PROGRAM HAMIL
10 Oktober 2019

5 Tips Berhubungan Seks Saat Masa Ovulasi Agar Cepat Hamil

Berhubungan seks saat masa ovulasi alias masa subur meningkatkan peluang kehamilan sebanyak 30%.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Banyak yang percaya bahwa peluang hamil kian besar jika melakukan hubungan seks saat masa ovulasi.

Ya, masa ovulasi adalah masa di mana sel telur Moms dihasilkan di dalam indung telur.

Nah, bagi Moms dan Dads yang sedang menunggu-nunggu momongan, mungkin bisa menerapkan beberapa tips seks ini saat masa ovulasi datang.

1. Hitung dengan Benar Kapan Ovulasi Datang

penyebab-tidak-berovulasi-artikel_HERO.jpg

Masa ovulasi memang waktu di mana Moms memiliki peluang hamil yang cukup besar jika melakukan hubungan seks saat itu. Namun, pastikan bahwa Moms menghitungnya dengan benar, ya.

Menurut Verywell Family, umumnya masa ovulasi ini terjadi pada hari ke 12 dan 13 dari siklus menstruasi Moms. Namun, memang setiap wanita mungkin akan berbeda-beda, tergantung bagaimana siklus haidnya.

Nah, jika memang ingin hamil, Moms bisa melakukan seks dari 3 hari sebelum hari ovulasi itu terjadi.

Baca Juga: Kenali Berbagai Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

2. Melakukan Seks dengan Berbagai Posisi

Wajib Tahu, Ini Penjelasan tentang Infeksi Menular Seksual Selama Kehamilan.jpg

Banyak yang percaya bahwa beberapa jenis posisi seks dianggap dapat memperbesar peluang kehamilan. Nyatanya, semua posisi seks punya peluang yang sama, kok, Moms.

Asalkan terjadi penetrasi penis ke vagina, maka kemungkinan Moms untuk hamil itu ada. Nah, dilansir dari Parents, justru Moms dan Dads disarankan untuk mencoba dan mengeksplorasi berbagai macam posisi seks.

Selain menambah kenikmatan bercinta, peluang terjadinya pembuahan justru semakin besar. Jadi, agar cepat hamil saat masa ovulasi, yuk, coba praktikan gaya bercinta baru, Moms.

Baca Juga: Apa Penyebab Darah Haid Hitam?

3. Pentingkan Kualitas, Bukan Kuantitas

Manfaat-Seks-Hero.jpg

Mungkin Moms dan Dads beranggapan bahwa semakin sering berhubungan seksual, maka peluang kehamilan pun kian tinggi. Sayangnya, hal ini tak sepenuhnya benar.

Pasalnya menurut WebMD, justru semakin sering berhubungan seks membuat produksi sperma pria tidak begitu baik kualitasnya.

Sebaliknya, jika terlalu jarang juga, malah akan memperkecil peluang hamil. Maka itu, Moms dan Dads sebaiknya jangan sampai terlalu sering dan jarang berhubungan seks.

Memang, tidak ada pakem khusus frekuensi ideal berhubungan seks. Namun, dilansir dari Baby Meds, peluang hamil lebih besar jika Moms dan Dads bercinta satu kali dalam dua hari dan sekali sehari ketika masa ovulasi.

Baca Juga: Ini Dia 6 Tahapan Proses Bayi Tabung

4. Pakai Pelumas yang Aman dan Sesuai

5 Hal yang Harus Diketahui tentang Posisi Seks Amazon

Agar bisa cepat hamil, Moms dan Dads sebaiknya tidak menggunakan pelumas sembarangan. Tentu saja anjuran ini berlaku setiap akan melakukan seks, tak hanya saat masa ovulasi saja.

Pelumas berfungsi untuk membuat penetrasi lebih mudah dan tidak sakit saat melakukan hubungan seks.

Namun, pastikan pelumas yang Moms pakai itu aman, apalagi untuk sperma. Pasalnya, pada beberapa penelitian, salah satunya yang dilaporkan dalam American Society for Reproductive Medicine, ada jenis pelumas yang berbahaya bagi sperma.

Pelumas tersebut dapat menurunkan kemampuan gerak bahkan membunuh sperma. Hal ini tentu saja dapat menurunkan peluang kehamilan karena sperma yang bisa mencapai bagian rahim akan semakin sedikit.

Baca Juga: 3 Penyebab Utama Tidak Terjadinya Ovulasi

5. Jangan Terlalu Stres

Mengenal Sapioseksual, Ketertarikan Seks Terhadap Orang Cerdas

Salah satu kunci cepat hamil adalah rileks dan jangan terlalu stres. Moms dan Dads mungkin memang sangat ingin mendapatkan keturunan, tapi ingat juga bahwa stres bisa menurunkan peluang kehamilan, lho.

Usahakan untuk menikmati setiap waktu bercinta Moms dan Dads, dengan begitu, penetrasi akan mudah dilakukan.

Berdasarkan informasi dari Verywell Family, stres dapat memengaruhi hormon Moms dan Dads, sehingga bisa mengacaukan produksi sperma serta sel telur.

(IA)

Artikel Terkait