PROGRAM HAMIL
21 Juni 2019

Ternyata Ini 4 Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil

Yogurt bisa menjadi nutrisi untuk janin lho
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Dina Vionetta


Moms suka mengonsumsi yoghurt? Tapi tiba-tiba berhenti mengonsumsi karena hamil?

Memang, ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi yoghurt. Yoghurt yang bersifat asam katanya tidak bagus untuk janin yang sedang dikandung.

Namun, Dokter Spesialis Gizi RSPI Bintaro Jaya Diana Suganda menegaskan bahwa mitos tersebut salah. Dia mengatakan, ibu hamil boleh mengonsumsi yoghurt. Yoghurt yang asam aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

“Malah, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi yoghurt,” kata Diana saat melakukan office visit ke Orami.

Menurut Diana, yoghurt punya banyak manfaat baik untuk ibu hamil. Karena itu juga, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi dua porsi yoghurt dalam sehari. Saat snacking time antara sarapan dan makan siang serta antara makan siang dan makan malam.

Sebenarnya, apa saja sih manfaat yoghurt untuk ibu hamil?

1. Melancarkan pencernaan

shutterstock 648533710

Ibu hamil biasanya mengalami masalah konstipasi atau sembelit. Baik yang sakit buang air besar (BAB) atau frekuensinya yang menjadi 2-3 hari sekali. Diana mengatakan, mengonsumsi yoghurt yang mengandung probiotik akan membantu melancarkan pencernaan. Ibu hamil tidak akan lagi mengalami konstipasi.

Baca Juga : Berjuta Khasiat Yoghurt Untuk Kesehatan

2. Menjaga kesehatan

shutterstock 111457892

Diana mengatakan, tubuh yang sehat berasal dari usus yang sehat. Dengan mengonsumsi yoghurt, usus akan mendapat asupan bakteri baik yang bertugas untuk menjaga kesehatan usus. Usus yang sehat akan berdampak pada tubuh yang sehat pula.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

3. Nutrisi untuk janin

shutterstock 647537386

Yoghurt punya kandungan nutrisi yang baik. Mulai dari kalsium, protein, asam folat, vitamin D, hingga omega 3. Kandungan nutrisi ini dibutuhkan janin untuk berkembang dengan baik.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Yoghurt?

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

shutterstock 1136798417

Diana menuturkan, usus menghasilkan sistem imun yang akan berdampak pada sistem imun tubuh secara keseluruhan. Dengan memelihara usus, sistem imun tubuh pun akan semakin baik.

Itulah manfaat yoghurt untuk ibu hamil. Nah, para bumil, tidak ragu lagi kan mengonsumsi yoghurt?

(AND)

Artikel Terkait