Tidak Perlu Obat Tetes, Jernihkan Mata dengan 6 Cara Alami Ini

Coba terapkan di rumah ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Ungkapan ‘Mata adalah jendela jiwa’ sangatlah populer. Inilah salah satu alasan orang ingin mata mereka tetap jernih dan sehat.

Mata yang jernih menunjukkan kebahagiaan dan kesehatan yang baik, sedangkan mata yang merah atau tampak lelah dan kusam menunjukkan penyakit dan kelelahan.

Penggunaan obat tetes mata hanya akan dirasakan sebentar saja, tidak menjamin mata tetap terlihat jernih.

Untuk mendapatkan mata yang jernih dan bertahan lama, Moms dapat menerapkan perubahan gaya hidup sederhana dan mencoba beberapa perawatan rumah yang mudah lho! Mari kita simak cara alami membuat mata jernih!

Baca Juga: Singkirkan Mata Lelah dengan Ampas Kopi

1. Latihan Mata

Warna Mata Kembali Jernih Dengan 6 Cara Alami Ini -1.jpg

Moms dapat melakukan latihan mata sederhana saat bersantai. Salah satunya adalah menutup mata dan menekannya dengan erat. Kemudian buka dengan cepat, selebar mungkin.

Ulangi sampai mata mulai berair. Latihan ini akan membantu meringankan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah ke mata.

Pilihan lain adalah menggosokkan kedua telapak tangan Moms sampai menjadi hangat, kemudian letakkan di atas kelopak mata yang tertutup selama beberapa menit.

2. Mentimun

221480-667x450-girl-with-mask.jpg

Moms bisa menenangkan mata yang kusam dan lelah dengan irisan mentimun.

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun akan membantu mencerahkan mata yang lelah. Cara ini bahkan dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata dan bengkak di bawah mata.

Moms bisa menggunakannya sebagai pengompres mata dan tunggu beberapa saat. Lakukan secara rutin agar membuat mata tetap terjaga sehat.

Baca Juga: Jangan Buang Ampas Kopi atau Teh. Ternyata Ini 5 Manfaatnya

3. Jaga Mata Tetap Terhidrasi

Warna Mata Kembali Jernih Dengan 6 Cara Alami Ini -3.jpg

Satu rahasia sederhana untuk mendapatkan mata yang jernih adalah menjaga mata tetap terhidrasi. Percikkan mata dengan air suhu kamar beberapa kali sehari. Ini akan membantu menghilangkan mata lelah dan kusam.

Untuk mencegah mata kering, jangan menatap layar komputer terlalu lama. Berkedip sering untuk mencegah mata mengering. Juga, minum banyak air dan makan buah dan sayuran berbasis air.

4. Kantung Teh Celup

c0fda19517fd4bc08ad7e1c666571068.jpeg

Cara selanjutnya untuk membuat mata jernih adalah dengan kantung teh celup. Kantung teh hijau dan hitam dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan mengembalikan cahaya alami dan percikan mata.

Sifat anti-iritasi dan antioksidan dalam kantung teh membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata serta kemerahan. Pakai kantung teh sebagai pengompres mata.

5. Indian Gooseberry (Amla)

Arjuna-Launches-Indian-Gooseberry-Ingredient-at-VFE17-600x400.jpg

Menurut Ayurveda, Amla adalah pilihan yang baik untuk mendapatkan mata yang berkilau. Amla kaya akan vitamin C dan A, dan dapat membantu memperkuat otot mata. Ini juga membantu mengurangi masalah seperti gatal, kemerahan dan penyiraman.

Masukkan 1 sendok teh bubuk amla ke dalam secangkir air yang telah disaring dan biarkan selama semalam.

Keesokan paginya, saring air melalui kain muslin dan tambahkan lagi secangkir air. Percikkan mata Anda dengan solusi ini. Lakukan ini sekali sehari di pagi hari.

Moms juga dapat mencampur 2 sendok teh jus amla dalam satu setengah cangkir air dan meminumnya setiap pagi. Jika amla segar tersedia, makan satu setiap hari.

Baca Juga: Mengenal Ayurveda, Pengobatan Tradisional India untuk Tubuh dan Pikiran yang Sehat

6. Daun Mint

Mint-Leaves_HEADER.jpg

Daun mint mulai digunakan untuk keperluan kecantikan saat ini. Penggunaan daun mint sebagai obat mata berasal dari India kuno.

Campurkan daun mint, minyak almond, dan madu sampai membentuk pasta. Gunakan di kelopak mata sebelum tidur. Dengan begitu, mata akan terlihat cantik dan cerah setiap hari.

Menggunakan bahan-bahan alami akan lebih menenangkan bagi anggota tubuh yang penting seperti mata. Apalagi, bahan yang digunakan dapat ditemui dengan mudah. Terapkan di rumah secara rutin akan membantu kejernihan mata lebih terjaga.

(FAR/INT)

Artikel Terkait