BALITA DAN ANAK
9 April 2020

Tindakan Saat Anak Mimisan, Ini yang Harus Dilakukan!

Jangan panik ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di usia sekolah, anak-anak pasti sangat gemar bermain dan banyak menghabiskan kegiatan di luar ruangan. Sayangnya, di usia ini anak-anak sangat rentan terserang mimisan.

Kondisi yang membuat hidung mengeluarkan darah ini tentu sering membuat Moms dan Dads panik. Boleh panik, tetapi sebaiknya Moms dan Dads memberikan penanganan atau tindakan saat anak mimisan dengan tepat.

Apa itu Mimisan?

Tindakan saat anak mimisan

Foto: Clip Dealer

Mimisan atau disebut epistaksis adalah perdarahan yang terjadi di hidung dan cenderung dialami oleh anak-anak usia 3-12 tahun.

Mimisan bukanlah kondisi yang berbahaya dan alasan sering terjadi pada anak-anak karena pembuluh darah di hidung mereka lebih rapuh dan mudah pecah dibanadingkan orang dewasa.

Moms dan Dads bisa memberikan penanganan atau tindakan saat anak mimisan dengan tepat di rumah.

Baca Juga: Ini Waktu Mimisan Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Mimisan

Tindakan saat anak mimisan

Foto: Cincinnati Children Hospital

Ada beberapa penyebab umum mimisan terjadi pada anak-anak.

1. Udara Kering

Apakah Si Kecil sedang aktif bermain di luar ruangan yang suhunya sangat panas? Udara kering akibat suhu udara yang panaslah penyebab utama dia mimisan. Kondisi tersebut mengiritasi dan mengeringkan membran hidung.

2. Menggaruk Atau Mengorek Hidung

Ini adalah penyebab paling umum kedua terjadinya mimisan. Menggaruk bagian dalam atau mengorek hidung terlalu sering dan terlalu dalam bisa membuat pembuluh darah di area tersebut rentan pecah dan mengakami pendarahan.

Baca Juga: 4 Langkah Pertolongan Pertama Mengatasi Mimisan Pada Anak

3. Trauma

Ketika Si Kecil mengalami cedera pada hidung, terbentur atau tertabrak, hal itu bisa jadi penyebab mimisan. Jika mimisan bisa dihentikan setelah 10 menit, maka tidak jadi masalah.

"Pendarahan biasanya berlanjut selama lima hingga 10 menit, sampai pembentukan gumpalan menghentikan pendarahan," ujar dokter Leslie Koh, kepala Layanan Rhinologi, Otorhinolaryngology di Changi General Hospital, Singapura, dikutip dari Channel News Asia.

Namun, bila lebih dari waktu tersebut darah terus mengalir, sebaiknya bawa ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut.

4. Pilek, Alergi, atau Infeksi Sinus

Kadang-kadang, penyebabnya bisa bersifat medis, seperti infeksi sinus atau reaksi alergi. Mimisan juga bisa merupakan akibat dari minum obat tertentu untuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia.

"Ini mungkin terkait dengan hipertensi, obat antikoagulan, dan penipisan lapisan hidung seiring bertambahnya usia anak," jelas dokter Vyas Prasad, kepala dan leher ahli bedah Thomson Surgical Centre, dikutip dari CNA Lifestyle.

Baca Juga: Bayi Mimisan Saat Demam, Apakah Wajar?

5. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri dapat menyebabkan rasa sakit, memerah, dan berkerak di kulit bagian dalam dan di depan lubang hidung. Infeksi ini nantinya dapat menyebabkan perdarahan.

Cara Mengobati Mimisan Pada Anak

Tindakan saat anak mimisan

Foto: Nuestro Hijo

Lakukan tindakan saat anak mimisan dengan tepat sebagai berikut.

  • Dudukkan Si Kecil di kursi dengan posisi tegang. Pastikan tubuhnya condong sedikit ke depan
  • Hindari menyandarkan anak atau membaringkannya karena ini dapat menyebabkan mereka menelan darah dan dapat menyebabkan batuk atau muntah
  • Jepit bagian lunak hidung di bawah jembatan nasal dengan lembut dengan keddua jari Moms menggunakan tisu atau handuk bersih dan minta dia bernapas melalui mulut
  • Terus berikan tekanan selama sekitar 10 menit, meskipun darah sudah berhenti mengalir
  • Jangan menyumbat hidung anak dengan kain kasa, kapas, atau tisu dan hindari menyemprotkan apapun ke dalam hidung Si Kecil

Baca Juga: Tengok 4 Cara Cepat Menghentikan Mimisan Ini, Yuk

Mencegah Anak Mimisan

  1. Pastikan Si Kecil berada di suhu udara yang normal. Pastikan kondisi udara di dalam rumah lembap.
  2. Oleskan Vaseline ke bagian dalam hidung anak. Hal tersebut membuat lapisan hidungnya lembab dan mencegah kekeringan dan iritasi.
  3. Jelaskan kepada Si Kecil kalau mengupil dapat menyebabkan mimisan
  4. Jaga agar kuku anak pendek dan rutin potong kukunya setiap minggu

Moms bisa mencegah Si Kecil mimisan. Namun, jika hal itu tidak terhindarkan, pastikan Moms melakukan tindakan saat anak mimisan yang tepat.

Artikel Terkait