DI ATAS 5 TAHUN
10 Mei 2019

Patut Dibiasakan Sejak Dini, Ini Dia 4 Manfaat Olahraga untuk Anak

Ternyata Ini 4 Manfaat Pentingnya Membiasakan Anak Olahraga Sedari Dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Apakah Si Kecil termasuk tipe anak yang suka bergerak dan tidak bisa diam? Atau justru mereka lebih sering menghabiskan waktu di depan TV dan gadget?

Tidak ada salahnya jika mulai sekarang mereka diarahkan untuk mengikuti kegiatan yang positif untuk menyalurkan energi mereka yang terhitung banyak dengan melakukan olahraga.

Beragam manfaat bisa Si Kecil dapatkan jika melakukan olahraga sedari dini. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Meningkatkan Percaya Diri

Berikan dukungan yang penuh untuk Si Kecil saat melakukan olahraga. Arahkan jenis olahraga berdasarkan minat dan potensi yang mereka miliki.

Jika perlu, berikan penghargaan jika Si Kecil mampu mendapatkan prestasi atau mencapai level tertentu saat melakukan aktifitas positif tersebut. Hal ini akan berpengaruh langsung untuk meningkatkan percaya diri mereka.

Baca Juga : 4 Olahraga Bersama Balita Ini Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

2. Menghindari Obesitas

Tidak sedikit anggapan anak kecil yang bertubuh gemuk adalah anak yang sehat. Hal ini yang harus mulai Moms hindari agar Si Kecil tidak jadi terjebak pada pola makan yang kurang baik dengan terus makan.

Namun jika memang gejala obesitas atau kegemukan sudah terlihat sejak dini, ada baiknya arahkan Si Kecil untuk melakukan olahraga yang memang mereka gemari.

Dengan berolahraga, maka anak dapat mengurangi bobot yang berlebih karena ditakutkan akan mempengaruhi kesehatan mereka di kemudian harinya.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet? Pakai Timbangan Saja!

3. Melatih Bersikap Sportif

Sebagai salah satu kegiatan dimana sportifitas dijunjung tinggi, olahraga dapat menjadi kegiatan yang bisa dilakukan untuk melatih Si Kecil agar mau menerima kekalahan dan tidak menjadi orang yang keras kepala ataupun egois.

Jika terbiasa mengajari anak bersikap sportif, maka saat dewasa pun mereka jadi tidak terbiasa untuk memaksakan kehendak dan menjadi orang yang egois.

4. Belajar Bersosialisasi Sejak Kecil

Dalam melakukan olahraga apapun, pastinya akan menemukan orang lain yang akan menjadi lawan dalam sebuah pertandingan ataupun sekedar teman latihan.

Baca Juga: Trik agar Anak Tidak Malas Olahraga

Ajarkan kepada Si Kecil agar jangan jadikan mereka sebagai musuh, namun berkompetisilah dengan sehat untuk melatih bersosialisasi dengan orang baru sejak dini.

Sumber : Cashbac

Artikel Terkait