KESEHATAN
10 Januari 2020

5 Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol, Ampuh!

Dapur menyimpan bumbu-bumbu alami yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dita Indrihapsari
Disunting oleh Orami

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh. Kolesterol berfungsi untuk membangun sel baru, menghasilkan hormon, serta menghasilkan asam empedu untuk mencerna lemak. Namun, di balik manfaatnya tersebut, kolesterol juga dapat merugikan jika kandungannya di dalam tubuh berlebihan.

Angka kolesterol yang melebihi batas normal mesti jadi lampu kuning bagi Dads untuk lebih memerhatikan gaya hidup, terutama dalam memilih makanan sehat. Jika tidak diperhatikan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol

Nah, siapa sangka, bahan dapur yang mudah didapat dan selama ini diolah menjadi makanan lezat bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

“Kunyit, cabai rawit merah, thyme, dan jahe, semuanya dianggap dapat menstabilkan lemak dalam membran sel yang mengarah ke trigliserida yang lebih rendah, yang juga berperan dalam kadar kolesterol,” ungkap Sharon Zarabi, RD, seorang ahli gizi sekaligus konselor pribadi di Lenox Hill Hospital, New York.

Simak, yuk, beberapa bahan dapur yang dapat dijadikan obat kolesterol alami!

Baca Juga: Ragam Khasiat 4 Bumbu Dapur

1. Bawang Putih

Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol - Bawang Putih.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bahan dapur untuk obat kolesterol yang pertama adalah bawang putih. Makan bawang putih mentah diketahui dapat membantu mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Bawang putih juga dapat membantu mengurangi timbunan plak pada arteri sehingga mencegah resiko penyakit jantung.

Menurut penelitian yang dilakukan Department of Nutrition, The Pennsylvania State University, suplemen ekstrak bawang putih bisa menurunkan kolesterol total dalam darah sebanyak 7 persen dan kolesterol LDL sebanyak 10 persen.

Cobalah untuk selalu rutin mengkonsumsinya setiap hari, baik mentah maupun di dalam masakan.

2. Jahe

Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol - Jahe.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bahan dapur untuk obat kolesterol yang selanjutnya adalah jahe. Pada sebuah studi selama 45 hari terhadap 85 orang dengan kolesterol tinggi, 3 gram bubuk jahe menyebabkan penurunan yang signifikan pada sebagian besar penanda kolesterol.

Tak hanya itu, penelitian pun juga dilakukan pada tikus hipotiroid. Hasilnya, ekstrak jahe mampu menurunkan kolesterol LDL hingga tingkat yang sama dengan obat penurun kolesterol .

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

3. Ketumbar

Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol - Ketumbar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bahan dapur untuk obat kolesterol yang selanjutnya adalah ketumbar. Di dalam biji ketumbar juga terkandung beberapa jenis asam yang efektif membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah.

Air ketumbar juga dapat kita minum untuk membantu menurunkan kolesterol jahat.

4. Kunyit

Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol - Kunyit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bahan dapur untuk obat kolesterol yang selanjutnya adalah kunyit. Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Kurkumin memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan. Sifat tersebut dapat melindungi organ kardiovaskular, seperti jantung dan pembuluh darah. Anti inflamasi juga bisa mencegah penggumpalan darah yang merupakan salah satu penyebab stroke.

Patricia Bannan, ahli gizi dan penulis Eat Right When Time Is Right, merekomendasikan agar mengganti garam dengan rempah, seperti kunyit untuk penurunan berat badan, melawan peradangan, serta menurunkan gula darah dan kolesterol.

5. Daun Salam

Bahan Dapur untuk Obat Kolesterol - Daun Salam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bahan dapur untuk obat kolesterol yang selanjutnya adalah daun salam. Daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masakan, juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya untuk menurunkan kolesterol jahat, daun salam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

Baca Juga: 4 Cara Nyaman Santap Hidangan Bersantan Tanpa Takut Kolesterol Tinggi

Bagaimana Moms dan Dads, tidak sulit, kan, mendapatkan obat kolesterol dari bahan dapur? Selain menjadi bumbu masakan, Moms dan Dads juga bisa memakannya langsung, seperti bawang putih atau membuat air rebusannya untuk daun salam.

Selain bumbu dapur, makanan berserat dan buah-buahan juga baik untuk kolesterol. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!

(DI/ERN)

Artikel Terkait