BALITA DAN ANAK
24 Oktober 2019

Timbul Ruam Popok pada Bayi? Simak 3 Cara Ini untuk Mencegahnya!

Hentikan penggunaan popok instan ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tahukah Moms, Ruam popok yang timbul pada bayi bisa membuat Si Kecil menjadi rewel karena merasa tidak nyaman. Jadi, hal terbaik yang bisa Moms lakukan adalah melakukan perawatan intensif sedini mungkin untuk bisa mengatasinya.

Merawat bayi menjadi tantangan tersendiri bagi semua orang tua, apalagi orang tua muda yang baru saja dikaruniai anak pertama. Sudah pasti Moms ingin memberikan segalanya yang terbaik bagi Si Kecil bukan?

Lalu, apa saja tantangan yang paling sering dihadapi oleh para orang tua pada saat merawat sang buah hati?

Baca Juga: Selain Ruam Popok, Ini Beberapa Masalah Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Popok bayi menjadi salah satu tantangan yang paling umum akan Moms hadapi. Biasanya, ruam popok paling sering dialami oleh bayi yang berusia 9-12 bulan. Gejala ruam popok bisa Moms dilihat tandanya dengan munculnya ruam, bintik-bintik, dan tekstur kasar pada bagian bokong dan juga pangkal paha bayi.

Ruam popok biasanya juga akan menimbulkan rasa gatal serta kurang nyaman pada bayi sehingga membuatnya rewel, bahkan sampai susah tidur. Sebenarnya, untuk Moms bisa mengatasi ruam popok bayi merupakan hal yang mudah. Moms bisa melakukan 3 cara ini untuk mencegah ruam popok bayi yang mengganggu. Simak ya, Moms!

1. Jangan Menggosok Kulit yang Sedang Ruam

ruam popok

Foto: honestdocs.id

Moms, sebaiknya tidak menggosok kulit bayi yang sedang ruam ya. Hal ini dikarenakan hanya akan membuat kulit bayi semakin iritasi dan membuat luka lecet saat Moms memaksakan menggosoknya.

Moms bisa mengeringkan kulit bayi yang sedang ruam dengan menggunakan handuk bertekstur lembut. Lalu tepuk-tepuklah perlahan pada permukaan kulit bayi. Cara yang sederhana ini tidak akan membuat ruam yang dialami Si Kecil semakin parah.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Ruam pada Kulit Bayi

2. Menggunakan Vaseline “Wonder Jelly"

ruam popok

Foto: docs/vaseline

Cara kedua adalah dengan mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly Original dengan merata ke bagian kulit Si Kecil yang terkena ruam. Setelah Moms memandikan atau membersihkan bokong bayi, Moms bisa mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly Original dengan merata.

Vaseline Petroleum Jelly Original mengandung 100% jelly yang aman digunakan untuk kulit bayi. Menjadi salah satu produk andalan Vaseline ini juga diformulasikan khusus sehingga tidak mempunyai risiko menyumbat pori-pori (non-comedogenic).

Dengan ruti mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly Original akan membuat kulit bayi yang ruam serta bintik-bintik merah akan berangsur-angsur hilang dan sembuh, membuat bayi tidak rewel lagi.

3. Hentikan Penggunaan Popok Instan untuk Mencegah Ruam Popok Bayi

ruam popok

Foto: washingtonpost.com

Ternyata nih Moms, penggunaan popok instan ternyata juga bisa menyebabkan ruam popok pada bayi lho. Hal ini bisa terjadi karena kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi akibat bahan-bahan yang memicu alergi pada popok. Jadi Moms, sebaiknya mencoba untuk menghentikan penggunaan popok instan untuk sementara waktu ini ya.

Moms bisa membersihkan tubuh bayi dan membaringkannya pada seprai bertekstur lembut selama kurang lebih 30 menit sampai satu jam. Setelah itu, Moms bisa memakaikan popok konvensional yang sesuai dengan ukuran tubuh bayi. Cara sederhana seperti ini dapat membuat sirkulasi udara pada kulit bayi berlangsung lancar dan ruam popok bayi pun bisa segera sembuh.

Jika perlu, Moms perlu mengganti popok instan yang bisa digunakan Si Kecil. Moms bisa memilih merek popok instan lain yang terbukti berkualitas dan tidak menyebabkan ruam popok.

Baca Juga: DIY Cara Menghilangkan Ruam Pada Bayi

Kini, Moms tidak perlu panik saat menghadapi ruam popok bayi. Tetap tenang dan rawatlah kulit bayi secara intensif. Lakukanlah perawatan sedini mungkin supaya ruam popok bayi tidak bertambah parah. Bayi akan lebih sehat, ceria, dan Moms pun akan bahagia.

(ADV)

Artikel Terkait