BAYI
26 Maret 2020

Tidur Bersama Bayi, Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

Pastikan bayi tidak tidur bersama anak kecil lain ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Indah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebagai orang tua baru pasti rasanya tidak ingin berjauhan dengan anak walau sedetik pun. Ada rasa khawatir jika meninggalkan anak, sangat wajar sehingga tidur pun rasanya lebih baik jika tidur satu kasur bersama dengan anak.

Selain rasa khawatir, pasti juga ingin praktis, karena kalau harus tidur di tempat tidur terpisah, jika anak terbangun di tengah malam orang tua mesti bolak-balik tempat tidur anak - tempat tidur sendiri. Rasanya pasti sangat malas dan melelahkan.

Tidur satu kasur bersama bayi biasanya menjadi pilihan walaupun tempat tidur bayi pun sudah disiapkan jauh-jauh hari. Tidak ada salahnya tidur bersama bayi atau yang disebut dengan co-sleeping ini. Co-sleeping ini banyak manfaatnya, lho.

Baca Juga: Berapa Lama Jam Tidur Normal Bayi?

Manfaat Tidur Bersama Bayi/Co-Sleeping

4 Cara Hindari Bayi Susah Tidur Setelah Bepergian -4.jpg

Photo: Orami Photo Stocks

Dilansir dari Natural Child, ada 10 alasan kenapa harus tidur bersama bayi:

  1. Memudahkan proses mengASIhi di malam hari
  2. Menghindari terjadinya SIDS
  3. Orang tua biasanya sangat sensitif dengan pergerakan bayi dan bisa dengan mudah mengontrol terjadinya SIDS
  4. Menghindari terjadinya banyak kejahatan dan kecelakaan
  5. Menghindari terjadinya bayi lemas kekurangan oksigen karena hal-hal sepele
  6. Mengurangi tingkat kekerasan terhadap anak
  7. Orang tua bisa lebih banyak beristirahat
  8. Menghindari stres ke seluruh anggota rumah
  9. Meningkatkan bonding
  10. Meningkatkan detak jantung, ritme jantung dan tekanan darah

Hal yang Harus Diwaspadai Ketika Tidur Bersama Bayi

Walaupun tidur bersama bayi memiliki banyak manfaat, namun hal yang sering ditakutkan ketika tidur bersama bayi adalah ketika orang tua tertidur sangat pulas dan tidak menyadari anak tertindih sehingga bisa menyebabkan kematian.

Tapi, hal tersebut resikonya sangat kecil karena biasanya orang tua yang tidur bersama dengan bayi jauh lebih sensitif dengan gerakan-gerakan kecil sekalipun.

Nah, untuk menghindari hal-hal buruk yang terjadi, dilansir dari buku Anti Panik Mengasuh Bayi sebaiknya Moms menghindari 5 hal ini ya!

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur setelah Bepergian, Yuk Coba!

1. Ayah dan/atau Ibu Merokok

berhenti merokok hero

Photo: Orami Photo Stocks

Hal yang harus dihindari saat tidur bersama bayi yang pertama adalah merokok. Merokok tidak baik bagi kesehatan berapa pun usia seseorang. Memang sulit untuk berhenti dari kecanduan merokok, namun sebagai orang tua kita harus memikirkan dampak sangat buruk terhadap anak jika kita merokok.

Setidaknya, usahakan jangan merokok di dalam rumah dan tidak menggendong bayi setelah merokok. Sebelum tidur dengan bayi sebaiknya mandi dan ganti baju dengan baju yang bersih dan bebas asap rokok.

Residu asap rokok bisa menempel di baju dan bertahan cukup lama, dan kalau terhirup oleh bayi bisa membuat bayi sesak nafas.

2. Bayi Tidur di Tengah

5 cara mengatasi bayi mendengkur saat tidur 1

Photo: Orami Photo Stocks

Hal yang harus dihindari saat tidur dengan bayi yang selanjutnya adalah posisi bayi tidur di tengah. Posisi bayi berada di tengah meningkatkan resikonya bayi terhimpit di antara ayah dan ibu. Apalagi jika ayah dan ibu termasuk orang yang deep sleeper, hal ini bisa sangat berbahaya pada bayi.

Bisa posisikan bayi berada di pojok dan tempatkan beberapa bantal untuk menghindari bayi terbentur dinding. Jangan juga menempatkan bayi di pinggir karena rawan terjatuh.

3. Tidur di Permukaan yang Terlalu Empuk

3 Penyebab SIDS yang Harus Diwaspadai -2.jpg

Photo: Orami Photo Stocks

Hal yang harus dihindari saat tidur bersama bayi yang selanjutnya adalah tidur dipermukaan yang terlalu empuk. Tidur di permukaan yang terlalu empuk bisa menyebabkan hidung bayi tenggelam di permukaan sehingga bayi bisa kesulitan bernapas. Hal ini akan amat sangat berbahaya dan bisa menyebabkan SIDS.

Untuk itu pilihlah alas tidur yang cukup keras, tanpa bantal dan tanpa selimut yang tebal. Untuk menghindari memakai selimut yang terlalu tebal, bisa menyiasati dengan mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin, serta bisa menambahkan kaus kaki pada anak.

Baca Juga: Perbaiki Kebiasaan Tidur Bayi, Hindari 5 Hal Ini!

4. Tidur bersama Binatang Peliharaan

binatang juga punya hak asasi hero banner magz (1510x849)

Photo: Orami Photo Stocks

Hal yang harus dihindari saat tidur bersama bayi yang selanjutnya adalah tidur bersama binatang peliharaan. Sebenarnya, tidur dengan binatang peliharaan tidak menyebabkan SIDS. Namun yang perlu digaris bawahi adalah kita tidak pernah tahu apakah anak kita aman tidur bersama dengan binatang peliharaan.

Kita tidak pernah tahu apakah anak kita alergi dengan bulu binatang peliharaan atau tidak. Bayi memiliki imun yang lebih lemah daripada orang dewasa. Walaupun binatang peliharaan kita diklaim sangat bersih dan sehat, kita tidak bisa mengontrol hewan peliharaan kita untuk tetap menjaga kebersihannya sendiri.

Kucing misalnya, walaupun sering dimandikan dan sudah divaksin, kita tidak bisa mengontrol apakah mereka mengejar tikus atau bermain dengan bangkai cicak pada hari itu.

Untuk menghindari terjadinya infeksi terhadap anak kita, sebaiknya hindari tidur bersama binatang peliharaan sampai sekiranya anak berusia 10 tahun.

5. Tidur bersama Anak-anak Kecil yang Lain

cara merawat bayi kembar agar tidur mereka teratur hero

Photo: Orami Photo Stocks

Hal yang harus dihindari saat tidur bersama bayi yang selanjutnya adalah tidur dengan anak kecil lain. Anak-anak adalah makhluk yang paling sulit untuk dikontrol, apalagi ketika tidur anak-anak cenderung "makan tempat" dan suka sekali bermanuver ke sana kemari ketika tidur.

Untuk menghindari bayi tertindih oleh anak lain, sebaiknya pisahkan bayi dengan anak-anak lain yang lebih besar usianya.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib dihindari saat hendak tidur bersama bayi. Selalu perhatikan ya Moms!

Artikel Terkait