PROGRAM HAMIL
14 September 2020

Ternyata, Ini 17 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Yogurt bisa menjadi nutrisi untuk janin, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms sedang hamil dan sering merasa lapar? Ini merupakan hal yang umum terjadi, apalagi jika Moms sering mencari camilan yang bisa membuat perut Moms dan janin di dalam kandungan bahagia.

Moms pasti sering dengar bahwa makan makanan bergizi saat hamil itu sangatlah penting. Salah satunya, mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil.

Saat menyusun rencana makan yang sehat untuk ibu hamil, Moms sebaiknya berfokus pada makanan utuh yang memberi kita jumlah nutrisi yang lebih tinggi dari hal-hal baik yang kita butuhkan saat tidak hamil seperti protein, vitamin dan mineral, jenis lemak yang sehat, karbohidrat kompleks, serta serat dan cairan

Banyak orang mencoba dan menghindari produk susu selama masa kehamilan mereka. Karena mereka mengatakan bahwa hal itu dapat mempengaruhi bayi, tetapi kenyataannya, ada beberapa produk susu yang bagus yang tidak hanya baik untuk Moms dan calon bayi, tetapi juga baik untuk pertumbuhan alami bayi dalam kandungan lho.

Tapi saat hamil, mungkin yogurt untuk ibu hamil menjadi salah satu camilan favorit Moms. Yogurt adalah produk susu fermentasi, dibuat saat susu dibudidayakan dengan bakteri tidak berbahaya tertentu, seperti Lactobacillus acidophilus.

"Bakteri ini mencerna gula dalam susu, khususnya mencerna laktosa untuk energi," jelas Drs. Reginald Garrett dan Charles Grisham dalam buku mereka "Biokimia". Bakteri yogurt malah membuat asam laktat, yang bereaksi dengan protein dalam susu, menghasilkan rasa asam dan tekstur seperti krim.

Menurut Journal of Traditional and Complementary Medicine, organisme probiotik, seperti Lactobacillus juga telah terbukti memiliki beberapa sifat fungsional, termasuk menstimulasi sistem kekebalan.

Yogurt adalah salah satu produk susu yang tidak hanya karena rasanya yang enak tetapi juga karena membantu bayi mendapatkan nutrisi tambahan yang mereka butuhkan untuk tumbuh secara alami selama masa kehamilan kita.

Memang, ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi yogurt, karena bersifat asam dan katanya tidak bagus untuk janin yang sedang dikandung.

Namun, Dokter Spesialis Gizi RSPI Bintaro Jaya, dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes, menegaskan bahwa mitos tersebut salah. Dia mengatakan, ibu hamil boleh mengonsumsi yogurt. Bahkan yogurt yang asam aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

“Malah, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi yogurt,” kata Diana saat melakukan office visit ke Orami.

Menurut Diana, yogurt untuk ibu hamil punya banyak manfaat baik. Karena itu juga, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi dua porsi yogurt dalam sehari. Saat snacking time antara sarapan dan makan siang serta antara makan siang dan makan malam.

Faktanya, yogurt merupakan camilan yang sehat untuk dimakan selama kehamilan. Makanan satu ini dikemas dengan nutrisi penting seperti kalsium dan protein, yang sangat bagus, karena kebutuhan protein sangat tinggi selama kehamilan. Yogurt dianggap sehat, asalkan terbuat dari susu pasteurisasi dan dikonsumsi dalam waktu yang masih tepat.

Karena yogurt terbuat dari susu, yogurt juga memiliki nilai gizi yang sama dengan susu. Selain itu, yogurt juga dapat dibuat dengan susu yang sudah di pasteurisasi dan susu mentah.

Sebenarnya, apa saja sih manfaat yogurt untuk ibu hamil? Yuk, kita lihat Moms.

Baca Juga: 5 Resep dan Manfaat Yogurt untuk Anak

Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil Muda

Jika Moms penasaran dengan manfaat yogurt untuk ibu hamil, berikut manfaat baik yang bisa Moms dapatkan.

1. Melancarkan Pencernaan

shutterstock 648533710

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil biasanya mengalami masalah konstipasi atau sembelit. Baik yang sakit buang air besar (BAB) atau frekuensinya yang menjadi 2-3 hari sekali.

Mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil yang mengandung probiotik akan membantu melancarkan pencernaan. Ibu hamil tidak akan lagi mengalami konstipasi.

2. Menjaga Kesehatan

Tubuh yang sehat berasal dari usus yang sehat. Dengan mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil, usus akan mendapat asupan bakteri baik yang bertugas untuk menjaga kesehatan usus. Usus yang sehat akan berdampak pada tubuh yang sehat pula.

3. Nutrisi untuk Janin

shutterstock 647537386

Foto: Orami Photo Stock

Konsumsi yogurt untuk ibu hamil punya kandungan nutrisi yang baik. Mulai dari kalsium, protein, asam folat, vitamin D, hingga omega 3. Kandungan nutrisi ini dibutuhkan janin untuk berkembang dengan baik.

Baca Juga: 5 Camilan Pengusir Diare untuk Ibu Hamil, Aman!

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Usus menghasilkan sistem imun yang akan berdampak pada sistem imun tubuh secara keseluruhan. Dengan memelihara usus, sistem imun tubuh pun akan semakin baik.

5. Bisa Membantu Mendinginkan Tubuh

shutterstock 111457892

Foto: Orami Photo Stock

Setiap kali Moms makan sesuatu yang pedas, bisa coba untuk menambahkan sedikit yogurt bersama makanan sehari-hari kita. Yogurt untuk ibu hamil untuk mengurangi efek makanan pedas dan menghindari keasaman serta mulas.

Mengidam makanan pedas selama kehamilan adalah hal yang umum dialami para ibu, jadi sebaiknya selalu menyantap yogurt sehabis mengonsumsi makanan pedas ya, Moms.

6. Kaya akan Kandungan Kalsium

Konsumsi yogurt untuk ibu hamil penuh dengan kalsium dan makan tiga porsi sehari yogurt sudah cukup untuk memenuhi setengah dari asupan makanan yang direkomendasikan setiap hari.

Kalsium penting dalam pembentukan tulang dan gigi janin di dalam kandungan, dan berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh lainnya. Kalsium juga penting untuk penyerapan vitamin D dalam tubuh.

7. Membantu Mencegah Tekanan Darah Tinggi

shutterstock 1136798417

Foto: Orami Photo Stock

Tekanan darah tinggi adalah risiko umum selama kehamilan, yang dapat berdampak negatif bagi ibu dan bayinya. Asupan yogurt untuk ibu hamil diketahui bisa menenangkan tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Ini juga menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk jantung kita.

8. Meredakan Perasaan Stres dan Kecemasan

Kecemasan sering terjadi selama kehamilan, dan banyak wanita hamil yang mengalami stres karena kehamilan mereka.

Di sinilah manfaat yogurt untuk ibu hamil, yakni makanan penenang yang sehat dan merupakan pengganti yang bagus untuk makanan penutup yang menenangkan lainnya seperti es krim dan kue manis.

9. Melawan Kulit Kering dan Pigmentasi

manfaat yogurt untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Perubahan hormon dan ketidakseimbangan selama kehamilan dapat menyebabkan warna kulit tidak merata dan bintik-bintik kering bagi banyak wanita. Yogurt yang kaya vitamin E ini dinilai mampu menjaga kesehatan kulit dan mencegah pigmentasi pada kulit kita.

10. Membantu Menjaga Berat Badan

Meskipun kenaikan berat badan dipandang sebagai tanda kehamilan yang sehat, berat badan yang berlebihan dapat menimbulkan masalah.

Makan yogurt untuk ibu hamil mencegah peningkatan hormon stres, kortisol, dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan baik pada ibu maupun bayi dalam jangka panjang.

11. Baik untuk Otot

yogurt kaya akan kalsium untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Yogurt untuk ibu hamil kaya akan protein yang penting untuk perkembangan otot. Kalsium juga dibutuhkan untuk kontraksi serat otot yang tepat, dan karenanya, yogurt sangat bagus untuk menjaga kesehatan otot.

12. Sumber Banyak Vitamin

Greek yogurt khususnya, mengandung jumlah vitamin yang tepat yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat. Yogurt untuk ibu hamil jenis ini mengandung sekitar 2 persen vitamin A yang penting untuk kesehatan mata bayi kita.

Faktanya, berbagai yogurt Yunani menyediakan 2 persen dari kebutuhan harian vitamin C dan zat besi juga

13. Yogurt Kaya akan Protein

manfaat yogurt untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Dibandingkan dengan jenis yogurt biasa, Greek yogurt mengandung dua kali lipat lebih banyak jumlah protein.

Diketahui bahwa protein sangat penting selama kehamilan untuk mendukung perkembangan bayi secara keseluruhan dan memberikan energi kepada ibu untuk menjalani kehamilan.

Sekitar satu cangkir Greek yogurt tanpa rasa menyediakan sekitar 20 gram protein, sementara varietas rasa dengan jumlah yang sama menghasilkan sekitar 12 gram

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

14. Sumber Alami Yang Baik untuk Vitamin B12 dan Yodium

Selama kehamilan, ibu hamil diminta untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 dan yodium karena sangat penting untuk perkembangan otak janin.

Yodium juga membantu fungsi normal kelenjar tiroid. Manfaat yogurt untuk ibu hamil ini sangat cocok karena mengandung yodium dan vitamin 12 dalam jumlah yang baik

15. Membantu Membangun Kesehatan Tulang dan Membantu Menjaga Tekanan Darah

yogurt untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Greek yogurt mengandung magnesium, kalium, fosfor, selain kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang selama kehamilan. Faktanya, ini juga membantu mencegah osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Selain itu, mineral tersebut juga penting untuk menjaga tekanan darah pada level normal. Jika Moms mengonsumsi satu porsi yogurt untuk ibu hamil setiap hari, Moms dapat dengan mudah menghilangkan suplemen kalsium

16. Kaya akan Probiotik

Bakteri dalam yogurt tidak berbahaya bagi manusia, karena tidak dapat menyebabkan infeksi. Nyatanya, bakteri ini benar-benar membantu fungsi pencernaan sehingga kadang-kadang disebut "probiotik".

Selama kehamilan, saluran pencernaan Moms akan melambat untuk meningkatkan jumlah nutrisi yang tersedia untuk bayi. Karenanya, hal ini dapat meningkatkan risiko sembelit, yang dapat meningkatkan risiko wasir pada ibu.

Mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil secara rutin akan membantu menjaga pencernaan Moms untuk tetap teratur.

Selain itu menurut jurnal Maternal & Child Nutrition, konsumsi probiotik selama kehamilan dapat mencegah persalinan prematur dan komplikasi kehamilan yang berbahaya lainnya.

17. Mencegah Kembung

yogurt memiliki banyak nutrisi untuk ibu hamil

Foto: parenting.firstcry.com

Ibu hamil biasanya mengeluh kembung, gangguan pencernaan dan gastritis. Tetapi Greek yogurt dapat melakukan keajaiban dengan membantu Moms menghindari ini. Jadi ingatlah untuk mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil ke dalam makanan setiap hari ya.

Namun ada dua jenis yogurt yang harus dihindari selama kehamilan.

Pertama, karena sistem kekebalan tubuh ibu hamil tidak berfungsi seperti biasanya, hindari yogurt yang dibuat dengan produk susu yang tidak dipasteurisasi. Yogurt untuk ibu hamil jenis ini bisa mengandung bakteri berbahaya.

Kedua, hindari yogurt berlemak penuh dan produk susu berlemak penuh lainnya. Sumber susu ini memiliki terlalu banyak lemak jenuh, yang tidak sehat untuk jantung dan dapat menyebabkan kelebihan berat badan saat hamil.

Baca Juga: 10 Cemilan Sehat dan Enak untuk Ibu Hamil

Inspirasi Resep Yogurt untuk Ibu Hamil

resep yogurt untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms bosan hanya makan yogurt polos, maka menjadikannya sebagai smoothie adalah pilihan yang cerdas. Smoothie adalah cara yang enak untuk mengisi nutrisi Moms setiap hari.

Bagian terbaiknya adalah, Moms dapat menambahkan bahan apa pun yang disukai, mulai dari berbagai kacang-kacangan, buah-buahan kering, buah-buahan, dan bahkan sayuran hijau, agar sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisi kita.

Berikut ini resep smoothie yang mudah namun enak untuk Moms coba di rumah.

Bahan:

  • ½ cangkir yogurt
  • 1 cangkir stroberi
  • ½ pisang
  • 4-5 kacang almond
  • 2 sdt biji rami
  • 2 sdt biji labu
  • ½ sdt ekstrak vanili
  • Susu pasteurisasi (jika diperlukan)

Cara membuat:

  1. Masukkan biji rami dan biji labu ke dalam blender dan haluskan sampai menjadi bubuk halus.
  2. Tambahkan yogurt, ekstrak vanilla, dan almond, lalu haluskan hingga lembut.
  3. Tambahkan pisang dan stroberi, kemudian haluskan sampai Moms mendapatkan konsistensi smoothie. Tambahkan susu jika diperlukan.
  4. Sajikan dengan beberapa iris stroberi di atasnya.
  5. Yogurt bisa menjadi tambahan yang bergizi tinggi dan aman untuk diet wanita hamil. Jadi, Moms bisa makan yogurt polos atau siapkan campuran yogurt yang lezat, dan nikmatilah!

Itulah manfaat yogurt untuk ibu hamil. Nah, para bumil, tidak ragu lagi kan mengonsumsi yogurt?

Artikel Terkait