TRIMESTER 2
5 Juli 2019

Ternyata, Ini Pengaruh Makanan pada Kesehatan Mulut Ibu Hamil

Saat masa kehamilan, makanan yang dikonsumsi ternyata berpengaruh pada mulut. Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Perawatan pada rongga mulut penting dilakukan, terutama untuk ibu hamil. Pasalnya, perubahan dan peningkatan kadar hormon yang dialami membuat Moms kerap mengalami masalah pada area gigi dan gusi. Masalah yang terjadi seperti pembengkakan gusi dan gusi yang mudah berdarah. Selain itu, sisa makanan yang terselip di jaringan gusi maupun gigi dapat menyebabkan iritasi maupun infeksi. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

“Kehamilan membuat perubahan secara fisiologis pada hampir sebagian sistem organ tubuh yang dikendalikan oleh hormon. Hal ini juga berdampak terhadap kondisi ibu hamil, tidak terkecuali kondisi gigi dan mulut. Memahami perubahan secara hormonal ini penting karena berpengaruh pada perubahan kondisi tubuh, serta perawatan yang tepat untuk dilakukan,” ujar seorang dokter gigi bernama drg. Annisa Sabhrina, pada Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) silam.

Perawatan gigi pada ibu hamil nyatanya tidak melihat pada satu individu saja, melainkan juga mempertimbangkan kondisi janin agar tidak membahayakannya. Untuk itu, penting memberitahukan kepada dokter mengenai usia kandungan Moms saat melakukan perawatan gigi.

Perawatan gigi yang bisa dilakukan saat hamil meliputi menjaga kebersihan area mulut dan gigi, perawatan saluran akar, pencabutan gigi, dan pembersihan karang gigi. Sedangkan untuk pengambilan radiologi gigi dan tindakan medis gigi sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan. Jika tidak bersifat urgent, sebaiknya ditunda hingga proses persalinan tiba.

Baca Juga: Pasta Gigi untuk Ibu Hamil Harus Bebas Fluoride, Mitos atau Fakta?

Merawat Kesehatan Mulut Ibu Hamil dengan Makanan yang Tepat

Ternyata, Ini Pengaruh Makanan pada Kesehatan Mulut Ibu Hamil 01.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

American Dental Association (ADA) juga mengungkapkan cara merawat kesehatan mulut pada ibu hamil adalah menyikat gigi secara rutin dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride dan memakai dental floss, serta mengonsumsi makanan secara seimbang.

Ya, tentunya makanan dan minuman yang Moms konsumsi selama kehamilan berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk area mulut dan gigi. Batasi asupan makanan dan minuman yang manis karena gula berlebih dapat membuat plak gigi menumpuk. Hal tersebut dapat berdampak pada risiko gigi berlubang dan karang gigi.

Jadi, seberapa besar pengaruh makanan pada kesehatan mulut ibu hamil? Yuk, simak terus.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan Perawatan Gigi Ibu Hamil

Konsumsi Makanan Mengandung Kalsium

Ternyata, Ini Pengaruh Makanan pada Kesehatan Mulut Ibu Hamil 02.jpg

Foto: intermountainhealthcare.com

Cara untuk menjaga kesehatan gigi yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Pengaruh makanan untuk kesehatan mulut salah satunya dipengaruhi oleh zat ini.

Faktanya, kalsium sangat diperlukan selama masa kehamilan bahkan hingga nanti melahirkan dan menyusui. Kalsium juga diperlukan untuk perkembangan janin dalam kandungan, jadi pastikan Moms mendapatkan asupan tersebut secara cukup.

“Jika kadar kalsium tidak tercukupi, maka tubuh akan mengambil dari tulang maupun gigi. Hal ini yang membuat gigi dan tulang menjadi lebih mudah rapuh. Tingkatkan kadar kalsium dengan mengonsumsi keju, susu, yoghurt, susu kedelai, tingkatan jumlah vitamin D selama kehamilan,” ujar drg. Annisa yang praktik di RSIA Cinta Kasih, Ciputat ini.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium, pastikan cairan tubuh Moms selalu cukup setiap harinya. Faktanya, kondisi dehidrasi dapat berpengaruh pada kesehatan mulut. Dehidrasi meningkatkan risiko Moms mengalami bau mulut yang tidak sedap dan tentunya jadi tidak nyaman saat menjalani aktivitas.

Itulah pengaruh makanan pada kesehatan mulut selama hamil dan pengaruhnya. Nyatanya, setiap makanan dan minuman yang Moms santap saat hamil berpengaruh juga pada kesehatan janin. Jadi, pastikan Moms mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan selalu rutin kontrol kesehatan kandungan agar terhindar dari masalah pada janin.

Baca Juga: Benarkah Ibu Hamil Makanan Empuk Bagi Nyamuk?

(DG)

Artikel Terkait