DI ATAS 5 TAHUN
19 November 2020

Tips Belajar Membaca untuk Anak 5 Tahun yang Bisa Moms Coba!

Selain tetap sabar, ini cara terbaik untuk mengajarkan anak belajar membaca!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Biasanya antara usia 5 dan 6 tahun, kebanyakan anak akan mulai belajar membaca.

Bagi banyak orangtua, menyaksikan seorang anak bertransisi dari yang belum bisa membaca menjadi seorang yang dapat menghibur dan belajar melalui sebuah buku mendidik dirinya sendiri dengan sebuah buku adalah salah satu pencapaian dalam kehidupan keluarga.

Membaca merupakan tonggak yang sangat penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Berbeda dengan keterampilan motorik, keterampilan membaca tidak berkembang secara organik atau alamiah pada anak.

Bimbingan yang diberikan dari orangtua sangatlah penting untuk mengembangkan keterampilan membaca sejak dini. Ini juga sangat menentukan kemampuan membaca anak ke depannya.

Belajar membaca untuk anak 5 tahun dengan akurat, lancar, dengan pemahaman yang baik juga merupakan seperangkat keterampilan yang penting untuk keberhasilan anak-anak di sekolah nantinya.

Itulah mengapa di tahun-tahun awal pendidikan dasar, biasanya dikhususkan untuk mengajarkan anak-anak membaca dengan berbagai metode.

Beberapa orangtua juga mungkin merasa khawatir akan kemampuan membaca anak mereka. Tak jarang para orangtua juga mencari kursus kilat dan jalan pintas tentang cara belajar membaca untuk anak 5 tahun di rumah.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Malas Belajar, Wajib Tahu!

Tips Cara Belajar Membaca untuk Anak 5 Tahun

Cara Belajar Membaca untuk Anak 5 Tahun

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Children's Healthcare of Atlanta, manfaat membaca dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial, kosa kata dan keterampilan menulis yang lebih kuat.

Selain itu, membaca dapat membantu mereka untuk lebih memahami dan memproses ide-ide yang lebih kompleks.

Mungkin Moms bisa mengikuti beberapa tips belajar membaca untuk anak usia 5 tahun berikut ini:

1. Terapkan Beberapa Hal Sebelum Belajar Membaca

Ada aktivitas yang sama sekali tidak terlihat seperti membaca, tetapi menyiapkan Si Kecil belajar membaca untuk anak 5 tahun.

Perilaku pra-membaca ini mungkin muncul secara spontan melalui pengamatan dan peniruan anak sendiri atau orang dewasa juga bisa mendorongnya. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

  • Buat anak sadar akan tanda, label, atau kemasan. Pasalnya, anak-anak dapat mengetahui bahwa sebuah tanda bertuliskan "McDonald's" sebelum mereka benar-benar dapat membaca huruf tersebut.
  • Buat anak sadar akan rima.
  • Perkenalkan konsep tentang buku, seperti misalnya mengajarkan anak bagaimana cara membaca buku. Apakah mereka merasa bahwa halaman-halaman tersebut berputar satu per satu dan selalu ke arah yang sama? Saat Moms membaca, tunjuklah kata-kata tersebut sehingga mereka dapat melihat bahwa membaca yang benar adalah dari kiri ke kanan.
  • Coba diskriminasi suara - “Mona makan mie”. Mo - ma - mi harus jelas bedanya.
  • Ketika seorang anak menunjukkan perilaku dan kemampuan ini, mereka mungkin siap untuk belajar membaca. Jika tidak, aktivitas kerja seperti ini menjadi rutinitas harian untuk bisa membantu membimbing mereka ke arah yang benar.
  • Lanjutkan membacakan dengan lantang untuk anak. Jika anak-anak belajar bahwa membaca adalah pengalaman yang menyenangkan, mereka akan termotivasi untuk mempelajari keterampilan itu sendiri.

2. Gunakan Lagu Anak-Anak untuk Membangun Kesadaran Fonemik

Lagu anak-anak dan cerita dongeng anak-anak tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa membantu anak-anak mendengar bunyi dan suku kata dalam kata-kata.

Alhasil, ini akan membantu SI Kecil belajar membaca untuk anak 5 tahun.

Cara yang baik untuk membangun kesadaran fonemik (salah satu keterampilan terpenting dalam belajar membaca) adalah bertepuk tangan secara ritmis dan melafalkan lagu secara serempak.

Kegiatan yang menyenangkan dan mengikat ini adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk secara implisit mengembangkan keterampilan literasi yang akan mempersiapkan mereka untuk sukses membaca.

3. Buatlah Kartu Kata Sederhana di Rumah

Libatkan Anak dalam Lingkungan yang Penuh Hal untuk Dibaca dan Dipelajari

Foto: Orami Photo Stock

Gunting kartu sederhana dan tulis satu kata sederhana. Ajaklah anak untuk memilih sebuah kartu, kemudian bacakan kata tersebut bersama-sama. Minta Si Kecil untuk mengucapkan suara pertama dari huruf, dan terus hingga kata terakhir.

Kegiatan sederhana ini membutuhkan sedikit waktu persiapan, namun berguna untuk membantu belajar membaca untuk anak 5 tahun dan bagi Si Kecil mempelajari cara melafalkan kata-kata.

Jika anak baru mulai mempelajari huruf-huruf alfabet, fokuslah pada bunyi yang dihasilkan setiap huruf.

Baca Juga: 3 Manfaat Anak Berhitung Dengan Jari Saat Belajar Matematika

4. Libatkan Lingkungan Sekitar Anak

Sebagai tips belajar membaca untuk anak 5 tahun, Moms bisa menciptakan rumah yang penuh benda yang bisa dibaca untuk anak.

Melihat kata-kata tercetak (pada poster, bagan, buku, label, dll.) memungkinkan anak-anak untuk melihat dan menerapkan hubungan antara bunyi dan simbol huruf.

Saat Moms bepergian, tunjukkan surat di poster, papan reklame, dan papan tanda. Di sini, Moms bisa mengajarkan cara pengucapan huruf untuk membuat kata-kata.

Fokus pada huruf pertama dalam kata-kata. Tanyakan kepada anak Anda "Itu huruf apa?", "Kata lain apa yang dimulai dengan huruf itu?", dan semacamnya.

5. Mainkan Permainan Kata

Moms juga bisa memperkenalkan permainan kata sederhana secara teratur untuk tips belajar membaca untuk anak 5 tahun. Fokus pada permainan yang mendorong anak untuk mendengarkan, mengidentifikasi, dan meniru suara dalam kata-kata.

Misalnya, mulailah dengan mengajukan pertanyaan seperti "Dari huruf apa kata itu dimulai?", "Kata itu diakhiri dengan huruf apa?", "Kata-kata apa yang dimulai dengan huruf itu?" dan sebagainya.

6. Pahami Keterampilan dalam Mengajar Anak Membaca

belajar membaca untuk anak 5 tahun-2

Foto: Orami Photo Stock

Penting untuk diingat bahwa belajar membaca untuk anak 5 tahun melibatkan berbagai keterampilan yang berbeda.

Ada lima komponen penting dari membaca yang dapat Moms pahami. Ini adalah keterampilan yang dibutuhkan semua anak agar berhasil belajar membaca:

  • Kesadaran fonemik - kemampuan untuk mendengar dan memanipulasi suara yang berbeda dalam kata-kata.
  • Fonik (phonic)- mengenali hubungan antara huruf dan bunyinya.
  • Kosakata - memahami arti kata, definisinya, dan konteksnya.
  • Pemahaman bacaan - memahami arti teks, baik dalam buku cerita maupun buku informasi.
  • Kefasihan - kemampuan untuk membaca dengan lantang dengan kecepatan, pemahaman dan akurasi.

7. Manfaatkan Teknologi

Belajar membaca harus menjadi proses yang menyenangkan agar anak-anak tetap termotivasi untuk berkembang. Mengikuti perkembangan teknologi juga dapat menjadi tips belajar membaca untuk anak 5 tahun.

Kadang-kadang seorang anak mungkin penuh dengan kegembiraan dan keinginan untuk belajar pada awalnya, tetapi begitu mereka menghadapi kesulitan, mereka akan merasa kewalahan dan mudah menyerah.

Moms mungkin jadi tidak tidak sabar dan bingung menghadapinya. Oleh karena itu, mungkin Moms bisa menggunakan bantuan teknologi, seperti misal aplikasi untuk mengenalkan huruf atau mendengarkan video-video pembelajaran.

Baca Juga: Mengapa Penting untuk Mengajarkan Anak Bahasa Asing Sejak Dini?

8. Ajak Anak Baca Bersama Setiap Hari

Banyak orang tidak menyadari betapa banyak keterampilan dapat diambil melalui tindakan sederhana membaca kepada seorang anak.

Moms tidak hanya menunjukkan kepada mereka cara melafalkan kata-kata, tetapi Moms juga membangun keterampilan pemahaman kunci, mengembangkan kosakata mereka, dan membiarkan mereka mendengar seperti apa suara pembaca yang fasih.

Apa yang terpenting, membaca secara teratur akan membantu anak mengembangkan minat membaca, yang merupakan cara terbaik untuk mempersiapkan mereka agar berhasil belajar membaca untuk anak 5 tahun.

Perkuat keterampilan pemahaman anak dengan mengajukan pertanyaan sambil membaca. Untuk anak-anak yang lebih kecil, dorong mereka untuk terlibat dengan gambar.

Misalnya: "Apa warna kucingnya, apa warna mobilnya?" Sementara untuk anak yang lebih besar, ajukan pertanyaan tentang apa yang baru saja ia baca, seperti "Menurut kamu, kenapa ya burung kecil itu takut?" atau "Siapa penjahat di cerita itu?"

Moms juga bisa mendongeng kepada Si Kecil.

Pada Australasian Journal of Early Childhood, membacakan dongeng anak bermanfaat membangun rasa komunitas yang lebih besar, meningkatkan pengetahuan dan daya ingat, mendukung pengembangan literasi awal, dan memperluas potensi kreatif pada anak.

9. Tetap Sabar

belajar membaca untuk anak 5 tahun-3

Foto: Orami Photo Stock

Tips terbaik belajar membaca untuk anak 5 tahun adalah tetap membuatnya selalu menyenangkan!

Setiap anak belajar dengan kecepatannya sendiri, jadi selalu ingat satu hal terpenting yang dapat Moms lakukan adalah membuatnya menyenangkan.

Dengan membaca secara teratur, mencampurkan berbagai hal dengan kegiatan yang ia lakukan, dan membiarkan anak memilih buku mereka sendiri sesekali, Moms akan menanamkan kecintaan awal membaca dan memberi mereka kesempatan terbaik untuk bisa belajar membaca dalam waktu singkat.

Itu dia Moms, beberapa hal yang bisa menjadi tips belajar membaca untuk anak 5 tahun. Semoga berguna.

Artikel Terkait