JALAN-JALAN
12 Juli 2019

Tidak Hanya Bersenang-senang, Ini 5 Manfaat Liburan Bagi Anak

Liburan adalah saatnya anak mengeksplorasi banyak hal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh andia.ratna
Disunting oleh Dina

Libur panjang bagi anak-anak telah tiba. Tidak hanya libur akhir tahun ajaran sekolah, tetapi juga bersambung dengan libur Lebaran tahun ini. Liburan bagi anak bisa jadi satu hal yang ditunggu-tunggu. Anak-anak selalu suka bermain dan mencoba hal yang baru. Itulah mengapa, liburan sudah menjadi kebutuhan hampir setiap keluarga saat ini. Selain untuk bersenang-senang, sebenarnya apa saja manfaat liburan bagi anak? Berikut alasan mengapa Moms perlu mengajak si kecil berlibur.

1. Menghilangkan Stres

stressed-woman-sitting-alone.jpg

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa stres, lho Moms dengan segala rutinitas mereka. Apalagi jika mereka harus mengikuti les tambahan setiap harinya. Menurut Charlotte Gerber, Bachelor of Science dari Empire State Collage, New York, Amerika Serikat, manfaat liburan untuk anak salah satunya adalah menurunkan stress, dengan beberapa hal ini:

  • Udara segar dan sinar matahari baik untuk kesehatan. Udara segar ini bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah, dan mengubahnya menjadi energi. Sedangkan cahaya matahari bisa membantu kita melawan depresi.
  • Bermain dan relaksasi adalah cara terbaik untuk menurunkan stres. Apalagi jika si kecil mencoba permainan yang sedikit memacu adrenalin, seperti naik roller coaster atau flying fox.
  • Freedom! Ini penting untuk anak-anak. Setelah berbulan-bulan mereka hidup dengan jadwal teratur (bangun tidur, sekolah, kursus, dll), liburan anak adalah saat mereka bisa lepas jadi jadwal sejenak.

Baca Juga: 6 Museum Seru di Dunia Ini Cocok Untuk Destinasi Liburan Anak

2. Sarana Belajar yang Seru Bagi Anak

Saat liburan keluarga, anak tidak hanya diberi kesenangan bermain saja, tapi Moms harus pintar memilih objek wisata yang juga sebagai sarana edukasi untuk anak. Ajaklah anak pergi ke beberapa museum, belajar bercocok tanam di tempat agrowisata, atau belajar mengenal budaya di beberapa objek wisata budaya. Belajar sambil liburan pasti seru! Childres First Foundation USA percaya bahwa manfaat liburan bagi anak adalah meningkatkan standar hidup sebuah keluarga. Pengalaman selama liburan akan membuat anak kaya akan pengalaman mengenai budaya, seni, music, dan kehidupan sosial masyarakat lain.

3. Membangun Rasa Cinta Dengan Keluarga

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah 03.jpg

Apakah Moms dan pasangan sehari-hari sangat jarang menghabiskan waktu dengan anak? Nah! Liburan adalah media yang penting untuk menumbuhkan rasa cinta keluarga. Jauhkan ponsel Moms, dan berikan perhatian ekstra kepada si kecil, agar mereka merasa diperhatikan dan masih ada kasih sayang yang tercurah untuk mereka.

Baca Juga: 5 Tempat Liburan Romantis di Indonesia Untuk Bulan Madu Kedua

4. Melatih Anak Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial Lain

Pergi ke tempat liburan, pasti banyak menjumpai banyak orang. Mulai dari pramugari di pesawat, local guide, dan penduduk lokal. Jangan biarkan anak asik sendiri bermain dengan sesama anggota keluarga, biarkan mereka berbaur dengan anak-anak asli penduduk lokal. Selain menambah teman baru, ini sebagai ajang latihan untuk ‘memoles’ kecakapan berinteraksi dengan orang lain, juga anak akan lebih percaya diri.

5. Membuat Kenangan yang Tidak Terlupakan

Permainan Balita di Pantai

Usia anak-anak memang harusnya diisi dengan semua hal yang menyenangkan. Liburan bisa menjadi salah satu ‘komposisi’ kenangan masa kecil. Jangan menuntut anak Moms untuk terus belajar dan mendapatkan nilai yang bagus. Jika memungkinkan, rencanakanlah liburan dengan jadwal yang rutin, kenangan saat liburan akan banyak cerita yang mereka rekam dalam memori kecil mereka, energi positif pun akan mereka rasakan setelah liburan usai.

Baca Juga: 5 Tips Agar Liburan Ke Pantai Bersama Balita Tetap Aman dan Menyenangkan

Apakah Moms sudah mempersiapkan liburan bagi anak di tengah tahun ini? Yuk, nikmati manfaat liburan bagi anak saat membuat jadwal perjalanannya. Pasti si kecil lebih bersemangat!

<LMF/ARK>

Artikel Terkait