BAYI
15 Mei 2020

Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Di Boks Bayi

Demi keamanan, lakukan tips ini agar bayi mau tidur di boks bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Semua tentu tahu, tempat teraman dan terbaik untuk bayi tidur adalah di boks bayi. Namun bagi beberapa bayi, tempat ternyaman bagi mereka bisa jadi adalah di pelukan

Moms, di gendongan bayi, atau car seat. Selanjutnya, kadang tidaklah mudah memindahkan agar bayi mau tidur di boks bayi.

Solusi Agar Bayi Mau Tidur di Boks Bayi

Untuk itu, berikut ini masalah dan solusi agar bayi mau tidur di boks bayi.

1. Hanya Tidur Saat Dipeluk

1 Hanya Tidur Saat Dipeluk.jpg

Foto: Iuliia Bondarenko – Pixabay.com

Bayi yang hanya tidur nyenyak dalam pelukan Moms sebenarnya tidak masalah, asalkan Moms tetap terbangun.

“Tapi kemungkinannya adalah Anda akan ikut tertidur saat di posisi ini dan akan menjadi kekhawatiran tentang masalah keamanan,” ungkap konsultan tidur anak sekaligus pengarang buku Precious Little Sleep, Alexis Dubief, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Untuk mengatasi bayi yang hanya mau tidur dalam pelukan agar bayi mau tidur di boks bayi adalah dengan membuat boks bayi sehangat pelukan Moms. Bayi yang sudah nyenyak tertidur dalam pelukan, rentan terbangun saat dipindahkan ke boks bayi.

Hal ini bisa terjadi karena perubahan temperatur yang drastis. Untuk itu, Moms bisa mengenakan bedong pada bayi yang berusia hingga tiga bulan.

Cara ini akan membuat bayi tetap hangat seperti dalam pelukan. Jika bayi sudah terlalu besar untuk dibedong, gunakan sleep sack.

Jika bayi tetap terbangun, Moms cukup berdiri di samping boks bayi selama beberapa menit sambil meletakkan tangan Moms di perut bayi untuk menenangkannya. Hindari menggendongnya kembali, agar tidak membuat bayi bingung.

Baca Juga: Kapan Seharusnya Anak Pindah dari Boks Bayi ke Tempat Tidur?

2. Kebiasaan Tidur Di Gendongan

2 Kebiasaan Tidur Di Gendongan.jpg

Foto: freepik.com

Kehangatan, aroma Moms, dan pergerakan selama dalam gendongan bayi memang merupakan salah satu tempat nyaman untuk bayi terlelap.

Namun sesuai rekomendasi American Academy of Pediatrics, bayi seharusnya tidak secara rutin tidur di car seat, stroller, baby swing, dan gendongan bayi.

Beberapa produk ini menempatkan bayi pada posisi yang rentan membuat pernapasan bayi terganggu. Agar bayi mau tidur di boks bayi, cobalah untuk meletakkan bayi di boks bayi saat masih bangun, namun sudah terlihat mengantuk.

Cara ini akan membuat bayi menangis, namun dengan konsisten dan perlahan, kemungkinan bayi akan terbiasa untuk akhirnya dapat tidur di boks bayi. “Cek bayi sesering mungkin, misalnya setiap lima sampai 10 menit.

Tujuannya adalah agar bayi tertidur sendiri di boks bayi,” ungkap Direktur di Sleep Center, The Children’s Hospital of Philadelphia dan pengarang buku Sleeping Through the Night, Jodi Mindell, Ph.D., seperti dikutip dari parents.com.

Baca Juga: Pilih Mana, Bayi Tidur di Boks Atau di Kasur?

3. Digoyangkan Di Car Seat atau Stroller

3 Digoyangkan Di Car Seat atau Stroller.jpg

Foto: freepik.com

Beberapa bayi ada yang hanya tertidur nyenyak saat berada di car seat, bahkan saat mobilnya juga berjalan. Untuk membantu agar bayi mau tidur di boks bayi, mulailah dengan mengeliminasi pergerakannya.

Letakkan bayi di stroller, namun jangan digerakkan. Letakkan bayi di kursi goyang, namun jangan menggoyangkannya. Termasuk meletakkan bayi di car seat, namun jangan menjalankan mobilnya.

Saat bayi sudah terbiasa tidur tanpa gerakan dari mobil atau stroller, mulai letakkan bayi saat sudah mengantuk. Lakukan dengan konsisten dan secara rutin, agar bayi tidak bingung untuk menjadikannya sebuah kebiasaan.

Baca Juga: Si Kecil Tidak Mau Tidur di Boks Bayi, Bagaimana Mengatasinya?

Dengan menjalankan kebiasaan agar bayi mau tidur di boks bayi, maka hal ini akan mempermudah Moms untuk melakukan kegiatan lain dan tentunya lebih aman bagi bayi.

Artikel Terkait