KEHAMILAN
29 Maret 2020

Tidur Yang Cukup Tingkatkan Peluang Hamil?

Meningkatkan hormon yang berkaitan dengan ovulasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidur memainkan peran penting dalam semua aspek kehidupan manusia, salah satunya mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Namun, tahukah Moms bahwa tidur juga berpengaruh pada kesuburan dan peluang hamil?

Bahkan banyak dokter yang menyarankan agar para calon Moms bisa tidur cukup untuk peluang kehamilan yang lebih tinggi.

Durasi Jam Tidur Mempengaruhi Hormon dan Siklus Ovulasi

Tidur Yang Cukup Tingkatkan Peluang Hamil? 1

Foto: pixabay.com

Hormon-hormon yang bertugas untuk memicu ovulasi pada wanita dan proses pematangan sperma pada pria diketahui berkaitan erat dengan siklus tidur dan bangun, menurut sebuah studi berjudul Sleep, Circadian Rhythms, and Fertility.

Studi tersebut menemukan bahwa seorang wanita yang kurang tidur dapat secara langsung mempengaruhi pelepasan hormon luteinizing atau LH, hormon yang memicu ovulasi sebagai bagian dari pengaturan siklus menstruasi. Di mana ketidakteraturan menstruasi yang dihasilkan dapat menyebabkan sulit hamil.

Baca Juga: Mungkinkah Peluang Hamil Meningkat Setelah Tes HSG?

Bukan hanya hormon LH, penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa kurang tidur ternyata juga dapat mengurangi jumlah hormon FSH (hormon perangsang folikel) yang diproduksi oleh tubuh wanita, terutama pada wanita yang tidur kurang dari 8 jam per malam.

Mengingat hormon FSH diketahui memiliki peran yang sangat penting dalam kesuburan, peneliti menyimpulkan bahwa kurang tidur juga menyebabkan wanita menjadi lebih sulit hamil dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan waktu tidur 8 jam penuh.

Tidur Cukup Membantu Mengurangi Stres

Tidur Yang Cukup Tingkatkan Peluang Hamil? 2

Foto: pixabay.com

Selain hormon, menurut Conceive Plus, tidur cukup untuk peluang kehamilan juga berkaitan dengan manajemen stres.

Sebagaimana yang Moms ketahui, stres merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan. Stres dapat menyebabkan tingkat hormon kortisol dan adrenokortokotropik meningkat, yang kemudian mengganggu siklus kesuburan normal.

Baca Juga: Suami Depresi Bisa Mempersulit Peluang Istri untuk Hamil

Maka dari itu, saat sedang mencoba untuk hamil, dokter sering kali menyarankan agar Moms melakukan hal yang dapat mengurangi kecemasan dan stres, misalnya dengan melakukan yoga dan tidur yang cukup.

Moms juga dapat memanfaatkan tidur siang untuk menjaga tingkat stres tetap rendah saat menghadapi atau mengalami sesuatu yang menegangkan.

Tidur Tanpa Penerangan Lebih Disarankan

Tidur Yang Cukup Tingkatkan Peluang Hamil? 3

Foto: pexels.com

Rahasia tidur cukup untuk peluang kehamilan yang lebih tinggi bukan hanya dengan mencabut perangkat elektronik saat malam, tetapi dengan mematikan semua listrik yang ada di rumah.

“Salah satu cara aneh tetapi benar untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil adalah dengan tidur dalam kegelapan total selama delapan jam, yang dapat meningkatkan melatonin alami tubuh,” kata Dr. Mark Trolice, OB-GYN dan ahli endrokinologi reproduksi sekaligus direktur dari Fertility CARE yang berbasis di Winter Park, Florida, seperti dikutip dari SheKnows.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan oleh National Institute of Health menyatakan bahwa tidur dalam kondisi gelap juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar glukosa. Di mana hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan memiliki peluang hamil yang lebih tinggi.

Baca Juga: Cadangan Ovarium Berkurang, Peluang Kehamilan Pun Menipis

Wah, ternyata sangat penting memiliki tidur cukup untuk peluang kehamilan yang lebih tinggi ya, Moms. Apa selama ini Moms sudah tidur malam selama delapan jam?

Artikel Terkait