RUPA-RUPA
6 Mei 2019

Tidur Lebih Nyenyak dengan 6 Tips Dekorasi Kamar Ini

Tidur Nyaman dengan Nuansa Indah Akan Membuat Mood Naik Lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Anda mengalami susah tidur atau malah insomnia Moms? Jika iya, maka pertimbangkanlah untuk mengubah suasana kamar Anda. Meski terdengar sepele, perubahan warna dan dekorasi kamar mampu membuat tidur Anda nyaman lho Moms.

National Sleep Foundation melaporkan bahwa tidur adalah indikator vital bagi kesehatan secara keseluruhan dan rata-rata orang dewasa harus tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Mungkin tidak Anda sadari, tapi psikologi warna adalah ilmu untuk menciptakan suasana hati dan perasaan tertentu berdasarkan warna atau palet yang dipilih.

Di Mesir kuno, warna digunakan untuk menyembuhkan yang dikenal sebagai kromotropi. Warna yang paling menenangkan adalah biru, sedangkan merah lebih merangsang. Jadi, Moms bisa memakai selimut biru atau memilih biru untuk cat dinding. Selain dapat memberikan sensasi yang menenangkan, biru dipercaya dapat meringankan penyakit dan mengurangi rasa sakit.

Hijau juga diyakini memiliki sifat menghilangkan stres, mungkin karena mengingatkan kita akan keindahan rumput dan daun. Jika biru bukan favorit Moms, memilih hijau untuk kamar dapat membantu Moms untuk tidur nyenyak di malam hari.

1.Investasi pada Seprai yang Bagus

Tidur Lebih Nyenyak dengan 6 Tips Dekorasi Kamar Ini -1.jpg

Pict: Atzine.com

Selain memiliki kasur yang berkualitas, pemilihan seprai yang bagus juga akan menjadi PR Moms agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Baik itu dari warna, motif, corak, dan bahan, sesuaikan dengan nuansa apa yang akan Moms hadirkan di dalam kamar tidur.

Baca Juga: 5 Furnitur Ini Cocok Untuk Dekorasi Rumah Bergaya Vintage

2.Pilih Tone Gelap

Tidur Lebih Nyenyak dengan 6 Tips Dekorasi Kamar Ini -2.jpg

Pict: Queeninovations.com

Tubuh Moms diprogram untuk tidur dalam gelap dan tidur paling nyenyak yang bisa Moms miliki adalah di ruangan gelap. Moms boleh saja memilih warna-warna tertentu untuk dekorasi yang membuat Moms rileks di kamar, tapi untuk pilihan tirai cobalah untuk memilih warna dengan tone gelap.

3.Simpan Jurnal di Meja Kecil Anda

Tidur Lebih Nyenyak dengan 6 Tips Dekorasi Kamar Ini -3.jpg

Pict: Thecitizenrly.com

Menulis bisa menjadi cara yang menyenangkan dan santai untuk memudahkan rutinitas malam bagi Moms. Menurut editor Curbed Detroit, Robin Runyan, hal tersebut dapat melepaskan ketegangan Moms secara alami.

“Jika Anda memiliki banyak pikiran atau kecemasan, membuat jurnal harian dapat membantu ‘mengeluarkannya’ dari kepala dan ke atas kertas. Apa pun alasan Anda, ini dapat membantu menenangkan berbagai pikiran yang memantul di kepala Anda yang mungkin mencegah Anda tidur,” ujarnya.

Baca Juga: Ingin Hubungan Lebih Harmonis? Lakukan 7 Tips Dekorasi Kamar Berdasarkan Feng Shui

4.Bantal Membuat Perbedaan

Tidur Lebih Nyenyak dengan 6 Tips Dekorasi Kamar Ini -4.jpg

Pict: Underthecanopy.com

Mungkin ada saatnya ketika Moms tidak terlalu memikirkan jenis bantal yang digunakan. Tapi agar mendapatkan tidur malam yang benar-benar nyenyak, bantal memiliki peran penting. Pilih yang ukurannya tidak terlalu besar, namun dapat menganga kepala secara sempurna.

Bahan bantal juga perlu Moms pertimbangkan. Jika terlalu tebal akan membuat kepala pusing dan terlalu tipis yang akan membuat leher Moms sakit dan pegal. Ketebalannya juga mampu menyumbang sebagian besar rasa nyenyak dari tidur Moms.

5.Tambahkan Wewangian

Tidur Lebih Nyenyak dengan 6 Tips Dekorasi Kamar Ini -5.jpg

Pict: Lightingandceilingfans.com

Menambahkan wewangian adalah sebuah rutinitas sebelum tidur agar tubuh Moms lebih cepat tertidur. Saat ini, banyak diffuser yang tersedia dengan menggaet berbagai merek wewangian.

Menambahkan diffuser dan memilih aroma yang menenangkan adalah to-do-list Moms selanjutnya. Selain diffuser, mencuci kasur atau seprai dengan detergent yang wangi juga adalah pilihan lain yang sayang jika dilewatkan. Wangi mawar adalah salah satu wewangian yang paling memikat.

Baca Juga: Dekorasi Rumah dengan 6 Tren Warna Terbaru 2019 Ini!

6.Pilih Selimut Berat dan Tebal

Tidur Lebih Nyenyak dengan 6 Tips Dekorasi Kamar Ini -6.jpg

Pict: Businessinsider.com

Selimut yang tebal dan berat adalah alat umum dalam terapi, terutama untuk anak-anak dengan autism. Jadi masuk akal jika mereka memasuki pasar tidur orang dewasa. Mereka memang tidak selalu menyembuhkan masalah tidur Moms, tetapi mereka dapat mengurangi kecemasan Moms saat tertidur.

Namun, mereka bisa jadi terasa terlalu berat jika Moms suka tidur yang berputar dari sisi ke sisi secara alami di malam hari. Moms bisa memilih berat dan bahan dari selimut yang diinginkan.

Saat Moms memilih dekorasi kamar sesuai dengan yang Moms inginkan, Moms akan terkejut saat melihat hasil akhirnya yang mampu membuat tidur Moms lebih baik.

(FAR/IRN)

Artikel Terkait