BALITA DAN ANAK
29 Oktober 2019

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual pada Balita

Berbeda dengan gangguan penglihatan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Balita yang tidak bisa membedakan bentuk bulat dan segitiga atau sulit mengingat apa yang baru dilihatnya bisa jadi mengalami gangguan proses visual.

Berbeda dengan gangguan penglihatan yang berhubungan dengan mata, gangguan proses visual pada balita terjadi karena adanya kelemahan fungsi otak dalam menerjemahkan dan mengolah informasi yang diterima secara visual.

Mengingat pentingnya proses pengolahan informasi visual bagi perkembangan belajar balita, Moms juga perlu tahu berbagai tipe gangguan proses visual pada balita berikut supaya bisa melakukan intervensi dini.

Baca Juga: Moms, Waspada 5 Tanda Gangguan Perkembangan Motorik Balita

1. Masalah Diskriminasi Visual

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual Pada Balita 1.jpg

Foto: Romper.com

Seperti dijelaskan oleh optometris Dr. Philip Nicholson, balita dengan masalah diskriminasi visual mengalami kesulitan dalam membedakan kiri dan kanan, baik pada tubuhnya maupun objek lain termasuk huruf dan angka.

Salah satu tandanya adalah kesulitan membedakan huruf yang hampir mirip, seperti b dan p, q dan p, b dan d, atau angka 6 dan 9.

2. Masalah Pengenalan Objek

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual Pada Balita 2.jpg

Foto: Goodstart.org.au

Balita yang kesulitan mengenali wajah orang di tempat ramai atau mengenali satu mainan diantara tumpukan mainan dalam kotak bisa jadi memiliki masalah pengenalan objek, atau dikenal juga dengan istilah visual figure-ground discrimination issues.

Untuk menguatkan kemampuan pengenalan objek visual Si Kecil, Moms bisa mengajaknya melakukan aktivitas seperti menyortir pasta atau kancing beraneka bentuk, dengan syarat hanya boleh mengambil bentuk spesifik yang sudah Moms tentukan.

3. Masalah Pengurutan Visual

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual Pada Balita 3.jpg

Foto: Scholastic.com

Sudah cukup lama dikenalkan pada huruf dan angka, tapi Si Kecil masih saja sulit menyebut huruf dan angka sesuai dengan urutannya? Bisa jadi dia memiliki masalah pengurutan visual.

Seperti dikutip dari situs Kars4kids.org, gangguan proses visual pada balita ini membuat balita kesulitan memahami konsep sebelum dan sesudah, sehingga dia juga sering melompati kata atau kalimat saat membaca buku.

4. Masalah Proses Motorik-Visual

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual Pada Balita 4.jpg

Foto: Enasco.wordpress.com

Gangguan proses visual pada balita ini membuat balita kesulitan melakukan koordinasi gerakan tubuh yang sesuai dengan informasi yang diterimanya melalui mata.

Contohnya, Si Kecil kesulitan membuka lembaran buku karena tangannya sering meleset atau sering menabrak furnitur di rumah.

Baca Juga: Mengenal Gangguan Sensorik pada Balita dan Pengaruhnya dalam Aktivitas Sehari-hari

5. Masalah Ingatan Visual Jangka Pendek atau Jangka Panjang

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual Pada Balita 5.jpg

Foto: Healthymatter.com.hk

Masalah ingatan visual membuat balita cepat lupa dengan apa yang pernah atau baru saja dilihatnya, sehingga Moms mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengajarkannya membaca dan berhitung.

Mengutip informasi dari Understood.org, balita yang memiliki gangguan proses visual ini juga biasanya akan kesulitan menggunakan kalkulator atau keyboard ataupun mengingat isi buku yang sudah dibacanya.

6. Masalah Visual Spasial

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual Pada Balita 7.jpg

Foto: Dreme.stanford.edu

Kurangnya kemampuan visual spasial membuat balita kesulitan mengidentifikasi posisi objek serta relasinya dengan diri sendiri maupun objek lain.

Masalah ini juga akan dialaminya saat menerima informasi dari gambar ataupun deskripsi.

Balita dengan masalah visual spasial biasanya kesulitan mengenali jauh dekatnya jarak, memperkirakan waktu, dan membaca peta.

7. Masalah Penutupan Visual

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual Pada Balita 7.jpg

Foto: Romper.com

Balita yang memiliki masalah penutupan visual akan kesulitan mengenali objek atau gambar yang sebagian elemennya hilang, seperti gambar mobil tanpa roda atau gambar burung tanpa sayap.

Saat sudah mulai belajar membaca nanti, balita dengan masalah penutupan visual juga akan kesulitan mengeja karena tidak dapat mengenali kata yang sebagian hurufnya hilang.

8. Masalah Pembalikan Huruf dan Angka

Ketahui 8 Tipe Gangguan Proses Visual Pada Balita 8.jpg

Foto: Futurity.org

Wajar kalau balita yang baru belajar menulis sering terbalik menuliskan angka atau huruf. Namun bisa menjadi tanda adanya gangguan proses visual pada balita kalau masalah ini masih tetap dilakukan setelah usia 7 tahun.

Balita yang memiliki masalah pembalikan huruf dan angka biasanya akan kesulitan membaca, menulis, dan mengerjakan matematika saat sekolah nanti.

Baca Juga: 3 Jenis Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Balita

Bagaimana Moms, apakah Si Kecil pernah menunjukkan tanda gangguan proses visual pada balita di atas?

(WA)

Artikel Terkait