FASHION & BEAUTY
12 Desember 2017

Ternyata Ini 5 Tata Cara Keramas yang Benar!

Jangan asal keramas, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Mencuci rambut atau yang lebih sering disebut keramas, sering dianggap urusan sepele. Padahal, cara mencuci rambut yang asal-asalan perlahan akan merusak rambut.

Dengan teknik yang benar, tekstur rambut menjadi lebih lembut, akar rambut kuat, dan kulit kepala bersih sehat. Yuk pelajari teknik keramas yang benar!

1. Sebelum dibasahkan dengan air, sisir rambut dahulu, agar rambut tidak kusut saat dicuci.

2. Selanjutnya, siram rambut dengan air hangat kuku untuk menurunkan kotoran, minyak , sisa produk styling seperti gel atau hairspray yang melekat di helai rambut. Sebaiknya lakukan di bawah pancuran atau shower agar kotoran luruh ke bawah bersama air.

3. Tuang shampo secukupnya di telapak tangan, lalu usapkan merata, mulai dari akar rambut hingga ke ujungnya. Setelah shampo rata, pijat kulit kepala dengan ujung jari. Jangan gunakan kuku untuk memijat, karena bisa melukai kulit kepala dan menyebabkan iritasi.

Baca Juga : 5 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

4. Setelah selesai, bilas rambut sampai bersih hingga tak ada busa yang tertinggal. Moms bisa memberi perawatan ekstra dengan membalur rambut dengan kondisioner, mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut. Kondisioner sebaiknya tidak dioleskan pada kulit kepala karena bisa menyebabkan ketombe dan kulit kepala berminyak.

Diamkan kondisioner selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air. Berbeda dengan shampo yang harus di bilas setelah diaplikasikan, kondisioner perlu didiamkan selama beberapa menit sebelum dibilas untuk memberi waktu kepada folikel rambut menyerap kandungan yang ada dalam kondisioner.

5. Gunakan sisir bergigi jarang untuk membantu meluruhkan shampo dan kondisioner saat membilas rambut. Cara ini juga cukup efektif untuk membuat rambut lebih lembut dan mudah ditata saat kering.

Keramas untuk membersihkan minyak dan kotoran memang baik, namun tidak boleh terlalu dilakukan setiap hari. Seperti dikutip dari harian Times of India, seorang pakar kecantikan India Dr. Sama Rais berpendapat bahwa penggunaan shampo yang terlalu sering bisa menghilangkan kadar minyak esensial di kulit kepala dan sebabkan rambut kering bercabang.

“Keramas tiga kali seminggu sudah cukup. Bahkan bila rambut Moms hanya berkeringat, menyiram kepala dengan air bersih sudah cukup untuk mengatasi masalah itu,” ujarnya.

(MEG)

Artikel Terkait