TRIMESTER 1
18 Januari 2020

4 Trik Tidur Nyenyak Saat Hamil, Mudah Diterapkan!

Kualitas tidur yang baik meningkatkan kesehatan ibu hamil
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Masa kehamilan memang membahagiakan, penantian menunggu sang buah hati lahir ke dunia pastinya menjadi perjalanan yang penuh haru.

Namun, Moms yang sedang hamil juga mengalami proses yang tidak mudah. Nyatanya, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami kesulitan tidur. Padahal, tidur yang nyenyak meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil dan bayi di dalam kandungannya.

Menurut studi dari National Sleep Foundation, 78 persen ibu hamil mengalami gangguan tidur karena sering merasa lelah terutama selama trimester pertama dan ketiga.

Belum lagi perubahan fisik dan emosional saat hamil kerap kali membuat tidur Moms menjadi tidak nyenyak.

Sebenarnya, apa penyebab hal tersebut? Bagaimana juga cara yang tepat agar ibu hamil memiliki tidur yang nyenyak? Ini ulasannya.

Baca Juga: Inilah Berbagai Penyebab Gangguan Tidur pada Ibu Hamil

Tidur Nyenyak Saat Hamil

Pada awal kehamilan, tidur tidak nyenyak bisa disebabkan karena perubahan kadar hormon.

Peningkatan kadar progesteron pada trimester pertama kehamilan bisa menyebabkan rasa kantuk berlebihan di siang hari. Sehingga, tidur pada malam hari menjadi tidak nyenyak.

Perubahan hormon ini juga dapat menyebabkan mendengkur dan meningkatkan risiko sleep apnea hingga sering buang air kecil pada malam, hari.

Selain itu, American Pregnancy Association mengungkapkan bahwa semakin lama usia kehamilan, maka semakin tidak nyaman tidur dengan ukuran perut yang membesar.

Studi tersebut juga menyebutkan tidur telentang saat hamil bisa menyebabkan sakit punggung, wasir, masalah pernapasan, hingga tekanan darah rendah. Hal ini yang menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak.

Melihat banyaknya hal yang dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak saat hamil, begini tips yang tepat untuk mengatasinya, yaitu:

1. Letakkan Bantal di Antara Lutut

Tidur Nyenyak saat Hamil, Begini Caranya-4.jpg

Foto: momlovesbest

Semakin besar ukuran perut, maka semakin mudah untuk menimbulkan ketegangan pada otot punggung.

Sering kali agar tidak terguling, Moms mengubah postur tubuh saat sedang tiduran, padahal hal ini menyebabkan otot-otot punggung bekerja lebih keras.

Untuk itu, salah satu trik tidur saat hamil adalah gunakan bantal di antara kedua lutut yang tertekuk.

Lutut yang menekuk ini membantu menstabilkan tubuh sehingga tidak mudah untuk berguling ketika tidur.

Bantal juga bisa dibuatkan khusus untuk kehamilan jika Moms merasa itu lebih nyaman.

“Kegunaan bantal ekstra di antara kedua lutut untuk membantu menjaga tulang belakang agar tetap lurus dan mengurangi tekanan pada tulang belakang, pinggul, dan saraf di sekitarnya,” ujar Dr. Medhat Mikhael, dokter spesialis anestesiologi dari California.

Baca Juga: Ingin Tidur Nyaman? Coba Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Berikut Ini

2. Hindari Konsumsi Makanan Pemicu Mulas Sebelum Tidur

Tidur Nyenyak saat Hamil, Begini Caranya-5.jpg

Foto: twinklethomas

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan rasa mulas selama kehamilan karena sistem pencernaan bekerja lebih lambat karena perubahan kadar hormon.

Oleh sebab itu, hindari makanan pemicu mulas sebelum tidur agar tidur terasa lebih nyenyak. Hindari beberapa jenis makanan seperti makanan pedas, buah jeruk, cokelat, dan makanan berlemak atau gorengan.

3. Rutin Berolahraga

Tidur Nyenyak saat Hamil, Begini Caranya-6.jpg

Foto: express

Jangan sepelekan manfaat dari berolahraga, terutama pada masa kehamilan. Nyatanya, olahraga secara rutin selama 10 menit sehari bisa meningkatkan kualitas tidur saat hamil.

Pilih jenis olahraga yang ringan dan aman untuk ibu hamil, seperti berjalan kaki, jogging, atau yoga.

“Olahraga juga menjadi cara terbaik untuk meredakan sakit punggung selama kehamilan dan memperkuat otot sekaligus meningkatkan fleksibilitas tubuh,” ujar Dr. Neel Anand, ahli bedah ortopedi dari Los Angeles.

Baca Juga: 5 Alasan Ibu Hamil Harus Cukup Tidur, Simak di Sini!

4. Regangkan Kaki di Malam Hari

Tidur Nyenyak saat Hamil, Begini Caranya-7.jpg

Foto: thesleepjudge

Kram kaki bisa menjadi faktor tidur Moms menjadi tidak nyenyak. Cara mencegah hal tersebut adalah memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dan meregangkan betis sebelum tidur.

Tanyakan pada dokter kandungan jika Moms ingin mengetahui cara peregangan terbaik saat masa kehamilan.

Itulah yang bisa dicoba agar bisa tidur nyenyak saat hamil. Jangan lupa juga untuk menjaga agar posisi kepala lebih tinggi daripada kaki saat tidur agar membantu kualitas tidur menjadi lebih baik.

Artikel Terkait