BALITA DAN ANAK
22 April 2020

6 Sayuran Rebus untuk Balita, Enak!

Moms bisa menambahkan beberapa campuran agar anak lebih lahap
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Melihat tubuh anak memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu akan membuat kita bahagia melihatnya. Selain mengajak anak untuk berolahraga kecil, memerhatikan asupan makanan yang Si Kecil konsumsi setiap hari juga tidak kalah penting.

Moms harus banyak memberi anak makan sayuran karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang tubuhnya butuhkan.

Baca Juga: Berikan 9 Sayuran Terbaik Ini Pada Balita, Bernutrisi!

Namun menjadi PR yang sulit bagi kita para ibu untuk mengolah sayuran yang akan dikonsumsi oleh anak. Karena ada beberapa jenis sayuran yang akan lebih bergizi dan sehat jika Moms mengolahnya dengan cara merebus atau dikukus.

Bahkan dipercaya bahwa vitamin, mineral, serta nutrisi lainnya bisa terserap maksimal serta lebih bercita rasa jika sudah melewati perebusan sejenak.

Jenis Sayuran Rebus untuk Balita

Apa saja jenis sayuran yang cocok direbus untuk balita? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bayam

sayur rebus untuk balita

Foto: Orami Photo Stock

Dilandir dari The Health Site, bayam mengandung folat dan vitamin B esensial. Sayuran ini cocok dikukus untuk balita, karena daripada memakannya mentah, dengan mengukurnya akan membantu menjaga kadar folat tetap konstan.

Selain itu, bayam yang direbus akan layu dan mempermudah anak dalam mengonsumsi bayam nantinya.

2. Brokoli

sayur rebus untuk balita

Foto: Orami Photo Stock

Brokoli juga masuk dalam jenis sayuran yang cocok direbus, terlebih lagi jika dikonsumsi oleh balita. Rasanya akan lebih sehat dan empuk jika direbus, sehingga anak lebih mudah untuk menyerap kandungan nutrisinya.

Journal of Zhejiang University menyebutkan bahwa brokoli (Brassica oleracea var. Italica) mengandung kadar vitamin, antioksidan, dan senyawa antikarsinogen yang tinggi dan telah digambarkan sebagai sayuran dengan nilai gizi tinggi.

Agar anak lebih lahap makan brokoli, Moms bisa tambahkan mentega.

"Semuanya akan terasa lebih enak jika ditambah dengan mentega, terutama sayuran seperti brokoli, bayam, dan kacang hijau untuk mengurangi tingkat kepahitannya," kata Cassie Bjork, RD, dari Healthy Simple Life.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Bayi 8 Bulan dengan Brokoli

3. Buncis

sayur rebus untuk balita

Foto: Orami Photo Stock

Buncis juga merupakan sayuran yang cocok direbus, agar vitamin dan nutrisi penting di dalam sayuran ini tidak menguap begitu saja, selain itu juga akan lebih renyah saat dikunyah.

“Agar anak lebih semangat memakannya, kita bisa langsung mengajak anak memetik sendiri kacang tersebut dari ladangnya agar lebih segar dan sehat,” ujar Laura Cipullo, ahli gizi dan penulis blog dan buku The Body Clock Diet.

4. Kacang Edamame

sayur rebus untuk balita

Foto: Orami Photo Stock

“Jadilah teladan yang baik untuk anak dengan makan makanan yang sehat!” saran Michelle Dudash, penulis buku Clean Eating for Busy Families.

Mungkin anak tidak akan tertarik dengan makanan sehat kita. Namun Moms bisa menggantinya dengan merebus kacang edamame, alpukat atau sayuran lainnya. Kacang satu ini kaya akan nutrisi seperti protein, zat besi, dan kalsium untuk anak.

Baca Juga: Resep MPASI: Nasi Putih Daging Sapi Edamame Labu Siam Saus Tomat

5. Wortel

sayur rebus untuk balita

Foto: Orami Photo Stock

Semua ibu pasti tahu bahwa wortel merupakan sayuran yang cocok direbus untuk dimakan anak. Wortel sangat baik untuk kesehatan mata anak.

Dengan merebusnya terlebih dahulu, vitamin serta nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam wortel tentu dapat lebih maksimal untuk diserap di dalam tubuh anak-anak kita.

6. Kentang

sayur rebus untuk balita

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya ada kentang. Makanan satu ini juga sebaiknya direbus untuk Si Kecil, supaya vitamin dan nutrisi penting lainnya tidak hilang.

Menurut Cassie Bjork, Moms bisa merubah kentang ini jadi lebih menarik dengan membuat mashed potato.

Haluskan kentang yang sudah direbus, lalu jangan lupa tambahkan satu sendok makan mentega ke dalam makanan tersebut.

Itu dia Moms beberapa sayuran yang cocok direbus untuk dimakan balita kita. Dengan merebus sayuran-sayuran ini, vitamin dan nutrisi di dalamnya akan lebih terjaga. Selamat mencoba!

Artikel Terkait