BALITA DAN ANAK
30 Juni 2019

Tips Aman Melakukan Perjalanan Darat dengan Balita

Jangan sekali-kali meninggalkan Si Kecil sendirian di dalam mobil ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jalan-jalan dengan berkendara lewat darat atau lebih dikenal dengan istilah road trip saat ini tengah ngetren. Bukan hanya untuk pasangan muda, namun juga orang tua dengan anak mereka, bahkan yang masih balita.

Tidak selalu terkesan menakutkan, melakukan perjalanan darat dengan Si Kecil dalam jangka waktu yang panjang bisa jadi menyenangkan. Apalagi di era harga tiket pesawat yang melonjak, perjalanan darat tentu menjadi solusi terbaik.

Melakukan perjalanan darat dengan anak-anak tentu bukan hal mudah. Agar perjalanan lancar yuk ketahui tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita seperti dikutip dari Verywellfamily.com. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Tips Agar Liburan Ke Pantai Bersama Balita Tetap Aman dan Menyenangkan

1. Siapkan Mobil dalam Kondisi Terbaik

road trip 1.jpg

Foto: Hiconsumption.com

Tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita yang pertama adalah memastikan kondisi mobil yang akan digunakan. Moms dan keluarga akan menghabiskan banyak waktu di dalam mobil, jadi masuk akal jika menginginkan kendaraan tersebut dalam kondisi terbaik.

Banyak yang bisa terjadi di jalan, jadi jangan menunda untuk melakukan servis sebelum melaukan perjalanan.

Jangan tunggu sampai hujan turun untuk mengetahui bahwa wiper kaca depan perlu diganti, atau sampai terdampar di sisi jalan dengan mesin yang terlalu panas untuk mengisi cairan pendingin.

Jika Dads merasa mobil keluarga tidak mampu melakukan perjalanan jauh, pertimbangkan untuk menyewa saja.

2. Jangan Tinggalkan Si Kecil Sendirian di Dalam Mobil

road trip 2.jpg

Foto: Jalopnik.com

Tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita yang selanjutnya adalah tidak meninggalkan anak sendirian di dalam mobil. Kita semua pernah mendengar berita tentang seorang anak yang ditinggalkan di dalam mobil menyala dan bertanya-tanya, "Apa yang dipikirkan orang tua itu?" Atau bisa juga saat Si Kecil tengah terlelap dan orang tua jadi sulit bergerak saat mengisi bensi.

Sejumlah keadaan dapat menyebabkan orang tua tergoda untuk meninggalkan anak mereka di dalam mobil meski sebentar. Akan tetapi, lebih baik aman daripada menyesal kan Moms?

Hanya perlu beberapa saat bagi seseorang untuk mendobrak masuk dan membawa Si Kecil saat orang tua ke toilet, dan hanya butuh sedikit waktu untuk membuat mobil panas hingga ke suhu yang berbahaya.

3. Car Seat yang Aman

road trip 3.jpg

Foto: Carseat.co.uk

Tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita yang selanjutnya adalah menggunakan car seat. Bukan hanya mobil yang sehat, kursi anak yang sehat dan aman juga sangat penting.

Pastikan pula, Moms dan Dads memeriksa kondisi car seat dan memasangnya dengan baik, sehingga juga bisa memudahkan saat harus memindahkan Si Kecil agar tidak bosan selama perjalanan.

4. P3K Lengkap

road trip 4.jpg

Foto: Xlraceparts.com

Tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita yang selanjutnya adalah menyiapkan kotak P3K. Bersiaplah untuk lutut yang tergores, reaksi alergi, terbakar sinar matahari, serpihan, benjolan, gigitan, sengatan, dan juga memar.

Kecelakaan memang terjadi di jalan, dan yang terbaik adalah bersiaplah untuk apa pun yang mungkin terjadi, besar atau kecil. Oleh karena itu, jangan lupa siapkan obat-obatan yang penting buat keluarga.

Baca Juga: 5 Tips dan Persiapan Liburan Bersama Anak Naik Kapal

5. Mainan dan Makanan dalam Jangkauan Si Kecil

road trip 5.jpg

Foto: cookinglight.com

Tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita yang selanjutnya adalah menyiapkan mainan dan camilan Si Kecil. Apalagi kalau tiba giliran Moms mengemudi, ada baiknya menyiapkan Si Kecil agar tetap anteng. salah satunya dengan menyimpan mainan dan cemilan kesukaannya dalam jangkauannya sehingga Moms tidak perlu menepi, hanya untuk mendiamkan Si Kecil.

Tidak cuma itu, siapkan juga persiapan kala Si Kecil bosan dengan mainanya. Siapkan lagu-lagu favoritnya untuk diputar dan dinyanyikan seluruh keluarga selama perjalanan.

6. Selimut dan Pakaian Nyaman

road trip 6.jpg

Foto: Narpro.com

Tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita yang selanjutnya adalah menyiapkan selimut dan pakaian yang nyaman. Perjalanan berhari-hari bisa menjauhkan keluarga dari nyamannya rumah. Bersiaplah untuk saat-saat yang kurang nyaman bagi seluruh keluarga terutama Si Kecil.

Siapkan pakaian ternyaman dan juga selimut, serta semua hal yang bisa menghibur Si Kecil.

7. Jangan Panik saat Si Kecil Menangis di Perjalanan

road trip 7.jpg

Foto: Varywellfamily.com

Tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita yang selanjutnya adalah jangan panik ketika Si Kecil menangis. Ketika Si Kecil dan hampir seluruh anggota keluarga mulai lelah dengan perjalanan sehingga mulai terdengar rengekan dan tangisan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah berhenti.

Jika lokasi Moms tidak berada di dekat tempat peristirahatan atau tempat yang aman untuk menepi, tenangkan dan meyakinkan Si Kecil, tetapi ingatlah untuk tetap fokus pada jalan.

Mengemudi adalah prioritas dan jika terlalu terganggu dengan upaya untuk menenangkan anak bisa berbahaya. Ingatlah bahwa meskipun anak menangis, mereka aman di tempat duduknya dan tidak ada salahnya dari menunggu beberapa menit sampai dapat keluar dari jalan dan beristirahat.

Cobalah menyanyikan lagu-lagu, memainkan musik yang menenangkan di radio, memperhatikan hal-hal di luar, atau menawarkan minuman atau makanan ringan untuk mengalihkan perhatian.

Baca Juga: 6 Museum Seru di Dunia Ini Cocok Untuk Destinasi Liburan Anak

Nah itulah beberapa tips aman melakukan perjalanan darat dengan balita. Jangan sampai ada yang terlewat ya!

(TPW)

Artikel Terkait