3-5 TAHUN
23 Mei 2019

Thalia Masuk Sekolah Baru di Singapura, Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Orang Tua sebelum Anak Masuk Sekolah Baru

Penting membuat Si Kecil merasa nyaman

Sumber: Instagram.com/sarwendah29

Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pasangan selebritas Ruben Onsu dan Sarwendah sedang bersiap-siap menyambut kelahiran anak kedua mereka. Sarwendah direncanakan akan melahirkan pada bulan Juni 2019 dengan persalinan caesar di Singapura.

Tak hanya untuk Sarwendah, Ruben Onsu juga tidak lupa dengan Thalia. Rencananya, Thalia akan mengikuti pendidikan singkat selama berada di Singapura.

Keputusan ini diambil mengingat proses persalinan dan pemulihan Sarwendah yang mungkin akan membutuhkan waktu cukup lama. Ruben dan Sarwendah tidak ingin waktu belajarnya terbuang karena menemani sang ibu melahirkan.

sarwendah melahirkan di singapura.jpg

"Kebetulan tempat tinggal di sana deket sama sekolah anak-anak yang cuma dua bulan gitu. Wenda maunya walaupun liburan tetap sekolah ya setiap hari mau kemana sih dua bulan," ujar Ruben Onsu dikutip dari Grid.ID.

Ruben menceritakan bahwa sekolah singkatnya tersebut memiliki ragam aktivitas, di antaranya menggambar dan menari balet.

Masuk sekolah baru biasanya menjadi hal yang tersulit yang dialami oleh Si Kecil. Dengan pindah sekolah, ini berarti anak akan menjalin pertemanan baru, mengenal guru baru, menetap di sekolah baru, dan segalanya merupakan sistem baru.

Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu anak mempersiapkan dirinya pergi ke sekolah baru. Berikut ini tipsnya, dikutip dari The Spruce.

Baca Juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sepatu Sekolah

1. Kunjungi Sekolah Baru Terlebih Dahulu

anak pergi ke sekolah baru-2.jpg

Jika memungkinkan, sebelum anak masuk sekolah baru, ikuti tur sekolah dengan anak. Biasanya, administrator sekolah akan mengajak Moms melakukan ini dan memberikan kesempatan bagi Moms dan Si Kecil untuk bertanya.

Administrator sekolah juga bisa mengajak anak mengunjungi kelas yang akan ditempati, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk bertemu teman sekelasnya. Dorong mereka untuk melakukannya jika sekolah mengizinkannya.

2. Pergi ke Sekolah Bersama Anak di Hari Pertama

Jika memungkinkan, temani anak pada hari pertama mereka masuk sekolah baru. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk bertemu dengan guru dan dapat menambah perasaan aman.

Beri tahu guru tentang masalah apa pun terkait pendidikan di sekolah Si Kecil.

Baca Juga: Anak Tidak Mau Sekolah Karena Takut Dengan Guru?

3. Kemas Makan Siang Khusus

anak pergi ke sekolah baru-3.jpg

Buat makanan siang spesial agar bisa dibawa saat Si Kecil masuk sekolah baru. Cobalah untuk tidak membuat mereka merasa rindu rumah, tetapi lebih disemangati.

Moms bisa memberikan menu makan siang favoritnya, dan buat semenarik mungkin. Hal ini mungkin bisa membuat Si Kecil lebih antusias menjalani hari-hari di sekolah barunya.

4. Berbicara Pada Anak

Beberapa minggu pertama saat anak masuk sekolah baru dapat menjadi tantangan. Moms mungkin menemukan bahwa anak bisa bereaksi berbeda dari yang diduga.

Pastikan Moms meluangkan waktu untuk berbicara tentang pengalaman Si Kecil dan saat mereka menyesuaikan diri dengan sekolah baru.

Perhatikan juga tanda-tanda jika Si Kecil mungkin tidak atau belum bisa menyesuaikan diri. Sempatkan juga waktu untuk berbicara dengan guru jika perlu.

Baca Juga: Anak Moms Masuk Sekolah untuk Pertama Kali? Perhatikan 5 Hal Berikut

5. Dorong Keterlibatan Mereka

anak pergi ke sekolah baru-1.jpg

Bantu anak menemukan klub dan kegiatan yang ingin mereka hadiri baik melalui sekolah, atau komunitas. Pilih kegiatan yang diminati Si Kecil saat masuk sekolah baru. Dengan begitu, dia tidak akan merasa terasing dengan lingkungan baru.

Ingat, butuh waktu bagi anak untuk menyesuaikan diri ke lingkungan baru, baik itu di rumah, sekolah, dan teman baru. Beri Si Kecil kesempatan untuk merasa nyaman di lingkungan baru mereka. Selamat mencoba!

Artikel Terkait