PARENTING
21 September 2019

Tips Agar Tidur Bayi Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Tidur tidak nyenyak Si Kecil berpengaruh dari popok lho Moms
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tidur sangat penting untuk tumbuh kembang otak Si Kecil, semakin muda umur bayi maka waktu tidur mereka akan lebih lama. Bayi yang usia 0 – 3 bulan memerlukan waktu tidur sekitar 16 – 20 jam per harinya.

Namun tidak jarang, banyak dari Moms yang mengalami kesulitan saat akan menidurkan Si Kecil. Benar tidak Moms? Maka dari itu, simak yuk tips di bawah ini agar bayi bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

1. Mengatur Penerangan agar Bayi Tidur Nyenyak

night-light-rainbow-wall-lamps-led-for-kids.jpg

Foto: dhgate

Pada malam hari, Moms sebaiknya meredupkan lampu kamar agar Si Kecil belajar membedakan antara waktu siang dan malam.

Kondisi itu akan membantu Si Kecil untuk membentuk pola tidurnya dengan baik. Dengan pencahayaan kamar yang redup, maka akan membuat Si Kecil lebih mudah terlelap.

Tidak hanya itu, dengan penerangan kamar yang redup, produksi hormon melatonin juga akan meningkat. Selain bermanfaat untuk kekebalan tubuh, hormon melatonin ini juga membantu Si Kecil untuk cepat tidur.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

2. Mandikan atau Basuh Air Hangat Terlebih Dahulu

baby-bathtub-child-914253.jpg

Foto: Pexels.com

Sudah tahu kan Moms, kalau suhu air hangat yang menenangkan akan membantu Si Kecil untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Memandikan atau membasuh Si Kecil satu atau dua jam sebelum tidur akan membuatnya tidur lebih lama lho Moms.

3. Memberikannya Susu

78744816_4x3.jpg

Foto: babycentre

Perut kenyang maka tidur pun akan menjadi lebih pulas. Ini berlaku juga untuk si buah hati. Moms bisa memberinya ASI atau susu formula sebelum tidur untuk meminimalisir Si Kecil bangun tengah malam karena lapar atau haus.

Namun bagi Moms yang memberikan ASI sebelum tidur, maka Moms harus siap terbangun 2-3 jam sekali untuk memberikan ASI lagi. Hal ini dikarenakan ASI sangat mudah dicerna oleh tubuh, berbeda dengan susu formula yang membuat metabolisme tubuh Si Kecil menjadi lebih lambat.

Baca Juga: Ini 6 Cara Agar Bayi Tidur Teratur dan Nyenyak di Malam Hari

4. Gunakan Popok Berdaya Serap Tinggi

diap-goon-027d-4-2.jpg

Kebanyakan bayi terbangun dari tidurnya bukan karena haus atau lapar, melainkan karena tidak nyaman dengan popok yang dipakainya.

Gunakan popok berdaya serap tinggi agar Si Kecil tetap merasa nyaman dan tidurnya tidak terganggu. Popok dari GOO.N dirancang dengan daya serap cairan yang tahan lama hingga 14 penggunaan lho Moms.

Apalagi tidur Si Kecil akan semakin nyenyak berkat karet pinggang popok GOO.N yang fleksibel dan lapisan popok yang berpori sehingga mencegah terjadinya iritasi pada kulit Si Kecil.

Baca Juga: Bantu Balita Tidur Nyenyak dengan 4 Camilan Sehat Ini

5. Pasang Kelambu agar Bayi Tidur Nyenyak

original.jpeg

Foto: fishpond

Bayi tidak akan dapat tidur nyenyak bila banyak nyamuk beterbangan dan menggigiti kulitnya.

Untuk itu, upayakan ruangan yang digunakan untuk tidur Si Kecil terbebas dari nyamuk. Moms bisa manfaatkan kelambu khusus untuk bayi sebagai pelindung.

Itulah beberapa tips untuk membuat tidur Si Kecil lebih nyenyak dan berkualitas, semoga bermanfaat ya Moms.

Artikel Terkait