KESEHATAN
30 Mei 2019

Ternyata Segini Takaran Gula yang Bisa Dikonsumsi per Hari

Gula tak bermasalah bagi tubuh jika tahu takarannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky

Apapun yang berlebihan rasanya memang tidak baik ya Moms. Begitu pun dengan takaran gula.

Memang, makanan yang mengandung gula biasanya disenangi banyak orang. Namun, makanan yang terlalu banyak mengandung gula biasanya akan menimbulkan masalah kesehatan, yakni sakit gigi.

Tapi, tak hanya itu saja, makan terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit hati.

Sebenarnya, gula tak akan bermasalah di dalam tubuh jika kita mengetahui batasannya. Lalu, berapa takaran gula yang bisa dikonsumsi per harinya?

Baca Juga: 5 Manfaat Baik Gula Untuk Tubuh, Wajib Tahu Nih!

Gula Alami vs Gula Tambahan

gula untuk tubuh

Sebelumnya, Moms harus mengetahui dulu perbedaan gula alami dan gula tambahan.

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara gula tambahan dan gula yang terjadi secara alami pada makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Gula alami adalah sayuran dan buahan yang mengandung air, serat, dan berbagai zat gizi mikro.

Gula yang terbentuk secara alami tak memberikan dampak buruk bagi tubuh, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk gula tambahan.

Gula tambahan adalah bahan utama dalam permen dan bahan yang berlimpah dalam makanan olahan, seperti minuman ringan dan produk yang dipanggang.

Gula tambahan yang paling umum adalah gula pasir biasa (sukrosa) dan sirup jagung fruktosa tinggi.

Jika kita ingin menurunkan berat badan dan mengoptimalkan kesehatan, kita harus menghindari makanan yang mengandung gula tambahan.

Baca Juga: 5 Pengganti Gula Untuk MPASI Bayi yang Aman dan Tetap Enak

Takaran Gula Harian

gula untuk tubuh

Setelahnya, ini adalah takaran gula tambahan per harinya yang baik untuk dikonsumsi.

Setiap orang berbeda takaran gulanya. Ini dilihat dari umur, jenis kelamin, bahkan riwayat penyakitnya.

Berikut ini takaran gula harian yang direkomendasikan oleh American Heart Association (AHA).

Laki-Laki

Menurut pedoman AHA, sebagian besar pria sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 150 kalori gula per hari. Ini setara dengan 38 gr atau 9 sendok teh (tsp) gula.

Perempuan

Wanita harus menggunakan tidak lebih dari 100 kalori bebas pada gula per hari. Ini sekitar 25 gr atau 6 sendok teh gula.

Anak-Anak

Anak-anak antara usia 2 dan 18 tahun harus mengonsumsi tidak lebih dari 25 gr atau 6 sdt gula tambahan setiap hari.

Baca Juga: Hati-Hati! 6 Penyakit Karena Konsumsi Gula Pada Minuman Setiap Hari

Penderita Diabetes

Seseorang dengan diabetes harus secara teratur memeriksa kadar glukosa darahnya untuk memastikan bahwa ia berada dalam kisaran yang aman. Kisaran ini akan sedikit berbeda dari orang ke orang.

Penderita Obesitas

Seseorang yang obesitas disarankan tidak mengonsumsi gula setiap hari. Setidaknya sekali seminggu dan maksimalnya dua kali seminggu.

Namun, akan jauh lebih baik dan lebih sehat jika seseorang dengan obesitas tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

Yuk, sekarang dicermati takaran gula harian kita Moms.

(SA/IRN)

Artikel Terkait