PERNIKAHAN & SEKS
17 September 2019

Ternyata, Ada Bahaya Jika Tidak Pernah Ejakulasi Dini!

Harus dibaca oleh semua pria. Ada risikonya kalau tidak pernah merasakan ejakulasi dini!
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Ejakulasi dini seperti apa yang disebutkan di artikel ini? Apakah ejakulasi saat masturbasi atau saat penetrasi dengan pasangan?

Apa pun jenisnya, ejakulasi dini kadang diperlukan untuk melepaskan sperma yang sudah siap dibuang. Saat seorang pria berusaha menahan ejakulasinya selama mungkin, kadang dia malah gagal mencapai orgasme. Sehingga, sperma gagal dibuang.

Baca Juga: Hubungan antara Ejakulasi Dini dan Infertilitas pada Pria

Couple-looking-serious-on-the-bed.jpg

Foto : mirror.co.uk

Kondisi ini ternyata berbahaya. Bukan apa-apa. Ejakulasi pada pria ternyata memiliki manfaat besar. Yaitu, mencegah kanker prostat.

Saat ada pria yang jarang ejakulasi, entah itu ejakulasi normal atau ejakulasi dini, dia punya kecenderungan terkena kanker prostat yang tinggi.

Kenapa? Karena air mani itu punya siklus seperti darah.

Saat seseorang jadi pendonor, artinya ada sebagian darahnya yang hilang. Saat itu juga, darah baru dibuat. Dan membuat tubuh jadi lebih segar.

Baca Juga: Akibat Ejakulasi Dini Pada Pria

Perlunya Ejakulasi pada Pria

premature-ejaculation-1549635453.jpg

Ilustrasi: Netdoctor

“Hal ini juga terjadi pada air mani. Saat ada air mani terbuang, akan dimunculkan mani baru. Dan kondisi ini membuat prostat terus memproduksi. Saat prostat berhenti produksi, hal ini bisa membuatnya rentan terserang kanker,” ungkap Andrew C. Kramer, MD, seorang ahli urologi dan profesor bedah di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland di Baltimore.

Saat terjadi penumpukan sperma di prostat, dan sel yang tadinya normal bisa tumbuh berlebihan dan tidak terkontol. Akhirnya, sel tersebut akan memakan sel yang sehat.

“Sekedar informasi, selain prostat, kanker buah zakar juga bisa terjadi. Namun kasusnya jarang ada,” jelas Dr Kramer.

Untuk mencegah terjadinya kanker prostat, para peneliti menyarankan agar seorang pria melakukan ejakulasi minimal 12 kali dalam sebulan.

Baca Juga: Mengenal Varikokel, Faktor Risiko Infertilitas Pria!

(RYO/DIN)

Artikel Terkait