NEWBORN
21 Maret 2018

Ternyata Ini 3 Alasan ASI Bisa Membuat Anak Lebih Cerdas

ASI dapat membuat IQ seseorang lebih tinggi ketimbang susu formula
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


ASI atau Air Susu Ibu, merupakan asupan yang paling sempurna bagi Si Kecil. Hingga saat ini, bahkan susu formula yang telah dirancang sedemikian rupapun tak akan dapat menandingi manfaat ASI bagi Si Kecil.

ASI memang memiliki manfaat luar biasa, mengingat kekebalan tubuh Si Kecil yang belum matang, namun dapat diatasi dengan ASI yang mengandung nutrisi dan antibody yang diperlukan bayi baru lahir.

Tak hanya itu, ASI juga amat terkenal dapat membuat Si Kecil menjadi lebih cerdas, bahkan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan agar Si Kecil mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan pertama sejak kelahirannya.

Lalu apakah yang membuat ASI dapat mencerdaskan Si Kecil? Mari simak kandungannya berikut:

1. Kaya Akan Nutrisi

Air susu ibu (ASI) memang mengandung nutrisi yang sempurna dan seimbang untuk Si Kecil yang baru lahir. Selain itu, ASI juga mengandung kadar lemak yang tepat yang dibutuhkan dalam perkembangan otak bayi.

Hal Ini merupakan salah satu alasan mengapa ASI dapat membuat Si Kecil tumbuh dan berkembang lebih cerdas serta memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang minum susu formula.

Baca Juga : Bolehkah Penderita Kanker Payudara Menyusui Bayi?

2. Mengandung Antibodi dan Enzim

Metabolism Si Kecil yang baru lahir tentulah masih sangat minim dan rentan terinfeksi berbagai mavam penyakit. Untuk itulah ASI yang antibodi ini dapat melindungi bayi dari berbagai infeksi dan mencegah Si Kecil jatuh sakit.

Ketika Si Kecil sehat, akan lebih banyak nutrisi yang terserap dengan baik dan dapat memberikan dampak positif secara langsung pada otak. Perkembangan otak juga tentunya akan menjadi lebih cepat dan lebih baik pada tubuh yang sehat.

3. Membangun Hubungan Erat dengan Moms

Tahukah Moms, ternyata penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat mempererat ikatan emosional antara Moms dan Si Kecil. Hal Inilah yang juga menjadi alasan mengapa Si Kecil memiliki IQ yang tinggi saat tumbuh besar dan dewasa.

Anak-anak yang disusui ASI juga berisiko lebih kecil untuk menjadi pecandu alkohol saat dewasa dan memiliki emosi yang lebih stabil dibandingkan bayi yang tidak disusui ASI, lho.

Nah, pemberian ASI secara eksklusif ternyata juga dapat memenuhi kebutuhan awal stimulasi. Saat menyusui umumnya Moms akan membelai, bicara, bernyanyi pada si bayi.

Lirik lagu akan merangsang otak bagian kiri sedangkan melodinya akan merangsang otak sebelah kanan. Belum lagi sentuhan dan usapan tangan ibu. Inilah stimulasi awal bagi Si Kecil.

Itulah sejumlah manfaat soal kecerdasan Si Kecil yang dapat diciptakan oleh asi, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan Si Kecil dari Air Susu Ibu.

Untuk itu, sangat baik bila Moms mengusahakan untuk menyusui Si Kecil dengan ASi jika memang mampu dibandingkan dengan susu formula.

(MDP)

Artikel Terkait