KESEHATAN
18 Desember 2019

5 Manfaat Seks untuk Kesehatan, Tidak Disangka!

Seks ternyata bisa meningkatkan imun tubuh lho
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tak hanya menyenangkan, seks juga punya banyak manfaat untuk Moms and Dads, terutama dalam kaitannya dengan kesehatan.

Bukan sekadar memangkas tingkat stres, lebih dari itu, seks bahkan bisa menurunkan risiko kanker dan serangan jantung. Hanya itu saja? Tentu tidak! Masih banyak lagi manfaat seks untuk kesehatan yang lain.

Manfaat Seks untuk Kesehatan

Disadari atau tidak, berhubungan seks dapat mempererat ikatan dan perasaan Moms dan Dads secara lebih intim. Koneksi semacam ini yang akhirnya membuat masing-masing merasa hangat, sehingga dapat mengurangi kecemasan. Itu kenapa manfaat seks untuk kesehatan sangat besar.

Penasaran apa saja manfaat seks untuk kesehatan? Berikut ini lima di antara begitu banyak manfaat tersebut.

Baca Juga: Ternyata Sunat Bermanfaat untuk Hubungan Seks

1. Mengurangi Frekuensi Serangan Flu dan Meningkatkan Imun Tubuh

5 Manfaat Kesehatan dari Berhubungan Seks 1.jpg

Foto: Kaboompics.com

Manfaat seks untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatkan imun. Semakin tinggi intensitas seks, akan berbanding terbalik dengan penyakit yang menyerang.

Sebuah penelitian membandingkan orang yang aktif secara seksiual dengan mereka yang tidak, dan hasilnya, mereka yang aktif itu lebih jarang terserang penyakit ringan pada umumnya.

Karena seks dapat meningkatkan kemampuan tubuh membentuk antibodi yang melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan kuman lainnya yang menyebabkan penyakit.

Namun perlu diingat bahwa masih banyak hal lain yang lebih mujarab untuk meningkatkan sistem imun, dibanding dengan seringnya Moms and Dads melakukan hubungan seks.

Tentu saja Moms dan Dads masih harus makan dengan menu yang benar, rajib berolahraga, menjaga jam istirahat, dan didukung juga dengan kelengkapan vaksin. Semua hal itu berkontribusi besar juga untuk membentuk pertahanan yang kuat terhadap penyakit menular.

2. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih

5 Manfaat Kesehatan dari Berhubungan Seks 2.jpg

Foto: Tofros.com

Manfaat seks untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan kontrol kandung kemih. Inkontinensia urin memengaruhi sekitar 30 persen perempuan dalam beberapa hal di hidupnya. Inkontinensia urin sendiri adalah kondisi di mana perempuan tak dapat menahan buang air kecil, sehingga urin keluar tiba-tiba.

Dengan orgasme teratur, otot panggul jadi lebih kuat. Dengan begitu, risiko kebocoran urin pun bisa berkurang.

Baca Juga: Senam Kegel Bagi Suami Istri dan Manfaatnya Saat Hubungan Seks

3. Menormalkan Tekanan Darah

5 Manfaat Kesehatan dari Berhubungan Seks 3.jpg

Foto: Pixabay

Jika Moms atau Dads adalah salah satu dari jutaan orang yang menderita tekanan darah tinggi, salah satu manfaat seks untuk kesehatan juga menurunkan tekanan darah.

Menurut onhealth.com, beberapa penelitian telah mendokumentasikan hubungan antara seks secara spesifik, dengan tekanan darah sistolik atau angka pertama yang mincul pada tes tekanan darah, yang lebih rendah.

Seks jadi satu tambahan bagi mereka yang sedang menjalani gaya hidup sehat seperti diet dan olahraga. Namun perlu diketahui bahwa hubungan seks tidak bisa menjadi pengganti obat-obatan penurun tekanan darah.

Jika darah tinggi sudah benar-benar mengganggu dan tak bisa diatasi sendiri, Moms and Dads tetap harus konsultasi pada dokter.

4. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

5 Manfaat Kesehatan dari Berhubungan Seks 4.jpg

Foto: freestocks.org

Manfaat seks untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menurunkan risiko serangan jantung. Melakukan hubungan seks lebih sering, dapat membuat jantung lebih sehat. Aktivitas seksual membantu menjaga kadar hormon, seperti estrogen dan testosterom agar tetap terkendali.

Perlu Moms and Dads ketahui, jika hormon-hormon ini tidak seimbang, penyakit jantung dan bahkan osteoporosis dapat dengan mudah menyerang.

Dalam sebuah penelitian pada pria, diungkapkan bahwa mereka yang melakukan hubungan seks setidaknya dua kali seminggu, punya kemungkinan 50 persen lebih rendah bakal meninggal karena penyakit jantung.

Sementara pria-pria lainnya yang kurang aktif secara seksual, dapat mengalami serangan jantung dengan risiko meninggal dunia.

Penelitian yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menemukan bahwa perempuan yang aktif melakukan hubungan seks punya risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Baca Juga: 4 Olahraga Ini Ternyata Bermanfaat untuk Meningkatkan Performa Seks, Wajib Coba!

5. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

5 Manfaat Kesehatan dari Berhubungan Seks 5.jpg

Foto: Pexels.com/Nathan Cowley

Bagi para pria, manfaat seks untuk kesehatan juga sangat besar. Suatu penelitian juga mengungkap bahwa pria yang sering mengalami ejakulasi, setidaknya 21 kali atau lebih dalam sebulan, punya lebih kecil kemungkinan menderita kanker prostat, dibanding mereka yang lebih sedikit frekuensi ejakulasinya.

Ejakulasi dalam hal ini tak hanya yang terjadi dalam hubungan seks saja, tapi juga termasuk dalam masturbasi dan mimpi basah.

Namun juga perlu diingat bahwa kanker prostat tak hanya bisa dihindari dengan frekuensi ejakulasi saja. Ada banyak risiko dari hal-hal lain yang juga perlu diwaspadai.

Nah, itulah lima poin manfaat seks untuk kesehatan yang bisa Moms and Dads dapatkan. So, jangan lagi memandang seks sebagai kesenangan semata, tapi harus tahu juga kalau hal ini baik untuk kesehatan.

(DEW)

Artikel Terkait