RUPA-RUPA
27 Maret 2020

5 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Fokus di Tengah Pandemi COVID-19

Tetap profesional bahkan ketika berada di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Kasus positif COVID-19 di Indonesia membuat publik khawatir dan mengambil kebijakan guna mengurangi potensi persebaran virus corona. Salah satunya, kebijakan work from home yang telah dilakukan beberapa kantor.

Bekerja di rumah berarti menjadikan zona nyaman Moms menjadi lingkungan produktif untuk bekerja. Beberapa orang mungkin merasa sulit untuk beradaptasi dengan perubahan ini.

Ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan agar tetap bisa bekerja di rumah dan menyelesaikan hal-hal yang menjadi tanggung jawab di kantor.

Baca Juga: Dari Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, Ini Panduan Mencuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

Tips Bekerja di Rumah

Beberapa kantor membuat kebijakan bekerja di rumah selama dua minggu. Jika Moms ingin agar tetap produktif saat bekerja ketika berada di rumah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Maksimalkan Produktivitas

tips bekerja di rumah-1.jpg

Foto: theverge.com

Bahkan ketika berada di rumah, tetap lakukan rutinitas yang sama seperti Moms berangkat bekerja.

"Cobalah untuk tetap melakukan rutinitas yang mirip dengan rutinitas asli sebelum mulai bekerja dari rumah," kata Eric Lam, seorang reporter lintas aset di Hong Kong, mengutip Bloomberg.

Misalnya, jika Moms harus bekerja pada pukul 09.00 WIB, jangan bangun beberapa menit sebelumnya. Justru, persiapkan diri dengan bangun, sarapan, minum kopi, dan mandi.

2. Berpakaian yang Nyaman

tips bekerja di rumah-2.jpg

Foto: bitcoinist.com

Sebagai tips bekerja di rumah, Moms memang tidak perlu mengenakan pakaian formal. Tetapi, setidaknya hindari menggunakan piyama atau baju tidur. Pakai pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana pendek.

"Mengenakan pakaian nyaman membuat saya merasa terjaga, segar, produktif, dan tidak jorok. Cara ini adalah bagian dari trik mental untuk membatasi antara pekerjaan dan sisa hari yang harus dijalani," kata Kristine Servando, wakil kepala digital Asia di Hong Kong.

Selain itu, penting juga untuk menciptakan "lingkungan kantor". Misalnya, dengan mengatur ruang kerja di ruangan yang cukup terang, baik dengan lampu atau cahaya matahari.

Baca Juga: 6 Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan Sambil Mengurus Keluarga

3. Berikan Distraksi Menyenangkan pada Anak

tips bekerja di rumah-4.jpg

Foto: workingmother.com

Dengan adanya penutupan kegiatan belajar mengajar di beberapa sekolah dan kekhawatiran menempatkan anak-anak di penitipan anak, Moms sebagai orang tua yang bekerja juga dihadapkan pada tantangan.

Apalagi, anak tentu akan mencari perhatian dari orang tuanya, dan hal ini bisa mengganggu Moms yang sedang bekerja.

Tips untuk orang tua yang bekerja di rumah, sebaiknya berikan distraksi yang menarik perhatian Si Kecil. Hal ini bisa berupa buku mewarnai, permainan puzzle atau teka-teki, atau menggunakan gadget seperti ponsel atau tablet.

Selain itu, jelaskan kepada anak tentang Moms yang sedang bekerja di rumah, dan ingin agar tetap fokus. Mungkin Moms bisa memberitahunya ketika selesai bekerja, akan menyisihkan waktu bermain dengan Si Kecil.

4. Bersosialisasi dengan Kolega

tips bekerja di rumah-3.jpg

Foto: grow.acorns.com

Saat bekerja di rumah, akan ada interaksi yang minim ketimbang ketika berada di kantor. Bagi Moms yang suka bersosialisasi, hal ini mungkin akan memberikan perasaan yang sepi.

Penting untuk mengetahui seberapa besar interaksi yang dibutuhkan agar merasa terhubung, bahkan ketika bekerja di rumah. Misalnya, dengan chatting lewat WhatsApp, atau video call.

Tetapi, jangan lupa untuk tetap fokus menyelesaikan pekerjaan ya, Moms. Interaksi bisa dilakukan beberapa kali untuk menghindari kejenuhan. Namun, jangan melupakan profesionalitas pula.

Baca Juga: Ini 5 Zodiak yang Paling Tak Betah Sendiri dan Pintar Bersosialisasi

5. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

tips bekerja di rumah-5

Foto: Orami Photo Stock

Saat Moms bekerja di rumah, manfaatkan kesempatan ini untuk bisa melakukan aktivitas fisik agar badan juga tetap sehat. Kurang gerak bisa membuat fisik lesu dan berat badan bertambah.

"Lakukan peregangan sebelum, selama, atau setelah shift kerja. Apalagi, sangat mudah untuk tetap berada di sofa yang nyaman dan tempat tidur yang penuh bantal," jelas Servando.

Apalagi dengan teknologi internet, Moms cukup menggelar alas yoga atau melakukan latihan intensitas tinggi 30 menit melalui video latihan online di YouTube.

Itu dia Moms, beberapa tips bekerja di rumah yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemik virus COVID-19 ini, ya.

Namun, tidak hanya kegiatan-kegiatan di atas, Moms juga bisa menghabiskan waktu di rumah dengan shopping, lho!

Online shopping tentunya sangat menarik dilakukan untuk Moms yang bosan di rumah. Nah, Orami menyediakan promo di rumah aja agar Moms bisa berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga yang miring!

Tenang saja Moms, Orami sudah menjamin semua keamanan dan kebersihan paket. Mulai dari kebersihan produk, gudang, sampai kurir, sehingga Moms bisa berbelanja dengan nyaman di Orami!

Artikel Terkait