KEHAMILAN
30 Desember 2019

Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan, Inilah Posisi Seks yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Agar tidak membahayakan calon buah hati, ibu harus tahu posisi seks yang harus dihindari.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Berhubungan intim atau seks merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan oleh pasangan suami istri. Selain sebagai cara untuk memiliki keturunan, seks juga bisa menambah romantisme, menciptakan rasa bahagia, dan memperat hubungan sebuah pasangan.

Namun, bagaimana jika Moms sedang hamil? Apakah hubungan seks dan melakukan berbagai posisi seks saat hamil masih bisa dilakukan?

Baca Juga: Hamil Muda Boleh Berhubungan Seks?

Berbagai macam pertanyaan semacam ini tentu saja ada di benak Moms dan Dads. Jangan khawatir, hubungan seks masih bisa dilakukan saat sedang hamil.

Hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk mengetahui apakah kondisi kehamilan dalam keadaan sehat.

“Jika dokter memberikan lampu hijau untuk berhubungan seks selama kehamilan, lakukanlah. Dalam kehamilan normal, tidak ada alasan untuk menahan diri dari hubungan seks selama Anda menginginkannya, nyaman, dan aman," ujar Dr. Lauran Streicher, seorang dokter kandungan asal Chicago, Amerika Serikat.

Namun perlu diingat, selain ada posisi seks saat hamil yang boleh dilakukan, ada juga beberapa posisi seks yang tidak boleh dilakukan. Contohnya di bawah ini!

Posisi Telentang

pregnant-woman-with-her-husband-park_1303-10087.jpg

Foto: Freepik.com

Posisi seks saat hamil yang harus dihindari saat hamil adalah telentang. Menurut Consumer Health Digest, tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk berbaring telentang selama hubungan seks. Hal ini disebabkan karena berat uterus dapat menekan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke janin.

Tidak hanya itu, posisi seks saat hamil ini juga bisa mengganggu pernapasan sehingga membuat Moms sesak dan mengurangi asupan nutrisi ke janin.

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Gairah Seksual yang Wajib Dicoba

Posisi Telungkup

charming-man-kisses-tender-pregnant-belly-his-lady-white-shirt_8353-1091.jpg

Foto: Freepik.com

Posisi seks saat hamil yang harus dihindari saat hamil berikutnya adalah posisi telungkup atau tengkurap. Posisi apapun yang bisa menekan perut dan kandungan bisa sangat berbahaya.

Apalagi jika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga atau terakhir. Perut Moms pasti semakin besar. Oleh karena itu, pastikan Moms menghindari posisi ini dan mencari posisi seks saat hamil yang lebih aman dan nyaman.

Posisi Berdiri

happy-couple-expacting-baby_1303-10638.jpg

Foto: Freepik.com

Posisi seks saat hamil yang satu ini sebaiknya dihindari di trimester pertama. Posisi ini mengharuskan Moms dan Dads berdiri saling berhadapan dan seringkali Dads menggendong Moms kemudian melilitkan lengan dan kaki ke punggung Dads. Ini adalah posisi seks saat hamil yang harus dihindari karena dapat menekan perut.

Baca Juga: Apa yang Dirasakan Janin Saat Moms Berhubungan Seks Saat Hamil?

Tidak hanya itu, sebaiknya jangan melakukan penetrasi terlalu dalam saat usia kehamilan berada di trimester kedua, karena dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya pendarahan dari dalam rahim.

MA/KM

Artikel Terkait