KESEHATAN
24 Desember 2019

Terkena Serangan Kutu Rambut? Hilangkan dengan Cara Berikut!

Kutu bisa menginfeksi kita cukup lama bila tak ditangani. Serangan kutu rambut harus cepat diwaspadai.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Tengok cara menghilangkan serangan kutu rambut. Purex irritans adalah binatang kecil yang sangat mengganggu orang yang menjadi inangnya. Di Indonesia, binatang ini dikenal sebagai kutu rambut, atau tumo dalam Bahasa Jawa.

Ciri khas serangannya adalah membuat gatal inang. Sebab parasit ini senang menyedot cairan merah itu dari kulit kepala.

Dikutip dari International Journal of Infectious Disease, produktivitas hewan ini pun cukup tinggi. Seekor kutu betina, mampu bertelur hingga enam buah sehari. Dan, telur ini dilekatkan kuat-kuat di rambut inang.

Butuh 8 hari untuk menetaskan telur kutu. Dan saat menetap, kutu baru akan bertelur dan terus bertelur. Ini mengapa kutu yang hinggap di kepala manusia bisa mencapai jumlah tak terhingga.

Berikut ini adalah beberapa fakta seputar serangan kutu rambut yang perlu diwaspadai!

Baca Juga:Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

Gatal Kutu Tidak Hilang Digaruk

anak digigit kutu 2

Gatal akibat kutu akan terasa sangat gatal dan panas. Saat digaruk, akan semakin terasa gatal. Hati-hati garukan yang sangat kuat bisa membuat kulit kepala luka dan menyebabkan infeksi.

“Maka dari itu, bersihkan rambut minimal sekali sehari. Boleh juga menggunakan sampo pembasmi kutu bila kondisi gatal sudah tidak kondusif,” kata Mike Merchant, PhD, seorang profesor entomologi di Texas A&M University di Dallas.

Kutu Rambut Bisa Dihilangkan

Sebuah laporan American Academy of Pediatrics (AAP) tahun 2010, memberikan rekomendasi penggunaan pediculicide yang ada di apotek untuk membunuh kutu.

Baca Juga: Organ Intim Bisa Terkena Kutu Kemaluan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Obat ini dijual sebagai krim bilas, shampo, gel, mousse, atau produk rambut lainnya. Rekomendasi AAP, semua usia bahkan anak-anak bisa menggunakannya. Asal sesuai dengan petunjuk tertulis.

Kutu Mati Setelah 12 Jam

Tunggu 8-12 jam setelah pemberian obat antikutu, untuk mengefektifkan pemberantasan kutu dan telur-telurnya. Gunakan sisir khusus untuk membersihkan kutu untuk menarik dan mengeluarkan telur dan kutu yang sudah mati dari rambut. Setelah itu, cuci perlengkapan dan baju anak dengan desinfektan.

Selalu Cek Rambut

khasiat bawang putih untuk rambut - menumbuhkan rambut.jpg

Selalu cek rambut bahkan setelah pemberian obat antikutu. Saat mengecek, basahi rambut, gunakan kondisioner, dan sisir rambut dari ujung kulit kepala sampai ujung rambut.

Kutu Kadang Tak Langsung Mati

Kutu rambut ada yang tidak bisa diberantas dengan sekali pemberian obat antikutu.

Sangat mungkin Moms terpaksa memberi beberapa kali dosis obat. Tetapi, hati-hati sebab obat ini pun ada kontra indikasinya.

Jika kutu sulit dibasmi, langsung saja pergi ke dokter!

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya

Nah, itulah cara mengatasi serangan kutu rambut di kepala, Moms. Semoga cepat hilang, ya!

(RYO/DIN)

Artikel Terkait