BALITA DAN ANAK
14 Agustus 2019

Tinggal Di Kota Besar? Begini Cara Melindungi Anak dari Polusi Udara

Salah satu caranya adalah dengan membatasi aktivitas anak di luar ruangan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, dan sekitarnya, harus mulai aktif melakukan cara melindungi anak dari polusi udara.

Seperti dilaporkan oleh artikel dalam Lowy Institute, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago menemukan kalau tingkat polusi udara di Jakarta sangat buruk sampai memotong angka rentang hidup warganya sebanyak 2,3 tahun.

Dampak negatif polusi udara bagi kesehatan dan perkembangan anak memang tidak boleh disepelekan. Seperti dituliskan dalam laporan World Health Organization, paparan polusi udara dapat menyebabkan beberapa hal berikut pada anak:

  • Menghambat perkembangan sistem saraf dan kemampuan kognitif.
  • Memicu infeksi saluran pernapasan, asma, dan kanker.
  • Meningkatkan resiko kardiovaskuler saat anak dewasa nanti.

Sebelum terlambat, jangan tunda melakukan cara melindungi anak dari polusi udara berikut ini ya, Moms.

Baca Juga: 5 Dampak Polusi Bagi Ibu Hamil, Sangat Berbahaya!

1. Batasi Waktu di Luar Rumah

polusi udara

Foto: Countryliving.com

Walau ingin melindungi Si Kecil dari polusi udara, tentu tidak mungkin melarangnya pergi keluar rumah untuk pergi sekolah, ikut ekstrakurikuler, ataupun bermain ya, Moms.

Sebagai cara melindungi anak dari polusi udara, batasi aktivitas Si Kecil di luar ruangan pada jam sibuk di mana polusi udara kota sedang dalam puncaknya ya, Moms.

Dari riset yang dilakukan oleh Komite Penghapusan Bensin Bertimbal dan United States Environmental Protection Agency, diketahui udara di Jakarta paling bersih pada jam 13:00-15:00.

Jadi sebaiknya aktivitas anak di luar ruangan dilakukan pada jam tersebut saja ya, Moms. Di waktu yang lain Si Kecil akan lebih aman jika beraktivitas di rumah atau di dalam ruangan.

2. Gunakan Masker saat Beraktivitas di Luar Ruangan

polusi udara

Foto: Hotsaucedrops.com

Sudah tahu belum Moms, kalau langit kota besar yang sering tertutupi oleh kabut asap sebenarnya disebabkan oleh partikel halus yang dikenal dengan nama partikel 2.5 PM?

Berita buruknya, ukuran partikel 2.5 PM yang sangat kecil atau sekitar 3 persen dari diameter rambut manusia bisa menembus lapisan masker hijau yang sering kita pakai.

Cara melindungi anak dari polusi udara yang terbaik adalah dengan menggunakan masker jenis N95 atau N99 dengan benar saat beraktivitas di luar ruangan. Psst, bisa beli online kok, Moms.

Baca Juga: Polusi Udara Jakarta Makin Buruk, Lakukan 5 Cara Ini untuk Memperbaikinya

3. Cegah Polusi Udara di Dalam Rumah

polusi udara

Foto: Themummybubble.co.uk

Selanjutnya, minimalisir polusi udara di dalam rumah agar Si Kecil bisa beraktivitas di dalam rumah dengan aman dan nyaman.

Untuk mencegah polutan masuk dan menumpuk di dalam rumah, Moms tidak perlu terlalu lama membuka pintu atau jendela untuk sirkulasi udara. Sebaiknya lakukan saja pada jam 13:00-15:00 saja ketika udara dalam keadaan paling bersih.

Supaya udara di dalam rumah tetap bersih, bersihkan rumah secara rutin, gunakan penjernih udara, serta pastikan rumah selalu bebas asap rokok maupun uap kimia dari pembersih rumah tangga.

4. Simpan Tanaman di Dalam Rumah

polusi udara

Foto: Yourmap.io

Menyimpan tanaman tertentu di dalam rumah juga bisa menjadi cara melindungi anak dari polusi udara lho, Moms.

Dari studi yang dilakukan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) diketahui ada sekitar 50 tanaman yang bisa mengusir polutan udara dalam ruangan seperti formaldehida, benzene, karbon monoksida, dan nitrogen oksida.

Nah, beberapa tanaman yang bisa Moms simpan di rumah untuk mengusir polusi udara sekaligus menambah cantik ruangan diantaranya adalah jenis Areca Palm, Bamboo Palm, Rubber Plant (Karet Hias), Philodendron, Boston Fern (Pakis Boston), dan Peacy Lily.

Baca Juga: Cegah Risiko Akibat Polusi Udara, Ini Cara Pemilihan Masker yang Tepat

Jangan lupa, ajarkan Si Kecil pola makan dan gaya hidup sehat agar tubuhnya tidak mudah sakit karena polusi udara.

Nah, apa Moms pernah mencoba cara lain untuk melindungi anak dari polusi udara?

(WA)

Artikel Terkait