JALAN-JALAN
23 Agustus 2019

Ternyata Ada Manfaatnya Lho Mengajak Anak Wisata Kuliner!

Jangan ragu mengajak si kecil wisata kuliner, Moms. Ini manfaatnya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Liburan tentu merupakan saat terbaik untuk bersenang-senang bersama keluarga. Selain mengunjungi lokasi wisata, salah satu kesenangan saat liburan adalah mencicipi makanan khas setempat atau wisata kuliner.

Tapi, bagaimana jika Moms dan Dads liburan bersama si kecil? Haruskah mengorbakan agenda wisata kuliner dan menghabiskan liburan hanya di tempat-tempat yang ramah anak?

Tidak juga, Moms. Tak ada salahnya kok mengajak si kecil mencicipi hidangan lokal di tempat liburan. Bahkan, wisata kuliner juga bisa menjadi tujuan utama ketika Moms dan Dads mengajak si kecil berlibur.

Baca Juga: Suka Kulineran? Ini 4 Tips Wisata Kuliner Dari Food Blogger Hans Danial

Food blogger di Healthy Little Foodie, Amy Whiteford, menyarankan Moms untuk berbicara dengan si kecil lebih dahulu tentang tempat yang akan dikunjungi dan makanan apa saja yang akan ia temukan di sana.

"Anda mungkin bisa mencari informasi di internet tentang makanan khas dari daerah atau negara tujuan liburan," katanya.

Kuncinya, jangan langsung pergi ke restoran cepat saji saat liburan hanya karena Moms berpikir itulah yang si kecil mau makan.

Jadi, apa manfaat mengajak si kecil wisata kuliner saat liburan? Ini dia, Moms:

1. Membuat Si Kecil Berani Mencoba Makanan Baru

Ajak Anak Wisata Kuliner, Ini Manfaatnya 1.jpg

Foto: traveller.com.au

Seringkali Si Kecil tidak ingin mencoba hidangan baru karena mereka benar-benar takut akan makanan itu. Moms bisa melakukan pendekatan lembut untuk membujuk Si Kecil agar mau mencoba makanan baru.

Akui ketakutan mereka, lalu katakan sesuatu seperti, 'Kamu tidak akan tahu apakah kamu suka atau tidak, sampai kamu mencobanya.'

Baca Juga: Akan Ditetapkan Sebagai Destinasi Gastronomi, Ini Dia Daftar Kuliner Enak di Ubud

2. Memberi Pengalaman Makan yang Tidak Bisa Didapat di Rumah

Ajak Anak Wisata Kuliner, Ini Manfaatnya 2.jpg

Foto: traveller.com.au

Pengalaman unik dalam hal apapun akan selalu berhasil memikat anak-anak dari segala usia. Makanan di Asia, misalnya, sangat berwarna-warni. Penjaja di jalanan akan memotong buah di depan anak-anak dan menyajikannya dengan tongkat. Menarik bukan?

Atau anak mungkin akan tertarik dengan sentuhan-sentuhan kecil yang membuat sebuah restoran atau rumah makan tampak unik. Misalnya, ketika Moms mengajak Si Kecil makan di restoran dan memesan makanan yang merupakan menu kesukaan raja. Si Kecil pasti menjadi semakin tertarik.

3. Menjauhkan Si Kecil dari Makanan Tidak Sehat

Ajak Anak Wisata Kuliner, Ini Manfaatnya 3.jpg

Foto: traveller.com.au

Mengajak si kecil mencicipi pecel sayuran di Yogya, atau sushi di Jepang, tentu merupakan sesuatu yang baik karena memperkenalkan mereka dengan makanan sehat. Moms pun jadi bisa bisa menjauhkan mereka dari makanan ringan yang tidak sehat seperti burger dan keripik.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

4. Mengajarkan Anak untuk Tidak Menjadi Picky Eater

Ajak Anak Wisata Kuliner, Ini Manfaatnya 4.jpg

Foto: parents.com

Wisata kuliner mengajak anak untuk mencoba berbagai jenis makanan baru. Sekali ia berhasil mencoba dan bisa menerima makanan baru yang Moms tawarkan, ia akan tumbuh menjadi anak yang tidak picky eater. Kabar baiknya bagi Moms, ia akan mudah menerima segala jenis sayur yang dimasak oleh Moms untuknya.

Jadi, apakah sudah siap mengajak anak berwisata kuliner?

Artikel Terkait