3-5 TAHUN
22 Februari 2020

5 Tips Aman Berinternet untuk Anak dari Google Indonesia

Jaga agar anak tetap aman saat berinternet
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam rangka memperingati Hari Aman Berinternet Sedunia atau “Safer Internet Day” yang jatuh pada tanggal 11 Februari setiap tahunnya, bersama dengan Yayasan Sejiwa dan Indonesia Online Child Protection (ID-COP), serta didukung oleh beberapa pihak, Google Indonesia meluncurkan program Tangkas Berinternet (#TangkasBerinternet).

Tangkas Beinternet merupakan sebuah program literasi digital dalam skala global ini bermaksud meningkatkan ketahanan anak-anak berinternet.

Baca Juga: 4 Cara Mengajarkan Anak Berinternet dengan Aman

Tips Aman Berinternet

Sembari memperkenalkan program Tangkas Berinternet, Google Indonesia juga membagikan kiat-kiat agar anak-anak bisa memaksimalkan manfaat internet sambil memperkecil risikonya. Apa saja kiat yang diberikan? Mari kita simak.

1. Cerdas

tips aman berinternet

Foto: Orami Photo Stock

Tips berinternet yang pertama ini maksudnya adalah berhati-hati dalam membagikan konten apa pun di internet.

Kita perlu mempertimbangkan baik-baik isi konten dan dengan siapa konten tersebut akan dibagikan.

“Anak-anak diajari untuk berhati-hati dalam berbagi, memahami konsekuensi dari unggahan di internet, dan informasi apa yang sebaiknya tak dipublikasi,” jelas Putri Alam, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Google Indonesia.

2. Cermat

tips aman berinternet

Foto: Orami Photo Stock

Cermat dalam berinternet di sini maksudnya agar anak-anak tidak mudah tertipu saat berinternet, dan bisa membedakan antara informasi yang asli dan palsu.

Si Kecil juga perlu mengetahui tanda-tanda kemungkinan scam, dan bagaimana cara melaporkannya.

Baca Juga: Anak Ussy Sulistiawaty Dibully di Medsos, Begini 7 Cara Hadapi Cyberbullying Pada Anak

3. Tangguh

tips aman berinternet

Foto: Orami Photo Stock

Putri juga mengatakan bahwa anak-anak akan diajarkan untuk menjaga rahasia dan diberitahu untuk tidak sembarangan dalam mengunggah informasi pribadi mengenai dirinya. Akan diajari juga untuk membuat kata sandi yang aman.

Sandi yang kuat menurut Google Indonesia adalah sandi yang terbuat dari gabungan huruf besar kecil, angka, dan juga simbol.

4. Bijak

tips aman berinternet

Foto: Orami Photo Stock

Tips berinternet selanjutnya yang harus dimiliki oleh anak adalah bijak. Penting bagi Si Kecil untuk memiliki sifat bijak ketika memanfaatkan kekuatan internet untuk menyebarkan hal-hal yang positif.

Jika melihat atau terjadi kasus perundungan (bullying), penting bagi anak untuk melawan dan melaporkannya bila perlu.

Baca Juga: Mengajarkan Dampak Positif dan Negatif Internet pada Anak

5. Berani

tips aman berinternet

Foto: safety.lovetoknow.com

Point terakhir sebagai tips untuk berinternet bagi Si Kecil adalah berani. Anak harus berani mengomunikasikan sesuatu yang dinilai mencurigakan di internet.

Laporkan perilaku yang tidak pantas, juga laporkan saat melihat ada pengguna yang diperlakukan buruk di internet.

Itu dia Moms tips aman berinternet bagi anak yang dibagikan langsung oleh Tim Google Indonesia dalam acara peluncuran program Tangkas Beinternet, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada Senin (10/02/2020).

Artikel Terkait