DI ATAS 5 TAHUN
18 Februari 2019

Ternyata Ini 6 Penyebab Anak Zaman Sekarang Lebih Senang Menggunakan Bahasa Inggris

Satu dari lima warga dunia mengerti bahasa Inggris
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani


Coba Moms perhatikan, anak zaman sekarang lebih senang menggunakan bahasa Inggris ketimbang bahasa ibu mereka Indonesia.

Hal tersebut ternyata bukan tanpa alasan. Ada berbagai alasan yang membuat anak-anak zaman sekarang ini menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka.

Apa saja alasannya? Yuk kita lihat di bawah ini!

Baca Juga : Mau Anak Jago Bicara Banyak Bahasa? Coba Metode OPOL untuk Mengajarinya

1. Inggris Bahasa Dunia

r63jbooxlqsov4y0dhzy
Foto: Justchildren.net

Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan oleh warga dunia. Dikutip dari British-study.com, satu dari lima orang di dunia ini bisa berbicara atau setidaknya mengerti bahasa Inggris.

Karena itu juga, Inggris menjadi bahasa untuk hampir semua bidang utama, seperti ilmu pengetahuan, komputer, diplomasi, penerbangan, dan pariwisata.

2. Inggris Bahasa Pergaulan

keeping kids safe online article 4 3
Foto: Scholastic.com

Bahasa Inggris bukan semata bahasa dunia yang digunakan oleh sebagian besar orang di dunia. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa pergaulan.

Dengan adanya internet, bahasa Inggris juga jadi semakin dibutuhkan. Materi-materi pekerjaan, artikel, jurnal, percakapan yang ditemui di internet mayoritas menggunakan bahasa Inggris.

Jika kita tidak bisa berbahasa Inggris, bagaimana bisa memanfaatkan informasi yang didapatkan dari internet?

Baca Juga : Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak Sejak Balita

3. Inggris adalah Bahasa Utama Mereka

web dad helping children do homework
Foto: Thirdforcenews.org.uk

Seiring dengan kemajuan zaman, banyak juga orang tua yang sengaja menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Para orang tua menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari di rumah.

Mereka juga kemudian memasukkan anak-anak ke sekolah yang bahasa utamanya juga bahasa Inggris. Tidak heran mereka jadi lebih paham bahasa Inggris ketimbang bahasa Indonesia.

4. Agar Lulus Ujian

qywpj435i7btvuyxxkmqb62q5e
Foto: Nydailynews.com

Hampir setiap ujian yang ada di Indonesia, termasuk ujian sekolah, kuliah, maupun kerja, pasti ada bagian bahasa Inggrisnya. Ini juga yang membuat banyak anak zaman sekarang jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut.

Bukan hanya ujian tulis, ujian lisan bahasa Inggris juga sudah marak sekali dilakukan di Indonesia. Bayangkan saja, hanya karena tidak bisa berbahasa Inggris, ujian jadi gagal.

Baca Juga : Ini Cara Mengenali Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Sesuai Usianya

5. Terkesan Lebih Keren

just children back to school
Foto: Sheknows.com

Karena bahasa Inggris kesannya bahasa kalangan atas, pengguna bahasa Inggris juga seolah-olah merupakan orang dari kalangan atas. Siapa saja yang berbicara dalam bahasa Inggris kesannya akan lebih keren.

Begitu juga dengan para penyanyi yang membawakan lagu berbahasa Inggris. Mereka jadi punya kesan lebih keren ketimbang saat menyanyikan lagu berbahasa Indonesia.

Bahasa Inggris seolah menjadi salah satu syarat untuk dinilai keren. Setuju tidak Moms?

6. Lebih Sederhana

istock 000043658976large kids reading
Foto: Parentmap.com

Bahasa Inggris terdengar lebih sederhana ketimbang bahasa Indonesia. Beberapa kata dalam bahasa Indonesia bisa jadi hanya satu kata dalam bahasa Inggris, seperti never yang artinya tidak pernah.

Selain itu, beberapa kata dalam bahasa Inggris juga ternyata tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia, terutama kata-kata kekinian. Misalnya cloud, internet, dan beberapa kata lainnya.

Jadi, menggunakan bahasa Inggris jauh lebih simple untuk menyebutkan kata-kata tersebut.

Itulah beberapa alasan mengapa anak-anak zaman sekarang lebih suka menggunakan bahasa Inggris ketimbang bahasa ibu mereka. Bagaimana pendapat Moms? Share yuk!

(AND)

Artikel Terkait