KESEHATAN
30 Agustus 2019

Ternyata Baking Soda Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho!

Bisa membantu masalah mulut dan gigi juga
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika biasanya Moms menggunakan baking soda saat akan membuat kue, ternyata ada manfaat lain dari bubuk kecil ini. Bocoran saja, dia bisa membantu memutihkan gigi lho Moms. Lho, kok bisa?

Kini, baking soda memang bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan yang bagus bila digunakan dengan benar. Baking soda diketahui memiliki banyak sifat antiseptik. Baking soda adalah natrium bikarbonat yang umumnya digunakan dalam makanan yang dipanggang.

Dalam bentuknya yang alami, baking soda dikenal sebagai nahcolite yang merupakan bagian dari mineral natron alami. Natron mengandung banyak natrium bikarbonat, yang telah digunakan sejak dulu. Konon, orang Mesir menggunakan natron sebagai sabun. Setelah itu, orang-orang mulai membuat dan menjual baking soda.

Baca Juga: Ini 4 Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Kita tengok yuk apa saja manfaat baking soda untuk kesehatan, dan bahkan kecantikan berikut ini.

Membantu Mengatasi Mulas

Ternyata Baking Soda Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho -1.jpg

Foto: blog.doctoroz.com

“Minum campuran baking soda dan air telah digunakan sebagai obat rumahan untuk mulas selama beberapa dekade,” kata Allison Dostal Webster, Ph.D., direktur asosiasi komunikasi nutrisi di International Food Information Council.

Pada dasarnya, asam lambung bersifat asam sedangkan baking soda bersifat basa. Jadi, saat perut Anda mulas, baking soda dapat secara efektif menetralkan asam tersebut. Meski begitu, Allison memperingatkan risikonya. "Ada banyak laporan orang yang terlalu banyak mengonsumsi baking soda, yang mengganggu keseimbangan asam-basa tubuh kita dan dapat menyebabkan efek kardiovaskular, pernapasan, dan neurologis yang serius," kata Webster.

Jadi, bicaralah dengan dokter Anda jika terjadi hal yang serupa.

Mengurangi Masalah Mulut dan Gigi

Ternyata Baking Soda Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho -2.jpg

Foto: healthliving.today

Baking soda telah dipelajari sebelumnya dan memiliki manfaat terhadap kebersihan mulut. Allison mengatakan, sifat antimikrobanya dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut, dan mengurangi risiko gigi berlubang. “Itu sebabnya Anda biasanya dapat menemukannya di beberapa jenis pasta gigi,” tambahnya.

Manfaat lainnya dihasilkan oleh sebuah meta-analisis pada 2017 yang dalam Journal of American Dental Association. Hasilnya, jurnal tersebut menyatakan bahwa beberapa studi menemukan perawatan pemutihan gigi yang mengandung baking soda lebih efektif daripada yang tidak.

Moms dapat mencoba membuat pasta dari baking soda dan hidrogen peroksida, dan menyikatnya di gigi Moms. Tapi jangan menggunakannya setiap hari, karena kedua bahan itu terlalu keras saat digunakan secara berlebihan. Gunakan selama tiga hari, lalu gunakan lagi dalam enam bulan untuk mempertahankan hasil putihnya.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

Membersihkan dan Mengelupaskan Kulit Mati

Ternyata Baking Soda Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho -3.jpg

Foto: Byrdie.com

Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai mengatakan, baking soda dapat menyerap minyak dan membantu mengelupaskan sel-sel mati dari permukaan kulit. “Oleh karena itu banyak yang menjadikannya bahan yang berguna dalam scrub dan masker DIY," katanya.

Namun, jika digunakan berlebihan akan menyebabkan iritasi yang serius, terutama jika Moms memiliki kulit sensitif. "Satu-satunya orang yang akan saya rekomendasikan adalah mereka yang memiliki kulit sangat berminyak, dan orang yang jarang mengalami iritasi kulit," tambah dia.

Mengatasi Masalah Sendi

Ternyata Baking Soda Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho -4.jpg

Foto: Active.com

Asam laktat yang dilepaskan selama aktivitas fisik atau latihan keras memiliki kecenderungan untuk menumpuk di otot dan sendi. Lama kelamaan hal itu akan menciptakan kekakuan dan kelelahan pada otot.

Untuk mencegah hal itu terjadi dan mempengaruhi kinerja fisik Anda, manfaatkan baking soda yang ada di rumah. Minumlah campuran baking soda yang dilarutkan dalam air. Ini dapat membantu mengendalikan kekakuan tersebut dan mengembalikannya pada kondisi sebelumnya.

Tingginya kadar asam urat dalam urin dan darah dalam jaringan di seluruh tubuh menyebabkan rasa sakit dan penyakit kronis seperti radang sendi dan asam urat. Baking soda akan membantu menetralkan kelebihan asam dan digunakan sebagai obat yang efektif.

Baca Juga: Keajaiban Baking Soda untuk Kulit

Membantu Merawat Rambut

Ternyata Baking Soda Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho -5.jpg

Foto: Howtocure.com

Meskipun tidak ada bukti ilmiah dari baking soda yang digunakan sebagai solusi perawatan rambut yang sempurna, banyak yang menggunakannya sebagai bagian dari rangkaian perawatan rambut. Dikatakan bahwa bahan ini akan membantu melembutkan rambut Moms dan mendorong pertumbuhan rambut agar lebih lebat.

Banyak juga ya manfaat lain dari baking soda. Tidak ada salahnya untuk mempraktekannya di rumah. Namun tetap hati-hati bila ada gejala yang tidak diinginkan, langsung hubungi dokter ya Moms.

Artikel Terkait