BALITA DAN ANAK
16 Juli 2020

3 Tips Aman Menggunakan Headphone untuk Anak

Perhatikan volume dan durasi penggunaannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dengan berbagai aktivitas anak yang semakin banyak dilakukan secara digital di masa pandemi, setiap orang tua perlu tahu tips aman menggunakan headphone untuk anak supaya bisa melindungi pendengarannya.

Menurut Sharon Sandridge, PhD, pakar audiologi dari Cleveland Clinic, paparan suara keras berkepanjangan adalah penyebab dari sepertiga kasus kehilangan pendengaran (noise-induced hearing loss) pada anak berusia di bawah 18 tahun.

3 Tips Aman Menggunakan Headphone untuk Anak

Yuk Moms, ajarkan Si Kecil berbagai tips aman berikut supaya ia terbiasa menggunakan headphone dengan aman tanpa mengganggu kualitas pendengarannya.

1. Pilih Headphone yang Sesuai

3 Tips Aman Menggunakan Headphone Untuk Anak 1.jpg

Foto: bestproducts.com

Kebanyakan anak menggunakan headphone yang sebenarnya dirancang untuk orang dewasa, sehingga ukurannya tidak pas di telinga.

Selain membuat kuping gampang sakit dan tidak nyaman, suara dari luar juga tidak bisa dihalangi sepenuhnya sehingga Si Kecil terpaksa harus mendengarkan dengan volume lebih keras.

Walau harganya sedikit lebih mahal, menjaga pendengaran Si Kecil bisa dimulai dengan menggunakan headphone yang dirancang khusus untuk anak dan dilengkapi teknologi noise cancelling yang membuat suara luar tidak mengganggu.

Baca Juga: Tes Pendengaran Anak, Pentingkah?

2. Batasi Volume

3 Tips Aman Menggunakan Headphone Untuk Anak 2.jpg

Foto: Ochsner.org

Setelah menggunakan headphone yang sesuai, Moms perlu membiasakan Si Kecil untuk menggunakan headphone dengan volume yang ramah untuk telinganya.

Melansir healthychildren.org, WHO dan International Telecommunication Union merekomendasikan agar anak tidak mendengarkan suara dengan volume lebih dari 75 dB (desibel), baik saat mendengarkan dari headphone maupun pengeras suara.

Beberapa headphone untuk anak sudah dilengkapi dengan teknologi pembatasan volume, tapi Moms bisa menggunakan hal berikut sebagai acuan:

  • Pastikan Si Kecil masih bisa mendengar suara Moms berbicara dengan volume normal dari jarak satu lengan atau 50 cm.
  • Dengarkan sendiri suara dari headphone yang digunakan anak, lalu pastikan secara berkala tidak ada suara yang keluar dari headphone saat Moms duduk di sebelah Si Kecil.

Supaya suara dari headphone bisa terdengar maksimal meski dengan volume kecil, biasakan Si Kecil untuk menggunakan headphone di area rumah yang tenang dan tidak banyak polusi suara ya, Moms.

Baca Juga: Ini Jenis Infeksi Telinga pada Anak, Yuk Kenali!

3. Batasi Waktu Penggunaan

3 Tips Aman Menggunakan Headphone Untuk Anak 3.jpg

Foto: Pridelearningcenter.com

Nah, ini dia tips aman menggunakan headphone untuk anak yang sering terlupakan. Untuk melindungi pendengaran anak memang bukan hanya volume headphone yang harus diperhatikan, tapi juga durasi penggunaannya.

Menurut acuan paparan desibel dari dangerousdecibel.org, durasi akumulatif harian untuk mendengarkan suara lebih 85 dB adalah tidak lebih dari 8 jam dalam sehari. Semakin besar volume suara, akan semakin pendek pula durasi yang diperbolehkan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telinga Berdenging Atau Tinnitus Pada Anak

Tentu saja, tips aman menggunakan headphone untuk anak di atas belum lengkap tanpa dibarengi dengan contoh nyata dari Moms dan Dads.

Bagaimana menurut Moms, adakah hal lain yang perlu diajarkan supaya pendengaran Si Kecil tetap terjaga meski sering menggunakan headphone?

Artikel Terkait