KESEHATAN
24 Oktober 2019

Tingkatkan Fungsi Otak Anak dengan Makanan dan Minuman Ini!

Dia sudah cukup manis tanpa gula!
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Otak merupakan organ tubuh yang setiap hari begerak secara intensif dan menggunakan sekitar 20 persen kalori dalam tubuh untuk mempertahankan konsentrasi Si Kecil yang baik sepanjang hari.

Oleh karena itu, otak Si Kecil membutuhkan nutrisi yang baik untuk tetap sehat. Seperti asam lemak omega-3, misalnya membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak.

Selain itu bisa juga digunakan sebagai antioksidan untuk mengurangi stres dan peradangan, seperti penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Hati-Hati, Balita Menangis Terlalu Lama Bisa Merusak Otak!

Makanan untuk Asupan Terbaik bagi Otak Si Kecil

Agar otak Si Kecil dapat ternutrisi dengan baik, berikut daftar makanan yang memberikan asupan terbaiknya.

1. Ikan

Sumber omega 3 terbaik ada dalam ikan berminyak. Zat ini membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak.

Mereka dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron. Oleh sebab itu, ikan yang berminyak disebut dapat meningkatkan fungsi otak.

Ikan berminyak yang mengandung omega 3 tingkat tinggi adalah ikan salmon, ikan kembung, tuna, dan ikan sarden. Pastikan Si Kecil mulai mengonsumsi ikan-ikan di atas ya!

2. Dark Chocolate

shutterstock_519503125.jpg

Dark chocolate mengandung kakao, yang diperkaya dengan flavonoid, sejenis antioksidan.

Antioksidan sangat penting perannya untuk menjaga kesehatan otak, karena sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang dapat menimbulkan penurunan kognitif.

Flavonoid ini mampu mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran, juga dapat merangsang aliran darah di otak.

Jadi, Si Kecil yang suka makan dark chocolate berarti sudah bagus lho untuk meningkatkan fungsi otaknya.

Baca Juga: Puzzle, Mainan Edukatif untuk Mengasah Otak Anak

3. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Memperbanyak konsumsi makanan kacang-kacangan dan biji-bijian juga baik untuk otak Si Kecil lho Moms.

Hal ini karena jenis makanan ini juga banyak mengandung asam lemak omega 3 dan antioksidan.

Bahkan sebuah penelitian dari US National Library of Medicine National Institutes of Health tahun 2014 menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang dalam jumlah tinggi, akan membantu fungsi otak lebih baik pada usia yang lebih tua, sekaligus mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Untuk itu, pastikan Moms punya stok jenis makanan ini seperti kacang almond, kacang hazel, atau biji bunga matahari di rumah ya.

Makanan ini bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk keluarga sekaligus membantu meningkatkan fungsi otak Si Kecil.

4. Makanan Padi-Padian

shutterstock_1331035166.jpg

Jenis makanan padi-padian juga bagus untuk meningkatkan fungsi otak karena diperkaya dengan vitamin E.

Jenis makanan ini bisa Moms dapatkan di beras merah, oats, roti gandum, dan pasta gandum utuh.

5. Buah Berry

berry

Foto: tasteofhome.com

Buah dari golongan berry seperti strawberry, blueberry, dan blackberry mengandung nutrisi dan antioksidan yang akan melindungi otak balita.

Moms juga bisa coba alternatif lain seperti buah apel yang mengandung quercetin, antioksidan yang membantu mencegah penurunan kemampuan otak.

Bantu Tingkatkan Fungsi Otak dengan Susu Organik

puregrow organic 1+

Foto: doc/puregrow

Selain itu, Moms juga bisa meningkatkan fungsi otak Si Kecil dengan susu organik dari PUREGROW Organic 1+. Susu pertumbuhan organik untuk anak usia 1 - 3 tahun tanpa gula tambahan yang pertama kali hadir di Indonesia. Mengandung 99% bahan organik dan sudah mendapatkan sertifikat resmi organik dari Eropa dan Indonesia.

PUREGROW Organic 1+ mengandung omega 3 (120mg/saji), tinggi kalsium, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin D, zat besi, dan sebagai sumber serat pangan.

PUREGROW Organic 1+ membantu perkembangan berpikir anak, mengoptimalkan pertumbuhan fisik Si Kecil sesuai tahapan pertumbuhannya, meningkatkan fungsi pencernaan, imunitas, dan perkembangan bakteri baik. Selain itu, PUREGROW Organic 1+ juga dapat meningkatkan metabolisme dan kesehatan Si Kecil dengan baik.

Selalu sediakan PUREGROW Organic 1+ untuk Si Kecil di rumah karena sudah banyak Ibu setuju bahwa susu organik pada dasarnya lebih baik dari susu non-organik dalam hal manfaat, nutrisi, dan rasa.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan Tren! Coba Kopi Susu, Liwetan, dan Unicorn di Restoran Ini

Nah itu dia Moms, jenis makanan dan asupan nutrisi dari susu organik yang mampu membantu meningkatkan fungsi otak Si Kecil. Apakah Moms sudah pernah memberinya untuk Si Kecil?

(ADV)

Artikel Terkait