DI ATAS 5 TAHUN
12 Maret 2019

Ternyata Ini 6 Manfaat Olahraga Panahan Untuk Anak

Baik untuk kesehatan fisik dan mental anak.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Dengan pengaruh tokoh Katniss dari film Hunger Games, Merida dari Brave serta Hawkeye di The Avengers, tidak heran banyak yang mulai tertarik pada olahraga panahan.

Olahraga ini juga bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan untuk anak-anak. Menurut Archery Trade Association, panahan merupakan olahraga yang jauh lebih aman dibanding sepak bola, tenis atau basket.

Selain itu, memanah juga menjadi sarana belajar untuk anak. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari olahraga panahan. Berikut di antaranya:

Terbiasa Disiplin

foto 1 (4)

Panahan terdiri dari beberapa gerakan yang dipelajari dari kedisiplinan. Panahan menuntut sikap tegap, lalu menarik dan melepaskan busur.

Pemanah akan belajar bahwa untuk melakukan tembakan, perlu ada kontrol dan konsistensi. Tidak hanya sekadar olahraga, busur dan panah akan mengajarkan anak bahwa disiplin pada hal-hal kecil akan memberikan sukses ke depannya.

Meningkatkan Fokus

Seperti golf, olahraga panahan membutuhkan fokus mental. Dengan memanah, anak belajar untuk menghalau distraksi agar sasarannya tepat. Ketika pemanah membuat kesalahan, mereka diajarkan untuk menganalisa langkah-langkah dan fokus untuk memperbaikinya sekaligus.

Baca Juga : Trik Agar Anak Tidak Malas Berolahraga

Melatih Kesabaran

foto 2 (2)

Terburu-buru bukanlah teman bagi pemanah. Saat dunia sedang bergerak dengan cepat, olahraga panahan justru memaksa atletnya untuk mengikuti alur. Tidak sabaran saat melepaskan panah hanya menyebabkan salah sasaran. Oleh sebab itu, panahan merupakan cara yang baik untuk mengajarkan kesabaran pada anak.

Menumbuhkan Percaya Diri

Para psikolog setuju bahwa rasa percaya diri memainkan peran penting pada perkembangan anak. Olahraga panahan memberikan stimulasi visual pada buah hati -- membuat mereka bisa melihat kemajuan dan perkembangan kemampuan yang dimiliki.

Menajamkan Kemampuan Sosial

foto 3 (4)

Meskipun, panahan merupakan olahraga tunggal, namun sebenarnya ia merupakan aktivitas sosial. Sebab, berdiri bersebelahan dengan yang lainnya membantu mengembangkan kemampuan berbagi.

Menghabiskan waktu dengan komunitas memanah juga bisa menambah teman. Apalagi, ketika anak berdiskusi atau membantu temannya berlatih.

Memperbaiki Kesehatan Fisik

Saat berlatih memanah di luar ruangan, anak akan menyerap vitamin D yang berasal dari sinar matahari. Vitamin ini bagus untuk kesehatan tulang manusia. Selain itu, panahan juga memperbaiki keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Menarik busur memperkuat otot-otot inti yang bagus untuk stabilitas tubuh. Selanjutnya, keseimbangan akan memperbaiki postur tubuh, koordinasi tangan dan mata, juga kesempatan untuk melepaskan panah tepat sasaran.

(GLW)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait