lakukan dalam menyiapkan camilan sehat bagi Si Kecil. Berikut adalah tips yang bisa Moms terapkan.

1. Jadikan Waktu Makan Camilan Sebagai Waktu Konsumsi Buah dan Sayuran

Terapkan 4 Cara ini untuk Siapkan Camilan Sehat bagi Si Kecil 1.webp

Foto: telegraph.co.uk

Kebanyakan anak tidak mengonsumsi sayur dan buah dengan jumlah yang tepat. Waktu makan camilan adalah waktu yang tepat untuk memberikan Si Kecil makanan penuh nutrisi tersebut.

Moms bisa menjadikan buah-buahan yang kaya vitamin sebagai menu camilannya. Contohnya seperti stroberi, anggur, jeruk, pisang, dan apel yang disiapkan dalam ukuran yang tepat untuk Si Kecil. Untuk pilihan sayuran, Moms bisa berikan Si Kecil rebusan wortel, brokoli, jagung, atau timun.

2. Letakkan Camilan Sehat di Tempat yang Mudah Dijangkau Si Kecil

Terapkan 4 Cara ini untuk Siapkan Camilan Sehat bagi Si Kecil 2.jpg

Foto: insider.com

Moms bisa mempermudah cara menyiapkan camilan sehat bagi Si Kecil dengan meletakkan camilan sehat di tempat yang mudah dijangkau. Misalnya, siapkan satu laci tersendiri di dapur dan beri tahu Si Kecil untuk mencari camilan di tempat tersebut.

Isi laci dengan makanan sehat seperti sereal, keju, dan yogurt. Atau, Moms bisa juga menaruh buah kesukaan Si Kecil di atas meja makan. Ini akan menarik perhatian Si Kecil ketika menginginkan camilan.

Baca Juga: Pergi Liburan? Jangan Lupa Bawa 5 Camilan Sehat Untuk Balita Saat Traveling!

3. Hindari Makanan yang Diproses dan Mengandung Pemanis Buatan

Terapkan 4 Cara ini untuk Siapkan Camilan Sehat bagi Si Kecil 3.jpg

Foto: ctfassets.net

Makanan yang sudah melalui proses pembuatan di pabrik kebanyakan tidak memiliki banyak nutrisi dan justru memiliki kadar gula dan garam yang tinggi. Ini membuat mereka justru lebih mudah merasa lapar.

Moms bisa menyiasatinya dengan memberikan camilan pengganti seperti roti gandum dengan selai kacang. Buah dan yogurt juga memiliki rasa manis yang disukai anak-anak.

4. Kenalkan Si Kecil dengan Makanan Sehat Menggunakan Permainan Bentuk dan Warna

Terapkan 4 Cara ini untuk Siapkan Camilan Sehat bagi Si Kecil 4.jpg

Foto: tasteofhome.com

Anak-anak memiliki ketertarikan yang sangat besar terhadap benda yang memiliki banyak warna. Moms bisa memperkenalkan makanan bernutrisi dengan menunjukkan beragam warna pada buah dan sayuran.

Letakkan beragam sayur dan buah yang berbeda warna di piring camilannya dan sedikit demi sedikit jelaskan manfaat dari makanan tersebut. Waktu camilan pun akan jadi sangat menyenangkan untuk Si Kecil.

Baca Juga: Enak dan Sehat! Ini 5 Camilan Berbahan Dasar Buah

Pada intinya, Moms harus selalu pastikan agar Si Kecil menerima asupan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya maksimal. Supaya tidak membosankan, menyiapkan camilan sehat bagi Si Kecil harus diiringi dengan kreativitas.

Setelah itu, biasakan gaya hidup sehat tersebut sehingga menjadi kebiasaan baik baginya sampai dewasa.

Artikel Terkait