KESEHATAN
25 September 2019

Tidak Hanya Enak, Ini Dia 5 Makanan yang Mampu Mengurangi Stres

Ternyata, ada beberapa makanan yang memiliki efek mengendurkan saraf!
Artikel ditulis oleh Heni
Disunting oleh Heni

Kerja keras di lingkungan yang penuh tekanan, dan terjebak dalam kemacetan di jalanan padat sering membuat saraf tegang. Kondisi ini meningkatkan kadar hormon stres, kortisol. Bahkan, saat malam hari, dan kondisi agak lebih tenang, hormon kortisol tetap banyak diproduksi. Ini karena kita sering gagal mengelola stres secara efektif dan kembali ke keadaan tenang.

Saat hormon kortisol tinggi, nafsu mengudap juga naik. Membuat Anda berlari ke kulkas untuk mengambil es krim atau sekotak cokelat guna lebih menenangkan suasana hati.

Kortisol yang sama juga dapat mendorong enzim dalam sel lemak untuk mengubah kortison menjadi lebih banyak kortisol. Sel-sel lemak di perut memiliki lebih banyak reseptor kortisol daripada sel-sel lemak biasa, yang berarti lemak perut mengandung lebih banyak kortisol. Pada gilirannya tingkat kortisol yang tinggi meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Bicara soal makan, ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Yang dibicarakan di sini adalah makanan yang memiliki kemampuan untuk menenangkan karena kandungan nutrisinya. Bukan makanan berkalori seperti es krim yang hanya berfungsi menenangkan pikiran.

Masukkan makanan ini sebanyak mungkin dalam diet Anda dan nikmati untuk mengurangi stres!

Baca juga: Cemilan Sehat Untuk Hadapi Stress

1. Asparagus

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 02 asparagus freepik com.jpg

Foto: freepik.com

"Asparagus kaya akan nutrisi anti-inflamasi," kata ahli gizi yang berbasis di San Diego, Laura Flores. "Asparagus menyediakan berbagai nutrisi antioksidan, termasuk vitamin C, beta-karoten, vitamin E, dan mineral seng, mangan, dan selenium. Dan yang terpenting, asparagus kaya akan folat!"

Sebuah penelitian terhadap 2.608 orang dewasa menemukan bahwa orang yang paling banyak mengonsumsi makanan tinggi folat memiliki risiko depresi lebih rendah daripada mereka yang kurang mengonsumsinya.

Baca juga: Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

2. Alpukat

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 03 alpukat freepik com.jpg

Foto: freepik.com

“Selain memiliki lebih banyak folat dibanding buah lain, alpukat juga mengandung lemak sehat dan antioksidan kuat seperti glutathione, lutein, beta-karoten, dan vitamin E, yang memerangi radikal bebas yang merusak sel,” kata Flores.

Sayangnya, mereka juga agak tinggi kalori, tetapi bahkan beberapa irisan tipis dalam salad atau dalam sandwich sudah dapat memenuhi kebutuhan Anda dan mengurangi stres.

3. Beri

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 04 berry freepik com.jpg

Foto: freepik.com

Buah beri adalah sumber vitamin C yang super dan memiliki sejarah panjang untuk mengurangi stres. Sebuah studi menyebutkan, 500 mg vitamin C dapat mengurangi kecemasan pada siswa sekolah menengah. Studi lain menemukan bahwa vitamin C efektif dalam mengurangi kecemasan pada diabetes tipe 2.

4. Teh Chamomile

Ini Dia, Makanan yang  Membantu Mengendurkan Saraf dan Pikiran Anda 05 chamomile freepik com.jpg

Foto: freepik.com

Teh herbal ini teruji dapat membantu mencapai rasa tenang. Studi yang dilakukan di University of Pensylvania tahun 2009 melibatkan 57 orang dewasa dengan tingkat stres dan depresi tertentu. Mereka diberikan ekstrak chamomile atau plasebo selama 8 minggu. Hasilnya, tingkat kecemasan terlihat menurun sesuai kadar chamomile yang dikonsumsi.

Anda dapat menikmati teh chamomile dengan menuangkan 8 ons air mendidih di atas 2 hingga 3 sendok makan chamomile kering. Lalu diamkan selama 10 menit. Teh chamomile juga enak disajikan dalam keadaan dingin.

Baca juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

5. Dark Chocolate

Ternyata, dark chocolate lebih dari sekadar makanan yang menenangkan. Dark chocolate juga dapat meningkatkan kadar serotonin serta mengurangi tekanan darah dan memberikan sejumlah besar antioksidan dalam bentuk flavonol dan polifenol. Alhasil, cokelat mampu mengurangi stres.

“Tapi pastikan, jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Berlebihan itu tidak baik,” kata Flores.

Nah, itulah aneka makanan yang mampu membantu mengurangi stres. Yang mana favorit Moms?

(HEN/DIN)

Artikel Terkait