KESEHATAN
12 Juni 2019

Tetap Segar dan Aman Dikonsumsi, Ini Tips Menyimpan Telur yang Disarankan

Pahami cara menyimpan telur agar tetap segar dan aman dikonsumsi
placeholder

Sumber: wikimedia.org

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina

Meskipun dilindungi cangkang yang keras, telur ternyata juga bisa kedaluwarsa dan membusuk. Karenanya, ketahui tips menyimpan telur agar tetap segar dan berapa lama telur bisa disimpan.

Mengutip dari Eat by Date, telur yang masih segar akan bertahan setidaknya 66 hari dari tanggal mereka ditempatkan dalam kardus. Selain itu, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga kesegaran telur.

Ada berbagai faktor yang harus diperiksa agar bisa menjawab pertanyaan tentang berapa lama telur bertahan, atau umur simpan telur dengan tepat.

Baca Juga: Bolehkah Anak Makan Telur Setengah Matang?

Berapa Lama Telur Dapat Disimpan

tips menyimpan

Berikut ini jangka waktu telur dapat disimpan dalam lemari es:

  • Telur segar baik disimpan di kulkas selama: 3-4 Minggu
  • Putih telur baik disimpan di kulkas selama: 2-4 Hari
  • Kuning telur baik disimpan di kulkas selama: 1-2 hari

Umur simpan telur sangat berkurang jika telur tidak disimpan dalam lemari es, dan bisa membuatnya tidak aman untuk dimakan.

Telur, seperti produk susu lainnya, biasanya memiliki tanggal kedaluwarsa. Moms dapat mengonsumsi telur dengan aman sebelum memasuki tanggal kedaluwarsa tersebut.

Selain itu, salah satu tips menyimpan telur lainnya adalah menjaga teknik kebersihan dan keamanan pangan yang tepat akan membantu mencegah penyakit bawaan makanan.

Baca Juga: Kenali Tanda Gagal Pembuahan pada Sel Telur

Cara Mengetahui Telur Busuk

6 telur

Untuk mengetahui apakah telur tersebut sudah memburuk, lihat putih telur. Telur segar memiliki warna putih yang keruh, dan seiring bertambahnya usia, warna putih telur menjadi lebih jernih. Pada kondisi ini, telur masih segar.

Jika putih telur memiliki warna merah muda atau berwarna lain dan juga memiliki sedikit bau busuk, maka telur tersebut sudah membusuk.

Ada risiko kesehatan tertentu yang terkait dengan mengonsumsi telur busuk, termasuk adanya bakteri Salmonella dan E-Coli yang sangat berbahaya.

Baca Juga: Inspirasi Menu: Martabak Telur Kulit Lumpia

Cara Menyimpan Telur Agar Awet

menyimpan telur-1.jpg

Penyimpanan telur yang tepat adalah kunci untuk memperpanjang umur simpannya. Tips menyimpan telur paling mudah adalah meletakkan telur di wadah aslinya lalu meletakkan di dalam kulkas agar tetap segar.

Membekukan telur tidak disarankan karena setelah membeku dan mencair, telur akan berubah menjadi pasta yang tebal dan kasar.

Jadi, bila Moms ingin membekukan telur untuk memperpanjang umur simpannya, yang terbaik adalah memecah telur dan campur dengan 1/2 sendok teh garam sebelum dibekukan, lalu masukkan dalam wadah.

(AP)

Artikel Terkait