DI ATAS 5 TAHUN
20 Mei 2020

5 Tips Aman Menggunakan Lotion Anti Nyamuk untuk Anak

Jangan sembarangan mengoleskan lotion anti nyamuk, cari tahu cara amannya di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Intan Aprilia

Mengoleskan lotion nyamuk untuk anak memang jadi cara paling praktis untuk melindungi Si Kecil dari gigitan nyamuk dan berbagai resiko penyakit yang bisa dibawanya.

Namun, karena kebanyakan lotion anti nyamuk menggunakan DEET atau diethyltoluamide sebagai bahan aktif utama, penggunaannya harus sesuai aturan supaya tidak membahayakan dan efektif melindungi kulit.

Menggunakan Lotion Anti Nyamuk pada Anak

Nah, inilah beberapa tips yang perlu Moms perhatikan saat mengoleskan lotion anti nyamuk pada anak.

1. Oleskan Tabir Surya Terlebih Dulu

Catat! 5 Tips Aman Menggunakan Lotion Anti Nyamuk Untuk Anak  1.jpg

Foto: today.com

Melindungi Si Kecil dari gigitan nyamuk memang penting, tapi penggunaan tabir surya juga tidak boleh ketinggalan saat sedang beraktivits di luar ruangan ya, Moms.

Supaya keduanya bisa melindungi kulit anak dengan efektif, oleskan dulu tabir surya secara merata di kulit sebelum lotion anti nyamuk.

Tabir surya memang perlu dioleskan ulang secara berkala, tapi lotion anti nyamuk sebaiknya hanya dioleskan ulang jika efeknya mulai hilang saja.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Anak, Ampuh Banget!

2. Oleskan Tipis Tapi Merata

Catat! 5 Tips Aman Menggunakan Lotion Anti Nyamuk Untuk Anak 2.jpg

Foto: chemicalsafetytips.org

Menurut rekomendasi dari studi yang dilansir National Institutes of Health, lotion anti nyamuk untuk anak sebaiknya hanya digunakan dua kali dalam sehari saja untuk mencegah alergi dan iritasi dermatitis.

Namun, bukan berarti lotion perlu digunakan sebanyak-banyaknya untuk memberikan perlindungan maksimal ya, Moms.

Cara paling tepat untuk menggunakan lotion anti nyamuk untuk anak adalah mengoleskannya pada seluruh area kulit yang tidak tertutup pakaian secara tipis tapi merata.

Jika menggunakan spray, kocok botol terlebih dahulu lalu semprotkan secara merata ke area kulit yang tidak tertutup pakaian dari jarak 10-15 cm.

3. Hindari Kulit Luka dan Selaput Lendir

Catat! 5 Tips Aman Menggunakan Lotion Anti Nyamuk Untuk Anak 3.jpg

Foto: babycenter.com

Mengutip Michigan Health, lotion nyamuk berkandungan DEET aman untuk kulit anak jika digunakan sesuai dengan petunjuk dan aturan.

Salah satu aturan yang harus diikuti adalah tidak mengoleskan produk lotion anti nyamuk di area kulit yang luka atau terbakar matahari, juga tidak dioleskan di area kulit sekitar mulut, mata, dan telapak tangan.

Jika ingin melindungi wajah Si Kecil dari nyamuk, lebih baik semprot atau oleskan anti nyamuk di topi. Tunggu sampai kering, baru gunakan topi saat beraktivitas.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Gatal Bayi Akibat Digigit Nyamuk

4. Gunakan di Ruangan Berventilasi Baik

Catat! 5 Tips Aman Menggunakan Lotion Anti Nyamuk Untuk Anak 4.jpg

Foto: familyvacationcritic.com

DEET memang relatif aman untuk penggunaan pada kulit luar, tapi bisa menyebabkan masalah kesehatan jika masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, kulit terbuka, ataupun mata dan mulut.

Untuk itu, spray dan lotion nyamuk untuk anak sebaiknya hanya digunakan di luar ruangan atau di ruangan dengan aliran udara yang baik.  

5. Tidak Perlu Digunakan di Bawah Pakaian

Catat! 5 Tips Aman Menggunakan Lotion Anti Nyamuk Untuk Anak 5.jpg

Foto: parentsneed.com

Supaya Si Kecil terlindung maksimal, Moms mungkin merasa perlu untuk mengoleskan lotion anti nyamuk di area kulit yang sudah tertutup pakaian. Namun, kesalahan ini sebaiknya tidak dilakukan lagi.

Dengan menggunakan lotion anti nyamuk di kulit yang tertutup pakaian, akan lebih banyak zat kimia yang diserap oleh tubuh sehingga meningkatkan risiko iritasi kulit.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Bahaya Gigitan Nyamuk Bagi Bayi

Ingat ya Moms, selalu baca label dan ikuti petunjuk pemakaian lotion anti nyamuk untuk anak dengan benar supaya Si Kecil tetap aman dan terlindungi dengan maksimal.

Apa Moms tahu, di waktu apa saja anak perlu menggunakan lotion anti nyamuk?

Artikel Terkait