SHOPPING
15 September 2020

Ini Dia 5 Tips Belanja Online Lebih Murah dan Tidak Kena Tipu

Tidak ingin tertipu barang palsu saat belanja online kan? Ikuti tips ini Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Belanja online kini menjadi alternatif berbelanja bagi Moms yang sibuk atau lebih suka menghabiskan waktunya di depan layar komputer atau handphone.

Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini, pemerintah menganjurkan untuk sebisa mungkin tidak bepergian ke luar rumah, dalam usaha meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Belanja online banyak dipilih karena hanya dengan beberapa kali klik, Moms hanya perlu menunggu barang pesanan diantar ke rumah. Maka dari itu, saat pandemi seperti sekarang ini, berbelanja lewat internet sepertinya menjadi pilihan yang bijak.

Ternyata, masih banyak kecemasan yang menghantui para Moms untuk berbelanja online, mulai dari keaslian produk, kredibilitas penjual, sampai bagaimana caranya mendapatkan harga murah saat belanja online.

Baca Juga: 5 Trik Mudah Mendapatkan Berbagai Promo Diskon Saat Belanja Online

Hampir setengah dari orang tua di Amerika Serikat bahkan selalu berbelanja online setiap minggu, menurut studi e-commerce Pitney Bowes.

Meskipun memudahkan, Moms juga harus waspada saat berbelanja. Karena bisa saja Moms membeli barang bayi yang palsu. Banyak orang tua yang menjadi korban hingga kini. Penelitian yang dilakukan Red Points mencatat, sebanyak 30 persen pembeli telah membeli barang bayi palsu saat berbelanja online.

"Kekhawatiran terbesar kami adalah para pelanggar, barang tiruan, atau penjual palsu tidak melalui persyaratan pengujian yang sama ketat dengan yang dialami merek-merek yang sudah teruji," kata Rebecca Mond, wakil presiden urusan pemerintahan federal di Toy Association, sebuah asosiasi perdagangan-profit untuk industri mainan AS.

Tips Belanja Online untuk Moms

Di bawah ini adalah tips belanja online agar Moms bisa lebih cermat dalam memilih penjual dan barang, serta bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada belanja langsung di toko.

1. Ketahui Produk yang Dicari

Ini 4 Cara Kenali Barang Bayi Palsu Saat Belanja Online -1

Foto: Orami Stock Photos

Tips belanja online yang pertama adalah ketahui produk yang dicari. Biasanya, produk asli dan palsu bisa terlihat sangat mirip baik dalam wadah atau penampakan di dalam fotonya. Jadi, penting untuk mempelajari detail produk yang Moms ingin beli. “Bahkan hal-hal sesederhana seperti nama yang benar,” kata Rebecca.

Moms dapat langsung melihat barang incaran ke website resminya untuk membandingkan suatu produk. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi barang tersebut secara detail dan tidak membeli barang palsu.

Beberapa situs biasanya juga mencantumkan pengecer mana yang berwenang untuk menjual produknya.

2. Periksa Penjualnya

Ini 4 Cara Kenali Barang Bayi Palsu Saat Belanja Online -2

Foto: Orami Stock Photos

Tips belanja online barang kebutuhan bayi yang selanjutnya adalah memeriksa penjualnya. Setelah menemukan barang yang dicari, perhatikan juga dari mana produk itu berasal. Membeli dari penjual pihak ketiga meningkatkan kemungkinan produk palsu.

Sebuah laporan oleh U.S Government Accountability Office mengungkapkan, 20 dari 47 item yang dibeli dari lima ‘situs web konsumen populer’ adalah barang palsu.

Jika memilih vendor pihak ketiga, perhatikan nama penjual dengan meneliti nama, membaca review pembeli, dan memeriksa kebijakan pengembalian. Jika membeli di e-commerce, biasanya penjual memiliki rating atau reputasi baik sebagai standar kepercayaan dari pembeli.

Moms juga bisa mengecek nomer rekening penjual di dalam website tertentu, untuk mengetahui apakah nomer rekening tersebut pernah dipakai menipu atau tidak. Selain itu jika membeli di sosial media instagram misalnya, Moms bisa mengecek apakah akun tersebut pernah menipu atau tidak dalam aplikasi pelacak setting nama.

Baca Juga: Tipe-Tipe Orang yang Belanja Online, Anda yang Mana?

3. Perhatikan Harga Produk

Ini 4 Cara Kenali Barang Bayi Palsu Saat Belanja Online -3

Foto: Orami Stock Photos

Tips belanja online barang kebutuhan bayi yang selanjutnya adalah memerhatikan harga produk. "Jika harga tampaknya terlalu murah dengan barang yang bagus, mungkin itu benar-benar menipu," kata Rebecca.

Tetapi itu, tidak berarti tidak ada penawaran bagus saat membeli barang online, terutama saat musim liburan. Tetapi biasanya diskon ekstrem dapat menjadi isyarat barang bayi tersebut palsu.

Misalnya, jika Moms melihat suatu produk dijual dengan harga Rp200.000 dan tiba-tiba menemukan barang yang sama seharga Rp75.000 di tempat lain secara online, itu benar-benar indikasi penipuan.

4. Jadilah Skeptis

Ini 4 Cara Kenali Barang Bayi Palsu Saat Belanja Online -4

Foto: Orami Stock Photos

Tips belanja online barang kebutuhan bayi yang selanjutnya adalah menjadi seorang yang skeptis. Jika melihat deskripsi produk yang kurang atau foto produk yang buruk, Moms bisa langsung bertanya kepada penjual tentang produk tersebut sedetail mungkin dan meminta foto aslinya. Meski harus disebut merepotkan, hal tersebut tidak masalah.

Istilah ‘pembeli adalah raja’ cocok untuk situasi ini. sebab, Moms tidak melihat langsung barang tersebut dan harus meyakinkan diri sebelum membelinya.

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Ketakutan Wanita Untuk Berbelanja Online

5. Belanja di Orami

orami ecommerce

Foto: Orami Stock Photos

Tips belanja online barang kebutuhan bayi yang selanjutnya adalah belanja di Orami. Sudah 8 tahun lamanya, Orami menjadi e-commerce yang mampu memenuhi kebutuhan para Moms dan Si Kecil.

Tidak seperti marketplace yang barangnya dijual oleh toko yang berbeda-beda sehingga rentan sekali disusupi barang palsu, Orami memiliki gudang dan mengirim produk ke konsumen langsung.

Dengan begitu, konsumen dipastikan akan menerima barang original. Untuk keamanan, Moms tidak perlu khawatir. Belanja di Orami pasti aman karena disiapkan dan diantarkan sesuai dengan protokol kesehatan.

6. Manfaatkan Voucher Diskon dan Kode Promo

tips belanja online

Foto: Orami Stock Photos

Sebelum mulai berbelanja, selalu cek voucher diskon dan promo tertentu pada e-commerce tujuan Moms. Sebelum check out, masukkan kode promo di kolom yang tertera.

Biasanya, Moms akan mendapatkan potongan harga yang lumayan, sehingga Moms bisa lebih hemat dalam belanja. Lebih hemat kan, Moms.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Ke-7, Orami Luncurkan Aplikasi Orami Parenting

7. Gunakan Kartu Kredit Bank Sinarmas Orami

tips belanja online

Foto: doc/sinarmas

Tidak hanya kualitas barangnya yang memuaskan, harganya yang terjangkau, dan banyak promo, Orami juga semakin memudahkan para Moms untuk berbelanja dengan menghadirkan kartu kredit Orami yang bekerjasama dengan PT. Bank Sinarmas Tbk.

Keuntungan yang Bisa Moms Dapatkan

1. Cicilan 0%

Moms bisa belanja di Orami.co.id dengan lebih mudah menggunakan cicilan 3 dan 6 bulan. (klik untuk syarat dan ketentuan cicilan)

2. Diskon Menarik

Moms juga bisa mendapatkan tambahan diskon 2% untuk promo reguler dan 4% untuk promo tertentu. (klik untuk syarat dan ketentuan diskon)

3. Cashback

Selain itu, Moms akan mendapatkan cashback 0,5% (unlimited) setiap transaksi di website atau aplikasi Orami, setelah pembayan penuh (full payment sesuai tagihan) dan tepat waktu yang akan dikreditkan pada Orami Credit Moms. (klik untuk syarat dan ketentuan cashback)

4. E-Voucher Orami Rp450.000

Dapatkan E-Voucher Orami Rp450.000 untuk 100 pengajuan pertama Kartu Kredit Bank Sinarmas Orami. (klik untuk syarat dan ketentuan e-voucher)

Baca Juga: Tipe-Tipe Orang yang Belanja Online, Anda yang Mana?

Bagaimana Cara Daftarnya?

1. Download & Install Simobiplus

Penuhi kebutuhan perbankan kamu dalam satu genggaman

2. Ajukan Kartu Kredit Bank Sinarmas Orami Lewat Aplikasi SimobiPlus

Ajukan, sekali klik langsung beres! Kamu akan mendapatkan SMS & email disetujui / tidak disetujui pengajuan Kartu Kredit Bank Sinarmas Orami.

3. Meet Us!

Jika pengajuan kamu disetujui, segera kunjungi kantor cabang/booth Bank Sinarmas terdekat.

Persyaratan Pengajuan Kartu Kredit Bank Sinarmas Orami

  • Pengajuan kartu kredit dilakukan melalui aplikasi SimobiPlus. Unduh SimobiPlus untuk Android dan IOS.
  • Perorangan (WNI)
  • Batas usia pemohon kartu kredit :
  • Kartu Utama : minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Kartu tambahan : minimal 17 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki rekening tabungan (rupiah) Bank Sinarmas sebagai rekening sumber dana untuk pembayaran autodebet kartu kredit.
  • Memiliki alamat email untuk pengiriman e-statement (lembar tagihan kartu kredit).
  • Minimal penghasilan ≥ Rp3.000.000/bulan.
  • Produk ini membutuhkan jaminan / lock dana
  • Lock dana maksimum Rp2.000.000.000,-
  • Lock dana minimum Rp 500.000
  • Limit Kartu Kredit (90% dari dana tabungan yang di lock).
  • Pembayaran tagihan wajib secara autodebet
  • Limit kredit 90% dari jumlah lock dana
  • Pembayaran tagihan dibayar penuh atau minimal pembayaran 10% dari jumlah tagihan
  • Bank Sinarmas berhak mengubah syarat dan ketentuan ini kapan pun tanpa pemberitahuan
  • Ketentuan lock dana mengikuti program yang berlaku. Syarat dan ketentuan dapat berubah sesuai kebijakan Bank dan akan diinformasikan melalui website Bank Sinarmas maupun media lainnya

Yuk gabung dengan Kartu Kredit Bank Sinarmas Orami!

Baca Juga: Orami Berkolaborasi dengan Bank Sinarmas Luncurkan Kartu Kredit untuk Para Ibu

Itulah beberapa tips belanja online yang bisa Moms coba. Jangan sampai tertipu barang palsu ya Moms!

Kenali barang bayi impian agar tidak membeli produk palsu. Jika ingin mendapat yang terbaik, aman dan nyaman, berbelanja di Orami saja Moms.

Artikel Terkait