KESEHATAN
7 Oktober 2019

Ternyata, Ini Manfaat Makan Porsi Kecil Tapi Sering

Bisa membantu menurunkan berat badan
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Makan sedikit dan sering dapat membantu orang yang melakukan diet untuk mencapai penurunan berat badan yang sehat.

Lupakan pola makan 3 kali sehari, sebagai gantinya, makan 6 porsi makanan kecil lebih baik untuk tubuh kita.

Dalam studi yang dilakukan pada 11 perempuan gemuk, makan dalam jumlah kalori yang rendah kalori yang sama baik dalam dua kali atau enam kali makan sehari. Mereka kehilangan jumlah berat yang sama dengan kedua diet.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Pola Makan Untuk Balita Underweight

Para perempuan ini mempertahankan massa non-lemak mereka (berat tubuh dalam otot, organ, dan tulang) lebih baik ketika makan enam kali sehari namun sedikit.

Pola dua kali makan tampaknya meningkatkan kadar kolesterol "baik" lebih dari pola enam kali makan sehari.

Lanas, apa saja manfaat makan porsi kecil tapi sering? Simak ulasannya di bawah ini.

Makan Besar Mengganggu Sistem Pencernaan

makan porsi kecil dan sering

Foto: aarp.org

Nyatanya kita sudah menjadi masyarakat yang terobsesi dengan camilan. Ada kedai-kedai kopi dan toko sandwich di setiap sudut jalan, dan banyak lagi camilan-camilan yang bisa kita jumpai setiap harinya.

Semua makanan ini mungkin terdengar tidak baik dan dapat merusak kesehatan tubuh kita, makanya ahli gizi menyarankan kita untuk melakukan pola makan tradisional.

“Makan banyak, adalah cara tubuh kita dirancang untuk makan,” kata ahli gizi Antony Haynes.

Sayangnya makan besar ini membebani sistem pencernaan dan sering menyebabkan kembung serta menurunkan energi sementara tubuh kesulitan mencernanya.

Baca Juga: Si Kecil Senang Jungkir Balik? Salurkan Energinya Lewat 4 Cara Ini

Makan porsi kecil akan mencegah pencernaan kita terganggu dan tubuh dapat berfungsi dengan lebih efisien sepanjang hari. Ketika makan porsi besar, kadar gula dalam darah akan naik, tetapi begitu makanan dicerna, kadar gula darah turun, dan mengambil energi serta suasana hati kita.

Masalahnya semakin besar makanan, semakin besar tabrakan dan semakin tinggi kebutuhan akan camilan manis untuk mengisi bahan bakar tubuh kita.

"Menerapkan makan porsi kecil dan sering membuat tingkat energi stabil dan membuat kitalebih mudah bagi untuk mengatasi semua yang harus lakukan dalam sehari," kata Natalie Savona, ahli gizi.

Mencegah Penyakit Jantung

makan porsi kecil dan sering

Bukan hanya energi dan kadar gula yang tetap stabil. Menurut unit Medical Research Council's Human Nutrition, pengukuran asam lemak dalam darah juga tetap stabil ketika kita makan porsi kecil dan sering.

Baca Juga: Fakta di Balik 3 Mitos Penyakit Jantung yang Sering Dipercaya

Ini adalah berita bagus karena dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung pada setiap orang.

Akhirnya, bila dilakukan dengan benar, makan porsi kecil dan sering akan membuat kita lebih mudah untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan tentunya bisa membantu Moms menurunkan berat badan.

Tertarik melakukannya? Selamat mencoba!

Artikel Terkait