KESEHATAN
30 Oktober 2019

Tidak Disangka, Ini 6 Makanan dan Minuman yang Baik untuk Kesehatan Gigi

Permen karet juga lho, tapi yang bebas gula ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menyikat gigi dan membersihkan gigi secara teratur membantu menjaga kesehatan gigi. Namun, tahukah Moms ada makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi? Moms mungkin tidak tahu ya.

George Shepley, DDS, dokter gigi di Baltimore dan juru bicara Academy of General Dentistry menyebutkan variasi konsumsi makanan adalah kunci kesehatan gigi. Misalnya, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, dan protein.

"Membatasi atau menghilangkan salah satunya ini dapat menyebabkan kekurangan vitamin atau mineral, yang dapat mempengaruhi kesehatan mulut," kata Shepley.

Nah, apa saja sih makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi? Yuk simak.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

1. Air Mineral

water - bbcgoodfood.com.jpg

Foto: Bbcgoodfood.com

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi yang pertama adalah air mineral.

Air liur terdiri dari 99,5 persen air. Tingkat optimal air dalam air liur sangat penting untuk mengencerkan asam yang dihasilkan dari bakteri yang mengubah gula menjadi asam, dan membantu menguatkan gigi.

"Sangat baik untuk minum air setelah makan makanan manis karena itu membantu membilas partikel makanan dari gigi," kata Shepley.

2. Susu

milk- downtoearth.org.in.jpg

Foto: Downtoearth.org.in

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi yang selanjutnya adalah susu.

Dalam penelitian Journal of American Dental Association disebutkan bahwa minum segelas susu setelah konsumsi makanan manis dapat menurunkan kadar asam dalam mulut lebih banyak daripada air minum atau jus apel.

Minum segelas susu setelah makan makanan penutup yang manis, seperti kue coklat, juga dapat melindungi gigi.

"Susu menetralkan beberapa asam yang dihasilkan oleh bakteri plak," kata Christine D. Wu, peneliti kedokteran gigi di University of Illinois, Chicago.

Selain itu, susu mengandung kalsium, protein, dan vitamin D, yang membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik.

"Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sindrom mulut terbakar, suatu kondisi menyakitkan di mana seseorang merasakan sensasi panas di lidah, bibir, langit-langit, atau di seluruh mulut," kata Shepley.

3. Keju

keju - time.com.jpg

Foto: Time.com

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi yang selanjutnya adalah keju.

Keju adalah pilihan yang baik untuk gigi sehat karena kaya akan kalsium dan protein, dan itu mengurangi keasaman. Protein adalah unsur penting untuk pertumbuhan dan kalsium penting untuk gigi yang kuat.

"Olahan susu lainnya seperti yogurt juga pilihan yang baik, karena memiliki probiotik yang memasok bakteri sehat,” jelas Shepley.

Penelitian General Dentistry juga melaporkan bahwa pada anak usia 12 hingga 15 tahun yang mengonsumsi keju cheddar memiliki kadar asam yang lebih rendah daripada mereka yang makan yogurt bebas gula atau minum segelas susu.

”Keju dapat menetralkan asam plak,” kata Wu.

Baca Juga: Yuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Cara Mudah Ini

4. Sayuran dan Buah yang Renyah

sayuran buah renyah - pixabay.com.jpg

Foto: Pixabay.com

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi yang selanjutnya adalah sayuran dan buah yang renyah.

Sayuran yang renyah seperti ayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya menawarkan dosis nutrisi yang sehat untuk gigi dan gusi.

Bayam kaya akan vitamin A dan vitamin B2 dan B12. Selain itu, mengunyah apel, wortel, dan mentimun juga dapat berfungsi sebagai mekanisme pembersihan plak gigi.

”Makan apel renyah, wortel, atau seledri untuk meningkatkan produksi air liur, yang mengencerkan asam dan membantu menghilangkan kotoran dari gigi,” saran Shepley.

5. Teh Hijau/Teh Hitam

green-tea-pouring-cup - health.harvard.edu.jpg

Foto: Health.harvard.edu

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi yang selanjutnya adalah teh hijau atau hitam. Teh hijau maupun hitam dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di mulut.

Hal tersebut karena adanya senyawa yang disebut polifenol.

Para peneliti di Universitas Illinois, Chicago menemukan bahwa orang yang berkumur dengan teh hitam selama satu menit, sebanyak 10 kali sehari, memiliki lebih sedikit penumpukan plak pada gigi daripada orang yang membilas mulut dengan air.

"Polifenol menekan gen bakteri yang mengontrol produksi senyawa bau di mulut," kata Wu.

6. Permen Karet Bebas Gula

Chewing-Gum- scienceabc.com.jpg

Foto: Scienceabc.com

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi yang selanjutnya adalah permen karet bebas gula.

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan sekresi air liur dan membersihkan beberapa bakteri. Pastikan permen karet yang dikonsumsi bebas gula.

Hindari mengunyah dalam waktu lama untuk mencegah sakit pada rahang.

"Mengunyah permen karet tanpa gula sangat berguna untuk merangsang air liur dan membersihkan gigi," kata Shepley.

Baca Juga: 7 Makanan Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi. Yuks Moms sedia makanan dan minuman tersebut di rumah. Semoga bermanfaat.

(SWN)

Artikel Terkait