KESEHATAN
3 Juni 2018

Ternyata Ini Cara yang Benar Mengatasi Kebas dan Kesemutan

Jangan dipaksakan bergerak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Tanya : 

Mau nanya kok pada bulan puasa kalau lagi gak ngapa-ngapain disiang hari atau lagi tidur aja kaki dan tangan berasa kebas yah?

Apa mngkn pengaruh daerah saya? Yang lucunya di malam hari kebasnya sudah tidak terasa.

Jawab : 

Akan saya jelaskan, keluhan seperti ini yang Anda rasakan hampir pernah dirasakan setiap orang, seperti halnya kebas atau mati rasa, kebal atau baal, dan kram otot.

Itu sebabnya, ketiga gangguan ini sering disebut sebagai kebas, kesemutan dan kram. Bahkan gangguan ini sering kali disertai dengan rasa nyeri.

Kebas-kebas pada tubuh umumnya dapat terjadi pada tangan, kaki, jari, tangan dan jari.

Penyebab gangguan itu adalah terganggunya bagian saraf tepi. Misalnya, gangguan pada fungsi pengatur indera perasa, akibat saraf mengalami tekanan misalnya duduk terlalu lama. Bisa juga karena saraf terjepit karena pengapuran pada tulang belakang dan lain sebagainya.

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa kebas tersebut yaitu, istirahatkan tangan Anda selama 15 menit saat jari-jari tangan Anda mulai terasa kram atau kaku, memaksa jari tangan Anda untuk terus bekerja saat kram atau kesemutan sudah terasa hanya akan memperburuk kondisi Anda.

Lakukan peregangan di jari-jari tangan Anda,Minum banyak air putih dan lain sebagainya. jika keluhan tidak berkurang segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Dijawab oleh : dr. Junarto Perdana Putra Tandiarrang

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait