KESEHATAN
26 September 2019

Terbiasa Muntah Setelah Makan? Bisa Jadi Ini 3 Penyebabnya!

Makan seharusnya membuat kita kenyang dan nyaman karena perut terisi. Tapi mengapa pada saat-saat tertentu, justru mual dan keinginan muntah yang datang?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Pada beberapa orang, setelah makan sering merasa kurang enak dan perut seperti penuh sesak. Bahkan berefek pada tubuh yang kelihatan loyo seperti orang mabuk.

Anehnya, saat makanan dimuntahkan, tubuh jadi terasa normal. Sebenarnya apa penyebabnya?

Baca Juga: Makanan yang Ampuh Meredakan Mual Muntah saat Hamil Muda

Kenapa Muntah Setelah Makan

senior-women-feeling-sick-holding-hand-over-her-mouth.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

“Perasaan yang tidak nyaman pada perut dapat dimulai dengan gejala mual. Hal ini dapat dikaitkan dengan masalah Lambung. Perasaan mual akan berlanjut menjadi muntah, yaitu kondisi pada saat isi perut dikeluarkan secara paksa melalui mulut,”kata Carolyn Newberry, M.D., ahli gastroenterologi di New York-Presbyterian.

Mual dan muntah adalah mekanisme tubuh merespon ketidak beresan pada makanan yang kita makan atau pada saluran pencernaan kita. Apa saja yang menyebabkannya?

1. Asam Lambung Naik

hero sakit maag

Bagi penderita maag dan asam lambung, ada beberapa makanan yang harus dihindari, umumnya yang bersifat asam, pedas kaya lemak dan berminyak. Sementara, minuman yang harus dihindari adalah kopi, cokelat, susu, dan alkohol.

Biasanya asam lambung akan kambuh ketika mengonsumsi hal-hal di atas. Gejalanya seperti perut kembung, mual-mual, sesak pada dada atau perut, bahkan sering membuat orang tersebut muntah.

Baca Juga: Ini Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula

2. Alergi

Tengok Aneka Cara Mengobati Alergi pada Ibu Hamil dengan Aman Berikut Ini.jpg

Mual dan muntah setelah makan bisa disebabkan oleh alergi pada makanan. Kadang, alergi makanan ini seringkali tidak disadari oleh penderita.

“Alergi akan membuat reaksi dari sistem kekebalan tubuh kita yang membuat dilepaskannya zat kimia layaknya histamin sehingga membuat gejala seperti gatal-gatal, mual, muntah, dan lain-lain,” jelas Dr Newberry.

Beberapa contoh alergi pada makanan antara lain kacang, terlur, makanan laut atau susu.

3. Keracunan

food-poisoning-orig.jpg

Foto: howstuffworks.com

Makanan yang telah kadaluarsa atau mengandung bahan berbahaya tentu sangat membahayakan bagi tubuh yang memakannya. Terutama dikarenakan pada makanan tersebut mengandung bakteri, virus, parasit atau bahan kimia tertentu.

Tak lama setelah memakannya, tubuh akan merasa mual-mual, muntah, diare, demam bahkan dapat berujung kematian. Muntah adalah mekanisme yang sangat normal bila mengalami hal ini.

Nah, setelah mengetahui, apa yang menyebabkan perut mual dan muntah setelah makan, ada baiknya kita lebih waspada. Terutama dalam memilih makanan yang tepat, dan sesuai dengan kondisi yang terjadi pada badan kita.

Baca Juga: Muntah Darah Saat Hamil, Ini Penyebabnya!

Nah, itulah penyebab kita muntah setelah makan yang harus dihindari. Semoga Moms yang mengalaminya, bisa terhindar dari muntah setelah makan setelah mengetahui penyebabnya, ya.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait